Bisnis Afiliasi

Bagaimana Cara Memilih Program Afiliasi untuk Blog Kamu?

Program afiliasi adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang online melalui blog Kamu.

Jika Kamu belum memahami benar tentang program afiliasi, bisa Kamu temukan jawabannya pada Panduan Bisnis Pemasaran Afiliasi.

Masalah utama yang rata-rata dihadapi saat berniat menjalankan bisnis afiliasi ini adalah mereka tidak tahu bagaimana cara memilih program afiliasi yang baik bagi mereka, serta harus memilih yang mana dari sekian banyak program afiliasi yang tersedia online.

Program afiliasi apa yang paling cocok untuk blog saya?

Tidak ada aturan baku dan pasti dalam memilih program afiliasi apa yang paling sesuai bagi suatu blog. Karena bisa jadi apa yang baik buat saya, belum tentu juga bekerja baik bagi Kamu.Namun demikian, ada beberapa parameter yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah hal-hal yang dapat membantu Kamu menentukan produk afiliasi paling sesuai yang akan Kamu promosikan di blog Kamu.

1. Relevan dengan topik blog

Inilah hal terpenting, bahwa Kamu harus memilih produk afiliasi yang relevan dengan topik blog Kamu sendiri. Mempromosikan produk yang sama tidak berkaitan dengan topik blog, tidak akan memberi hasil apapun, paling tidak itu berdasarkan pengalaman mereka yang telah berhasil menjalankan model bisnis ini.

Seperti misalnya, jika blog Kamu mengangkat topik tentang kesehatan anak dan bayi, Kamu bisa memilih produk-produk yang berkaitan dengan pengasuhan anak dan bayi.

Selain itu, Kamu juga perlu menganalisa data trafik yang Kamu miliki, lalu memilih produk afiliasi yang sesuai dengan pengunjung Kamu, sehingga mereka akan tertarik membeli produk tersebut melalui rekomendasi Kamu.

2. Menawarkan produk baru

Mengapa orang akan membeli produk melalui afiliasi Kamu, jika mereka juga bisa mendapatkan produk yang sama di blog lain? Maka dari itu, saat  memilih produk, pastikan Kamu menawarkan produk baru kepada pengunjung, sehingga mereka tertarik untuk membeli sebuah produk unik dan baru dari blog Kamu.

Jika program afiliasi mengijinkan Kamu mengganti produk, maka sebaiknya Kamu mengganti produk yang ditawarkan secara berkala sehingga pengunjung Kamu senantiasa menemukan sesuatu yang baru untuk mereka beli.

Satu kesalahan paling umum dilakukan oleh pemasar afiliasi adalah, mereka meniru produk yang sudah banyak ditawarkan oleh pihak lain. Ini adalah ide yang tidak begitu baik, karena membuat blog Kamu menjadi tidak unik dan tidak ‘segar’.

Cobalah untuk selalu berusaha memilih produk afiliasi yang relevan, sesuai dengan topik Kamu, berkualitas dan hanya sedikit yang telah menawarkannya.

3. Pembayaran

Ada satu pandangan umum yang menyatakan bahwa dengan rate bayaran yang tinggi Kamu akan memperoleh hasil lebih besar dengan penjualan yang lebih sedikit.

Karena itu, periksa berbagai hal tentang pembayaran sebelum memilih sebuah program afiliasi. Perhatikan berapa minimum payout-nya, persentase yang diberikan, komisi referal (jika ada), syarat dan kondisi, dan sebagainya.

Cari tahu juga bagaimana Kamu akan dibayar. Melalui Paypal, transfer ke rekening bank, atau lainnya. Pilih cara yang nyaman buat Kamu.

4. Riset

Sangat penting untuk melakukan riset kecil-kecilan sebelum memilih sebuah program afiliasi. Kamu tidak seharusnya mendaftarkan diri ke program afiliasi tertentu hanya karena teman Kamu menyarankannya.

Cari tahu melalui forum-forum, bagaimana reaksi dari mereka yang telah mengikuti program tersebut, terlebih lagi tentang apa tanggapan dari mereka yang pernah membeli atau memakai produk atau layanan yang ditawarkan. Cari tahu juga tentang bagaimana layanan dukungan mereka, serta berbagai hal lainnya terkait program afiliasi tersebut.

Hal ini seringkali dilewatkan saat memilih program afiliasi, padahal ini sangat penting, agar Kamu benar-benar tidak salah dalam memilih. Kamu tentunya tidak mau bukan, produk yang rekomendasikan ternyata ‘dicela’ banyak orang?

5. Kepercayaan

Melakukan cara-cara yang tidak etis untuk menghasilkan uang adalah sebuah kesalahan besar dalam blogging. Jangan pernah berpikir untuk menjual sesuatu hanya karena Kamu bisa mendapatkan uang, meski Kamu tahu bahwa produk yang tawarkan berkualitas rendah, yang Kamu sendiri tidak mau memakainya.

Jika Kamu tidak mempercayai suatu produk, jangan pernah berusaha menjualnya kepada pembaca Kamu!

Memilih program dan produk afiliasi merupakan langkah penting, karenanya Kamu mesti bisa memilihnya dengan bijak. Jika tidak, bukan hanya Kamu tidak akan sukses meraih hasil, namun Kamu telah mempertaruhkan reputasi Kamu sebagai blogger.

Nah, bagaimana pendapat Kamu? Faktor apa saja yang membuat Kamu memutuskan memilih sebuah produk atau program afiliasi? Bagikan melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

17 Komentar