Pernahkah Kamu merasa ‘lelah’ dalam blogging?

Untuk menulis sebuah posting baru, rasanya beraaaaaatttt… sekali?!Atau Kamu merasa begitu menikmati asyiknya menulis, namun posting Kamu tidak banyak mendapat ‘sambutan’ dari pembaca?

Memang mudah dihinggapi rasa galau dalam menjalani blogging. Menulis jenis posting sama dari hari ke hari, sungguh satu hal yang amat membosankan.

Nah, jika Kamu merasakan hal seperti itu, cobalah beberapa ide segar untuk menulis posting Kamu berikutnya. Saya harap itu bisa mengembalikan kegairahan Kamu dalam blogging, paling tidak sebagai pengisi waktu saat Kamu sedikit mengalami frustasi.

ide baru untuk konten blog

1. Tulislah posting yang jauh lebih pendek dari biasanya

Jika selama ini Kamu menulis artikel-artikel ‘berat’, cobalah untuk melakukan sesuatu yang ringan saja. Kamu mungkin bisa menyampaikan suatu topik baru kepada pembaca, atau Kamu bisa mencoba sesuatu yang sama sekali baru dan berbeda dari biasanya: puisi mungkin?

Jika Kamu kesulitan menemukan waktu untuk ngeblog, atau merasa mentok, posting ringan nan pendek adalah salah satu cara mengembalikan lagi semangat blogging Kamu tanpa harus terlalu memaksakan diri. Bahkan saya pernah sekali menulis artikel pendek, sangat pendek bahkan, yang hanya terdiri dari 3 kata!

So…. cobalah!

2. Mengundang penulis tamu

Perspektif segar dan suara baru, amat bagus untuk blog Kamu. Jadi, kenapa tidak mengundang seseorang yang Kamu kenal untuk berkontribusi artikel tamu?

Jika ada seseorang yang rutin berkomentar di blog Kamu, sering berdiskusi di berbagai kesempatan (dan memiliki sesuatu yang menarik untuk disampaikan), maka mereka adalah orang yang tepat untuk dimintai kontribusinya.

3. Hentikan dulu menulis artikel list-to-do

Tulisan berupa daftar hal-hal yang perlu dilakukan sangat populer di kalangan blogger. Kenapa? Karena memang ia bekerja dengan baik, dan sangat disukai pembaca. Tapi, Kamu sudah sangat sering menulis: “10 tips untuk….”, “12 cara terbaik….”, “25 Rahasia dalam….”, dan Kamu merasa jenuh, saatnya Kamu mencoba sesuatu yang baru.

Tulislah posting jenis lain, yang ringan, simpel, tidak bertele-tele, cukup singkat: lihatlah bagaimana reaksi pembaca!

4. Buat wawancara dengan sang ahli

Adakah seseorang di niche Kamu, yang pemikiran dan karyanya Kamu sukai, atau seseorang yang menginspirasi Kamu? Cara terbaik memperoleh ‘pemikiran terbaiknya’ adalah dengan cara mewawancarainya.

Banyak blogger, bahkan yang super sibuk sekalipun, akan dengan senang hati menjawab beberapa pertanyaan dari Kamu melalui email.

Namun, untuk melakukannya dengan baik, bacalah halaman ‘about’ di blog mereka, cari tahu lebih banyak tentangnya. Kamu juga perlu sedikit melakukan riset, adakah orang lain yang mewawancarinya terlebih dahulu. Lihat apa saja pertanyaan yang telah dijawab. Setelah itu, Kamu bisa membuat daftar pertanyaan baru, alih-alih pertanyaan yang mungkin sudah pernah ia jawab puluhan kali sebelumnya.

5. Cobalah konten gambar

Jika Kamu lihat, saya mungkin termasuk orang yang cenderung lebih menyukai kata-kata untuk mengekspresikan pemikiran. Namun, sesekali saya coba juga membuat gambar, ilustrasi, infografis saat merasa bosan menyusun kalimat.

Cobalah! Kamu bisa membuat posting yang berisi satu gambar dengan penjelasan pendek beberapa kalimat, atau pun merangkai beberapa gambar untuk menyampaikan sesuatu. Atau, jika Kamu mau membuat video, itu akan lebih baik lagi. Selain membuat penyegaran, juga merupakan cara hebat untuk memikat pengunjung blog Kamu.

Dalam hal ini, yang terbaik adalah membuat foto atau membuat gambar sendiri, alih-alih mengambil gambar dari tempat lain.

6. Menulis pengalaman baru

Hampir setiap topik apapun, Kamu dapat mengeksplorasi pengalaman-pengalaman baru. Mungkin kunjungan ke tempat baru (blog travelling), atau mencoba gadget terbaru (blog teknologi), atau apapun itu.

Ambillah sesuatu yang baru untuk dicoba minggu ini. Buat catatan selama melakukannya, agar Kamu bisa lebih mudah menyampaikannya nanti.

7. Membuat link ke posting lain

Konten berupa rangkuman link ke posting yang saling berkaitan, kurang begitu populer saat ini, karena saat ini banyak blogger lebih memilih membagikan link-nya ke media sosial dibandingkan di blognya sendiri. Menurut saya, justru ini suatu keuntungan tersendiri, karena bisa membuat Kamu berbeda.

Kamu bisa saja merangkum link ke posting Kamu berdasarkan kategori atau rentang waktu penerbitan, misalnya 1 minggu atau 1 bulan terakhir.

Cara lainnya, Kamu dapat menentukan suatu topik tertentu, lalu temukan sumber-sumber bagus untuk topik tersebut, sampaikan di posting kumpulan Kamu.

8. Penyegaran posting lama

Jika Kamu sudah ngeblog selama 6 bulan atau lebih, mungkin Kamu memiliki beberap konten hebat yang terkubur dalam tumpukan arsip dan jarang sekali ditemukan pembaca.

Ambilah, perbarui artikel tersebut, rubah hal-hal yang out-of-date, tambahkan informasi-informasi baru, perbaiki link-link yang rusak (jika ada), dan lakukan editing jika diperlukan.

Lalu, Kamu dapat menerbitkannya sebagai posting baru, yang diharap bisa memperoleh perhatian lebih besar dari sebelumnya, karena mungkin audiens Kamu telah jauh berkembang saat ini dibanding saat dulu artikel tersebut pertama kali ditulis.

9. Sampaikan opini

Jika konten Kamu kebanyakan berupa informasi, berita dan fakta, cobalah sesuatu yang baru dengan menyajikan opini pribadi, atau bahkan mungkin sebuah kontroversi. Pilih sesuatu yang berkaitan dengan topik Kamu.

Apa yang membuat Kamu marah? Apa yang Kamu tidak setuju dengan pendapat blogger lain? Sampaikan itu. Tentu saja, Kamu tidak perlu menjadi ‘kasar dan menyerang’, tapi sampaikan pendapatan dan pemikiran Kamu. Tonjolkan ide Kamu dan dukung ia dengan sederet bukti yang kuat.

Nah, manakah dari 9 ide di atas yang akan Kamu gunakan minggu ini? Atau Kamu punya sesuatu yang lain? Sampaikan melalui komentar.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

16 Komentar

  • oh seperti itu ya ternyata banyak cara ide menulis, kalau saya biasanya libur dulu, habis libur ide muncul

  • Memang ide agan sangat bagus, untuk para bloger yang baru, dan akan sangat bermanfaat bagi mereka dan bagi saya juga thanks idenya mas brow

  • bener tuh pada saat kita lagi mentok dengan ide menulis kadang kita lost untuk sehari dalam menulis konten blog, padahal itu sesuatu yang penting, menulis sedikit konten yang penting dalam satu hari kita menulis konten, bener tuh kang…. makasih atas infonya….

  • @mas.
    hmm.. mentok, tdk tau lagi menulis apa, dialami banyak blogger. biasanya penyebabnya adalah krn:
    – kurang gairah di topik tersebut
    – kurang pengetahuan di topik tersebut
    – kurang menggali informasi baru (belajar terus) di topik tersebut

    saran saya, gali terus seluruh topik tersebut, sy yakin banyak sekali tema yg bisa diangkat. Topik elektroni itu sangat luas menurut saya, dan sy tidak yakin dg 2000 artikel sekalipun topik tersebut sudah habis diulas. 🙂

  • ini kadang membuat saya pusing mas, apalah yang ingin ditulis… sementara tema blog saya mengenai elektronik, agak sulit rasanya… kasi saran donk mas?

  • @nella.
    sip… silakan dicoba, posting jenis itu juga banyak memberi manfaat kok tuk pembaca…

    @yudi.
    klik tombol "Link" lalu masukkan URL halaman yg mau dilink….

  • mas Gee, cara membat link yang menuju ke artikel lain itu bagaimana ya, seperti di atas yang no 2 yang dengan garis biru itu, Menulis Untuk PortalUang, Berbagi Penghasilan Adsense., nah kalo di klik kan terbuka ke halaman baru, nah buatnya itu bagaimana ya , terimakasih

  • Wah bener bgt mas, saya juga lagi jenuh bikin artikel list to-do, mungkin saran mas buat bikin artikel pndek bisa sangat membantu…
    Terima kasih mas