Letakkan Batu Besarnya Lebih Dulu: Strategi Terbaik Sukses Ngeblog

Saya pernah membaca satu cerita, kalau tidak salah tulisan dari Stephen Covey di bukunya yang berjudul “First Thing First”. (saya sudah cari-cari lagi bukunya, tapi belum ketemu)

Di situ ia ceritakan pengalaman di salah satu seminar yang ia adakan.

Kurang lebih begini kisahnya:

Di tengah-tengah pemaparan materi seminar, Steven Covey mengeluarkan sebuah gelas kaca cukup besar, lalu meletakkannya di atas meja, di sampingnya ada beberapa buah batu seukuran kepalan tangan orang dewasa.

Kemudian ia memasukkan batu besar tersebut ke dalam gelas, dan bertanya kepada hadirin, “Apakah gelas ini telah penuh?”

Karena melihat bahwa gelas itu sudah tidak bisa menampung batu lainnya, maka hadirin menjawab, “Ya, gelas itu penuh.”pondasi utama blog

“Tidak secepat itu”, jawab Stephen Covey. Lalu ia mengambil segenggam kerikil kecil dari bawah meja, dan memasukkannya ke dalam gelas. Kerikil kecil, mengisi ruang kosong antara gelas dan batu besar tadi. Lalu kembali bertanya, “Apakah gelas ini penuh?”
Kali ini hadirin menjawab, “Sepertinya tidak.”

Lalu sang pembicara, mengambil sekantong kecil berisi pasir dari bawah meja, dan memasukkannya ke dalam gelas. Pasir mengisi celah antara batu besar dan kerikil kecil, dan ia kembali bertanya, “Apakah gelas ini penuh?”Β 

Serentak, hadirin menjawab, “Tidak!”

Mengakhiri aksinya, kemudian ia mengambil segelas air dan menuangkannya ke dalam gelas yang telah berisi batu besar, kerikil dan pasir tadi. Lalu menghadap ke hadirin dan menanyakan apa yang bisa diambil dari ilustrasi yang barusan diperagakan.

Salah seorang hadirin menjawab, “Jika Anda sungguh-sungguh melakukannya, maka akan selalu ada ruang lebih dalam hidup Anda.”

“Itu gambaran yang cukup bagus”, jawab Stephen Covey, “Tapi kurang tepat, poin terpentingnya adalah bahwa: jika Anda tidak menaruh batu besar pertama kali, maka Anda bahkan tidak akan bisa menaruh satu pun dari selainnya.”

Cerita singkat ini, bisa diterapkan hampir dalam hal apapun dalam kehidupan, termasuk dalam hal blogging. Ngeblog, terdiri dari banyak aktivitas, seperti mempromosikan blog, berpartisipasi di forum-forum, membangun hubungan baik dengan blogger lain, membalas komentar, berkomentar di blog lain, membaca RSS Feed, menulis artikel berkualitas, dan banyak lagi lainnya.

Pertanyaan selanjutnya adalah: dari semua aktivitas itu, manakah yang merupakan ‘batu besarnya’?Β (Anda bisa menjawab pertanyaan ini melalui komentar).

Tapi, pertanyaan yang lebih pentingnya lagi adalah: Yakinkah Anda telah menaruh ‘batu besar’ tersebut lebih dulu dari yang lainnya?

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

23 Komentar

  • batu/pondasi saya fokus, selama perjalana nge blog buanyak banget godaan, dari maen afiliasi/ppd/cpm/cpa/bisnis reseller/dropshiper

  • Benar banget mas gee. Sebuah blog jika ingin sukses, harus benar2 pondasi kuatnya dulu (contoh blog portal uang ini mas).

  • Setuju mas. Buat konten berkualitas. Kalau bisa konten yang sifatnya abadi. Namun original dan solutif. Baru setelahnya, semua akan mengalir dengan sendirinya. Hehe

  • Ya.. benar, sebuah website yang berkualitas dinilai dari isi konten yang dimiliki, setelah kontent terisi barulah menanam backlink dan aktif di forum, terimakasih atas pencerahannya, boleh saya share artikel ini mas?

  • @rudhy.
    sip…. hehe… emang dlm hal apapun, seyogyanya kita harus meletakkan batu besarnya dulu, krn klo tidak pasti akan runtuh… πŸ™‚

  • Sangat inspirasional, cerita ini juga pernah saya dapatkan di salah satu kegiatan pengembangan diri yang diadakan perusahaan.

  • Nanya mas gj. Kalo ngeblog haruskah di ketik full. Atau boleh di copi paste dari artiker kita. Mohon pencerahannya.

  • para blogger punya falsafah, konten adalah raja…kalo saya ngga lebih dari itu.. konten adalah raja..pembaca adalah ratunya, jadi dua-duanya sama sama di butuhkan..terima kasih mas gee

  • @ponsel.
    hehe… betul, selalu ada waktu juga tuk ngopi sambil ngeblog.

    @denny.
    haha. bs aja.

    @irvanyale.
    betul.. sekali, itulah dasar kuat bagi setiap blog. Sukses sellau buat semuanya.

  • Hmm nice, singkat padat, tpi sangat mengena, jdi konten berkualitas adl batu besarnya, yg mnjadi dasar blogging

  • Terakhir masukkan air kopi ke gelas, baru penuh. Maknanya selalu ada waktu buat ngopi sambil ngeblog πŸ˜€

  • @denny.
    @daniel.
    jawabannya mirip2, hampir sama.. tapi sayangnya masih salah… hehe…. ayo tebak lagi, yang bener dpat hadiah. πŸ™‚

    lihat clue-nya: "dari semua aktivitas itu, manakah yang merupakan 'batu besarnya'?" dan aktivitas blogging yg sy maksud telah saya tuliskan di paragraf sebelumnya.

    tapi betul, kemauan, niat yg besar, juga adalah modal penting untuk membangun blog sukses. sayangnya dalam hal ini, bukan 'batu besarnya' πŸ™‚