Saya Belum Menerima Pin Adsense. Apa yang Harus Saya Lakukan?

Apakah Anda masih menunggu PIN verifikasi Google Adsense yang Anda perkirakan semestinya sudah nyampe, tapi belum juga Anda menerimanya?

Pada artikel ini bisa mempelajari opsi-opsi apa yang dapat Anda lakukan jika PIN tidak juga diterima setelah beberapa kali permintaan.

Masalah PIN Adsense, adalah salah satu topik yang banyak ditanyakan kepada saya:

“Saya belum juga menerima PIN Adsense. Saya telah meminta beberapa kali dan Google menyatakan bahwa telah mengirimnya. Tapi saya sampai sekarang belum juga menerimanya, padahal sudah saya cek detil alamat sudah ditulis dengan benar di akun Adsense saya.”

Google mewajibkan proses verifikasi PIN untuk setiap publisher-nya, yang bertujuan memastikan pemilik akun Adsense memberikan alamat riil dan bukan akun anonim. Namun demikian, dalam beberapa tahun ini, saya melihat banyak komplain dari penayang Adsense yang tidak juga menerima PIN, sementara Google menyatakan telah mengirimkannya.

Bahkan jika Anda menengok ke forum-forum Adsense, Anda temukan banyak sekali mengutarakan permasalahan ini. Sayangnya, tidak ada alasan jelas dan pasti, mengapa banyak pengguna Adsense tidak menerima PIN mereka.

Pada artikel: Tentang PIN Adsense yang Perlu Diketahui, saya telah menyampaikan beberapa hal penting mengenai PIN Adsense ini. Nah, kali ini saya menambahkan sekaligus menegaskan beberapa poin penting tentang PIN Adsense.

Kapan Google mengirimkan PIN untuk memverifikasi alamat Anda?

Google akan mengirimkan PIN verifikasi ke alamat Anda, jika saldo Adsense Anda mencapai $10. Jadi, jika akun Anda belum mencapai angka tersebut, maka tidak ada yang perlu dirisaukan tentang PIN ini.

Segera setelah saldo Anda mencapai $10, Google akan mencetak surat pos berisi PIN paling lambat satu minggu setelahnya. Dan menurut keterangan resmi Google, PIN baru akan sampai 4 – 5 minggu setelahnya. Jadi, jika PIN baru saja dibuat untuk Anda, tidak perlu panik, butuh sekitar 1 bulan untuk sampai ke alamat Anda.

PIN tidak juga nyampe setelah 4 – 5 minggu

Oke, jika Anda belum menerima PIN setelah menunggu 4 – 5 minggu, berarti ada sesuatu yang salah. Pertama sekali yang dapat Anda lakukan adalah memastikan alamat yang Anda berikan sudah benar-benar lengkap. Jika perlu, tambahkan keterangan lainnya, guna memastikan petugas pos / kurir bisa menemukan alamat Anda dengan mudah. Pastikan juga untuk memberikan nomor telepon serta kode pos alamat Anda.

Jika memang perlu, Anda pun bisa merubah alamat pembayaran Adsense.

Setelah itu, ajukan permintaan untuk pengiriman PIN ulang, yang bisa dilakukan melalui “Setelan akun” di akun Adsense Anda. Google mengijinkan Anda mengajukan permintaan ulang PIN paling cepat 4 minggu setelah tanggal penerbitan sebelumnya.

Anda dapat mengajukan permintaan PIN lagi, maksimal 2 kali setelah pengiriman otomatis pertama.

Nah, karena setiap permintaan ulang hanya dapat dilakukan dengan jeda minimal 4 minggu, maka bisa memakan waktu hingga 3 bulan sebelum Anda kehilangan opsi meminta ulang PIN Anda.

Tapi jangan khawatir, Anda memiliki waktu 6 bulan untuk memverifikasi alamat Anda sejak tanggal penerbitan PIN yang pertama. Jika dalam waktu 6 bulan tersebut Anda belum juga berhasil memverifikasi alamat Anda, maka Adsense menghentikan penayangan iklan pada akun Anda.

Verifikasi alamat menggunakan kartu ID dan ID pengenal lainnya

Google lebih menyukai untuk memverifikasi alamat Anda dengan PIN yang dikirim melalui pos, yang mereka anggap cara ini lebih dapat dipercaya. Jika petugas pos dapat mencapai alamat yang Anda gunakan di akun Adsense Anda, maka itu telah mengonfirmasi bahwa memberikan alamat sebenarnya.

Namun demikian, skenario terburuk dimana Anda tidak juga menerima PIN yang dikirimkan Google, ada beberapa opsi untuk menyelesaikannya.

Jika Anda telah meminta PIN sebanyak 3 kali tapi belum juga menerimanya, masuklah ke akun Adsense, dan lihat pada bagian “Setelan akun”. Anda akan temukan instruksi tambahan dari Google yang meminta Anda untuk memverifikasi akun dengan cara lainnya. Termasuk di dalamnya dengan mengirimkan salinan kartu identitas ke pihak Google.

Inilah halaman pemecahan masalah PIN Adsense, yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan kartu identitas, seperti KTP, SIM, Passport dan lainnya sebagai verifikasi alamat Anda tanpa menggunakan PIN.

Meski begitu, jika Anda mengirimkan dokumen-dokumen tersebut sebelum 3 kali permintaan pin, bisa jadi proses ini tidak diterima oleh Google.

Catatan:
Dokumen yang Anda kirimkan untuk verifikasi alamat, harus tercantum nama dan alamat, persis sesuai dengan informasi yang Anda berikan di akun Adsense Anda. Selain itu, sebaiknya Anda mengirimkan lebih dari satu dokumen untuk lebih memudahkan tim Adsense melakukan verifikasi, seperti misalnya SIM dan KTP bisa Anda kirimkan sekaligus dua-duanya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda lakukan berkenaan dengan PIN verfikasi Adsense. Sebenarnya ada satu lagi proses verifikasi alamat, yaitu melalui sambungan telefon, tapi sayangnya belum berlaku untuk Indonesia.

Bagi Anda yang masih belum tahu harus mulai dari mana mengoptimalkan Adsense, dapat Anda baca pada:

Panduan Lengkap Sukses Menjalankan Google Adsense

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

87 Komentar

  • mas,, saya mendapat notifikasi seperti ini “Waktu Anda kurang dari satu bulan untuk memverifikasi PIN, jika tidak, unit iklan Anda akan berhenti menampilkan iklan.” saya telat untuk meminta pin kedua,, apa yang harus saya lakukan,, mohon bantuan nya,,,

  • Mas, pendapatan saya sudah melebihi ambang verifikasi yaitu $10, tapi sudah seminggu ini tidak ada notifikasi untuk verfikasi alamat menggunakan pin di akun adsense saya, itu kira2 kenapa?

  • Gan kalo boleh tau, notifikasi tanda merah yang ada dibagian atas setelah mencapai $10 itu berapa lama ya munculnya? atau kalo earning sudah $10 lebih langsung muncul atau beberapa hari kemudian baru muncul? Soalnya earning saya sudah $11 tapi masih belum ada tanda merah yang ada diatas.

  • malam mas, mau tanya… saat veriifikasi pin adsense yang pertama alamatnya salah,
    dan 2 minggu yang lalu sudah saya ganti dengan alamat yang benar,
    sekarang sudah ada tautan meminta pin baru,
    masalahnya pas diklik minta pin baru kog alamatnya masih belum berubah ya? masih alamat yang salah terus, padahal sudah diganti..
    mohon pencerahannya…

  • Mas mau tanya,,kemarin akun YouTube saya di tangguhkan di email utama tapi adsense nya masih aktif…lalu saya pindahkan administrator adsense nya ke email lain.saat saya buat CHANNEL baru kenapa langsung di blokir ??

      • Yang di blokir akun utama beserta CHANNEL YOUTUBE nya …
        Lalu sudah saya pindahkan administrator adsense ke email lain. Tapi saat saya buat CHANNEL selalu di SUSPEND … Adsense nya masih aktif

      • ya klo memang sudah di suspend seperti itu tidak bisa, jika merasa melanggar tunggu 6 bulan jika youtubuenya masih di suspend juga sudah tidak bisa diselamatkan. begitupun dengan akun adsensenya jika sudah banned juga tidak bisa diselamatkan

  • Mas mau tanya,,
    Untuk memulihkan channel YouTube yang di tangguhkan karena melanggar kebijakan layanan bagaimana ??
    Sedangkan saya sudah isi formulir pengajuan banding tetapi tidak di balas oleh pihak YouTube …
    Mohon bantuannya mas …

  • lebih baik dipakai buat menambah tulisan atau optimasi / mempercantik blog ya suhu, sambil menunggu PIN yang terhormat, saya alami ini sekarang sedang nunggu PIN juga.

  • Mas….. Cara ubah nama & alamat ketika request pin yg ke 2 gmn ya…. kok sy msh pke nama alamat yg lama ya… wktu mau merubah ny…. tolong mas solusi nya…

  • Mas saya mau tanya,misal kita upload video tapi video nya di cekal di seluruh dunia lalu kita hapus video tersebut apakah akan berdampak pada channel kita ?? Lalu hukuman apa yg di berikan pihak youtube atas video yg seperti itu ??

    • kalau sudah dihapus dampaknya tidak dapat uang dari video tersebut mbak. kalau video terus dibiarkan kemungkinan lama kelamaan akan dapat peringatan dari adsense.

      • Jika video yg di cekal di seluruh dunia telah di hapus,apakah reputasi akun menjadi buruk dan fitur youtube sebagian bisa dinonaktifkan atau channel kita akan tetap baik2 saja ??

  • Siang bos.
    ni gue mau nanya..
    Guekan udh lupa ni ceritanya ttg dh brp kali sya ganti alamat . Ttpi knp di adsense -setelah – dan di sna tidak ada verifikasi yg itu pinnya.
    Kn dolar saya dh di atasnya $10 lebih.
    Dan cara minta pin itu gimana bos ?
    Tolong jawab ya bos. Perlu skli..
    #bisa inbox boz di [email protected] biar lebih enak.
    Soalnya saya sdg tidak memakai akun google jdi sya tidk tau blasan bos.ya bos tolong.. mkaih sebelumnya bos. Makasih sbelumnya bos.

  • setelah selesai mesaukkan scrip popads selanjutnya gimana, saat dibuka blog yang keluar popads Default Advertisement terus menerus

  • mas kalau verifikasi PIN untuk akun IDR harus request manual apa secara otomatis pin dikirim kalau saldo sudah nyampe batas minimal ?? punya saya kok gak ada tombol buat request pin padahal saldo udah lebih dari batas

    terimakasih

  • Mas saya punya akun host adsense youtube yang ingin di upgrade menjadi akun adsense non host. Untuk meng upgrade saya harus punya url domain untuk di otorisasi. Apakah untuk otorisasi harus py PIN? sy takut otorisasi saya tdk dikabulkan untuk upgrade menjadi adsense non host

  • mas, kalau misalkan pin nya tidak datang, terus kita pengen merubah nama penerimanya, apakah bisa. soalnya akunnya bukan punya saya.

  • Pakde Gee Jhon.

    Mau nanya nih. Saya coba verifikasi pin google adsense dengan KTP tapi kok belum ada balesan dari google adsensenya ya.

    Berapa lama saya harus menunggu 🙁
    Mohon solusinya mas..

  • Sya ingin btyanya,
    Apakah ada kmungkinan verifikasi PIN lewat scan KTP tidak diterima atau ditolak ??
    Jika iya, apa pnyebabnya dan bgaimna solusinya ?

    • tentu saja ada kemungkinan ditolak bos, alasannya bisa macam2. seperti:
      – foto blur, tidak jelas, sehingga tulisan sulit dibaca
      – nama / alamat tidak sesuai dengan akun
      – dll

      intinya proses verifikasi itu bertujuan untuk verifikasi alamat, makanya pin dikirim melalui pos. jadi selama kita bisa membuktikan bahwa alamat yg kita berikan adalah benar, dan benar-benar ada.

  • Saya juga belum dapat PIN dr Google..padahal saya tinggal di Tangerang. Alamat sudah benar dan lengk
    p, tapi knapa ya kok belum sampai juga?
    Bang Jhon…mau nanya nich, saya sudah 2 bulan belum menerima PIN dari Google dan hari ini saya kirim permintaan PIN yg ketiga kalinya.

    Jika sudah sebulan dr tgl ini saya harus kirim ID google ads dan identitas saya..pertanyaan. cukup KTP atauapalagi dasyarat lainnya.?

    Mohon pencerahannya Bang…!!

  • gan, mohon sarannya ??
    kmaren pas masukin alamat di adsense, kurang rt/rw nya, dan sekarang sedang proses pengiriman pin.
    kalau seandainya tidak sampai di tujuan, apa ntar saya bisa req lagi dengan alamat yg ada rt/rw nya ??

  • trims informasinya gan. Saya baru mau belajar adsense. Kalau alamat KTP dan domisili berbeda lebih baik pakai yang mana yah? alamat KTP masih numpang orang tua

  • cukup melegakan juga bisa verif akun dengan scan kartu identitas, selama ini ane takut kalau sampai pin gak sampe rumah akun bisa di banned.

  • Mas apakah pin 1, 2 dan 3 itu beda atau sama saja isinya?
    Misalnya sudah 2 bulan pin tidak datang, akhirnya saya request pin lagi. Eh besoknya pin pertama tadi akhirnya datang, padahal kan kita sudah request pin kedua. Apakah pin yang pertama itu bisa juga digunakan untuk verifikasi? mohon replynya.

  • Mas, akun adsense saya kemarin udah mencapai $10. Tapi kok sampai sekarang belum ada pemberitahuan untuk mengirim pin adsense nya? Yg notif merah itu. Mohon penjelasannya. Terimakasih

  • iklan sudah tidak muncul gimana nieh…. :'(
    sudah lebih 7 minggu belum ada surat dari Google juga, kirim ulang alamat sudah tak lakukan, alamat sudah lengkap tidak kurang sedikit pun… kenapa iklannya sudah tidak muncul ya gan, padahal kan masih punya 1x kesempatan lagi untuk kirim ulangnya. 🙁

  • terimakasih min, saya baru daftar adsense , setelah 1 jam sudah ada balasan dari google billing, saya heran, google php sama saya apa ndak ya mas?

      • Harap tinjau detail kontak Anda.

        Salam dari Google,

        Pada tanggal 2015 Sep 18, informasi kontak pembayaran yang terkait dengan akun Google AdSense Anda telah diubah.

        Jika Anda ingin meninjau alamat pembayaran, ikuti langkah-langkah berikut:

        Masuk ke akun AdSense.
        Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas tab mana pun, lalu, dari daftar tarik-turun, pilih “Pembayaran”.
        Pada bilah sisi, klik Profil penerima pembayaran. Profil penerima pembayaran berisi alamat pembayaran Anda.
        Sampai jumpa di internet,
        Tim Penagihan Google

        mungkin sama seperti mas danu aji,saya juga baru dafar google adsense terus dapat email dari google billing seperti diatas.
        setelah itu saya pasang kode iklan konten.
        lalu saya check ke situs saya dan iklan ternyata bisa muncul.
        tetapi setelah beberapa jam kemudian kok iklannya kagak muncul lagi gmana mas gee jhon?mohon bantuannya

  • iklan adsense sudah tidak tampil, mungkinkah ini karena PIN belum nyape. Padahal udah 2 kali minta.Gimana yah?

    • jika selama 6 bulan, dan saldo telah mencapai $10, tidak jg verifikasi PIN, maka betul iklan akan dinonaktifkan sementara, sampai verifikasi. Tunggu 1 kesempatan lagi mas, krn maksimal permintaan pin sebanyak 3x.

  • Iya mas pin saya tak kunjung datang nih sudah lebih dari 3 bulan? Padahal alamat jelas. Harus bagaimana saya mas?

  • terimakasih aats informasi. Sukses selalu ya tuk para teman2 blogger. Penjelasannya bagus baget..

  • @dea.
    ya betul Mba Dea, memang itu cara lain untuk verifikasi, setelah tidak juga menerima kiriman pin. sukses selalu.. !

    @denny.
    hehe.. sabar menunggu mas Denny, semoga tidak lama lagi tembus melebihi $10.

  • Saya tidak menerima "surat cinta" google ini mas Gee Jhon. Setelah menunggu hampir 4 bulan akhirnya saya kirim scan KTP by email. Prosesnya cuma 5 menit PIN langsung terverifikasi

  • @afrid.
    ya saya pun dulu tidak ada masalah, tapi memang banyak teman2 yg lain, yg bermasalah dg masalah PIN ini. Penyebabnya, entahlah… tapi kebanyakan krn alamat sulit dijangkau, terutama di daerah2 pelosok.