Berapa Jumlah Artikel Minimum yang Dibutuhkan untuk Mendaftar Adsense?

Ini salah satu pertanyaan yang seringkali saya terima dari pembaca PortalUang.

Berapa banyak jumlah artikel untuk diterima sebagai publisher Adsense? Saya coba menjawabnya pada artikel kali ini.

Anda telah membuat blog baru dan mulai meraih trafik. Ya, itu sesuatu yang bagus, tapi kapan saat yang tepat untuk mendaftar ke Adsense dan disetujui? Berapa banyak artikel sebagai syarat mendaftar Adsense? Apakah 10 artikel sudah cukup? Atau, 50?

Anda tidak akan mendapatkan jawaban pasti apapun jika menengok halaman kebijakan Adsense. Dan saya hanya coba menjawabnya berdasarkan pengalaman, baik pengalaman saya sendiri maupun pengalaman dari rekan-rekan lainnya yang telah disetujui oleh Adsense.

Kembali ke pertanyaan:

Berapa jumlah artikel minimum agar disetujui Adsense?

Google tidak pernah menyebutkan di manapun tentang jumlah ย artikel minimum sebagai syarat mengajukan menjadi penayang bagi sebuah blog. Namun yang jelas, memiliki banyak artikel pun, tidak serta merta membuat blog Anda pastiย diterimaย oleh Adsense.

Saya telah banyak mendengar, blog dengan jumlah ratusan artikel ternyata ditolak berkali-kali oleh Adsense. Dan pada saat yang sama, blog baru dengan hanya 5 – 10ย posting ternyata dapat diterima sebagai publisher.

Jadi kesimpulannya, tidak aturan pasti berapa banyak artikel yang perlu Anda miliki sebagai syarat layak tidaknya blog Anda disetujui oleh Adsense.

Disetujui atau ditolak: HANYA bergantung pada seberapa mengesankan blog Anda di mata reviewer Google!

Saat Anda mengajukan blog ke Adsense, seorang peninjau akan melihat blog Anda. Jika ia berkesan dengan kualitas yang ia lihat, maka Anda akan diterima meski Anda hanya memiliki beberapa artikel saja.

Tim review Adsense, tidak akan membaca lebih dari beberapa artikel yang Anda miliki.

Untuk itu, Anda tidak perlu risau dengan berapa jumlah artikel sebelum mengajukan ke Adsense. Pastikan saja, blog Anda tidak berisi satu pun artikel berkualitas rendah saat diajukan ke Adsense.

Bahkan, di beberapa negara (termasuk Indonesia), Google menyarankan untuk menunggu 6 bulan sebelum diajukan ke Adsense.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

98 Komentar

  • memang mesti sabar dan terus belajar dalam menuliskan ide-ide kita dalam bentuk artikel. Niat awal untuk hobby saja biar tidak terlalu menggebu ke adsense, sehingga kita bisa enjoy dalam menulis artikel.

    • iya mas namun untuk sekarang untuk ngeblog jangan asal agar manfaatnya terasa kepada pengunjung dan mas juga
      harus merencanakan konten yg dibahas di dibuat sedetail mungkin apa yang diinginkan pengunjung ๐Ÿ™‚

  • Pengalaman pribadi, iseng2 coba saya daftar adsense, ngga sampe 24 jam di terima. blog saya cuma blog sederhana yang kontennya cuma sekedar buat catatan pribadi saja (earlykha.blogspot.com). postingannya pun saat sya daftarin adsense baru 4 postingan. Cuma blog saya itu iseng2 saya buat 3 tahunan yang lalu, iseng2 liat akunnya ternyata viewernya banyak, mungkin itu salah satunya yang bisa diterima adsense. Coba2 buat blog baru lagi dengan materi yang lain, saya masukin lagi ke adsense… ngga di terima2, keterangannya masih dipantau…hahahah.

  • Allhamdulilah dapet lagi ilmu tentang Adsense disini, makasih banyak gan artikelnya mudah-mudahan bermanfaat.

  • Mas, saya buat blog awal februari, tapi mulai aktif awal mei. Kapan saya harus daftar adsense awal agustus atau november

  • Hi mas gan.. Blog saya baru ( domainnya baru, hostingnya sudah lumayan lama ) dan sudah TLD, aritkelnya juga anti kopas alias ngetik sendiri dan juga jumlah wordnya diatas 300 kata dengan jumlah 8 postingan. Apakah itu sudah cukup untuk didaftarkan ke Adsense?

    umur blog sekitar 2 minggu..

    • Jangan mas, sebaiknya perbanyak dulu konten. Blog saya baru, sudah tld, konten baru 8 artikel, saat saya daftarkan ke adsense.. jawabannya di tolak. alasannya konten masih sedikit. Blog baru berumur 2 minggu.. lebih baik fokus saja menulis.. takut seperti saya, tapi jika ingin mencoba, tidak ada salahnya, kira aja beruntung…

    • Kalau pengalaman saya keterima bos, dicoba aja. Dan yang penting itu harus konsisten postingan min sehari 1 postingan

  • Malam Mas Gee, saya punya web sudah sudah pernah disetujui, trus ditolak, di setujui lagi, trus ditolak lagi… akhirnya pernah malah ga bisa masuk ke akun. Eh, alhamdulillah sekarang sudah bisa masuk lagi dan penghasilan akhir masih utuh angkanya… ga ilang, nah pertanyaan saya kira2 apa mungkin disetujui lagi untuk ke 3 kali ya mas Gee…? mohon pencerahannya. TQ

  • Hallo mas saya mau tanya…jika didalam postingan blog..terdapat banyak gambar apa bagus tidak ya untuk mendaftar kan blog ke adsense….sudi kiranya untuk memberi masukan dimana terdapat kekurang blog saya..thks mas..

    • semi wallpaper ya mas, bagus atau tidaknya tidak bisa tau mas karena adsense juga ada petunjuk “konten sebagian besar bukan gambar atau video” . tapi selama ini aman saja banyak yang seperti itu mas untuk adsense

  • sudah daftar 2 kali tapi ditolak terus, mesti kerja keras lagi agar dapat diterima adsense cemungut,,cemungut..
    sarkomet berkata “salam metal”

  • Wah terimakasih gan infonya sangat bermanfaat sekali , bisa tolong cek ke blog ane juga ga ? Hhehe kira2 apa aja nih yg kurang tampilan pc/desktop san udh cocok blm untuk mengajukan google adsense ๐Ÿ™‚

  • Mohon petunjuknya om, punya ane ditolak sekali sama google, apa konten ane kurang menarik atau gmn ya???
    Trafic blog pengaruh apa tidak???
    Tolong review blog ane om sebelum ane ajuin lg, sudah menarik apa belum, mohon bantuannya

  • bro, saya tidak tau kenapa ya google terus menolak permohonan adsense saya, artikel sudah lumayan banyak dan kebanyak juga original. dalam postingan ada video dan gambar, namun itu ada keterkaitannya dengan postingan. Dan juga video tersebut adalah original punya saya begitu juga gambarnya sebagian besar punya saya.

    penolakannya berbacam – macam pertama dapat pesan kontent tidak memadai, itu sebanyak 3 kali, dan kali ke empat katanya tidak sesuai dengan kebijakan google.

    tidak ngerti ane bos haha, bisa cek sekalian blog ane, apa ada yang kurang kah

  • Blog’qu baru seminggu Pak Bos Gee Jhon…heheh….Yang mau saya tanyakan ,Artikel Blog ‘qu kebanyakan hanya memuat inti-inti sari dari artikel itu sendiri Pak Bos..!!!!.Gimana ini apa kira-kira Pak De Adsense suka dengan Blog yang hanya memuat intinya saja (artikel tidak bertele-tele langsung memberikan jawaban kepada pembaca apa yang dia cari tanpa basa-basi)…Mohon pencerahanya Pak Bos Gee Jhon…Salam kenal

  • Nah, kalo ini saya sependapat..
    sepertinya lebih ke traffic ya bro?

    Permohonan adsense saya ditolak katanya tidak sesuai dengan kebijakan google..
    nasiib, nasib…
    memang sih blog baru 1 bulan, hehehe..
    tapi untuk kualitas, mungkin bisa bro cek sendiri dan kasik saran.. Hahahaha

      • waduh, ternyata lelet ya…
        pantes aja bouce rate nya lumayan tinggi..
        hahaha
        makasih ya masukannya bro

        ditunggu artikel-artikel menarik lainnya disini

  • Gan, Kalau blog kita masih blogspot gimana tu kira kira sarannya? TLD dulu atau gimana, hee orang baru di dunia blogging

  • mas Gee Jhon.
    saya sudah 3 hari buat blog dan sudah 4 posting sama 143 penayangan itu bisa gak kalau di daftarkan ke Google adsense..

    • Kalau mau silakan saja bos. Tp menurut sy, daftar adsense itu jgn buru2. Krn jika kualitas blognya msh minim, akan percuma saja. Fokus saja meramaikan blognya dulu.

  • saya baru sekitar 30 menit yang lalu mendaftar GA melalui blosgpot
    trus langsung ada pemberitahuan/link menuju akun GA
    pas buka disebelahnya msih ada tulisan Hosted account. dan iklan sudah muncul di blog
    cara biar jadi non Hosted gimana ya bang?
    mkasih…

  • mas, pertanyaan saya simple dan agak ngawur. itu pasang foto anda dan buat kolom yang berisi link web, facebook dan twitter gimana caranya ya mas?

    saya baru mulai ngeblog jg nih mas..hehe

    tks

    • sy kurang paham dg pertanyaannya bos Anto. Apakah yg dimaksud adalah author-bio (data penulis). Bila itu, maka ini bawaan dari theme. tp yg pasti di bagian profil pengguna pasti ada kolom isian tuk memasukkan data sosial media. Masalah tampilan, itu tergantung theme yg dipakai.

  • Mas Gee Jhon,
    Nampaknya penjelasan tentang berapa artikel mempengaruhi penentuan diterima atau ditolaknya sebagai publisher google. Di sisi lain ada yang bilang harus ada artikel tiap hari minimal 4 atau lebih. Menurut google link yang mana bisa kita ketahui google memberi tahu berapa jumlah artikel perharinya?

    Semua pendapat masing-masing beragumentasi berdasar pengalamannya lalu yang baku seperti apa ya mas Gee Jhon tentang minimal artikel per harinya? sedikit artikel malah diterima (bila berkesan) sebanyak2 artikel malah ada belum diterima ?

    • Sy sgt tidak setuju, bahwa jumlah artikel menentukan diterima atau tidak pengajuan adsense, meskipun memang tidak boleh berharap terlalu banyak jika jumlah artikel baru 3 biji, lalu mendaftar adsense langsung diterima.

      Yg sy maksud adalah, masalah diterima atau tidak, itu HANYA masalah SUKA atu TIDAK suka oleh peninjau blog kita. Jadi tugas kita sebenarnya adalah bagaimana membuat mereka terkesan dg seluruh elemen blog kita, entah kontennya yg unik, entah desainnya yg ‘wah’, entah apapun itu. Yg jelas, mereka tidak peduli sebuah blog berisi 10.000 artikel, jika di mata mereka sama sekali tidak mengesankan, maka pasti akan dapat penolakan. Ingat bahwa yg memeriksa blog kt adalah orang yg sebenarnya, bukan mesin. Mrk pasti punya opini pribadi, dst.

  • diskusi yang bermanfaat, saya hanya ingin tarik sebuah kesimpulan bahwa yang paling utama dan harus diutamakan adalah “Kualitas”, isi maupun konten Blog, namun Kuantitas juga gak boleh dilupakan, bener gak mas Gee Jhon? hehe

  • saya bahkan pernah cuma tiga artikel dan baru setengah hari buat blog,kebetulan ketiga artikel sangat panjang, mungkin artikelnya menarik makanya diterima, pas mendaftar langsung diterima, thanks google ๐Ÿ™‚

    • ya itu lah yg sy maksud dalam artikel ini. Kuncinya hanyalah bagaimana membuat orang yg meninjau blog kita merasa terkesan. ๐Ÿ™‚ Sukses selalu mas Taufik.

      • thanks om, tapi untuk saat ini sepertinya tidak bisa lagi, karna google telah memberi waktu minimal mendaftar.. saya pun terkejut saat itu langsung diterima..perlu di catat juga privacy police dan informasi detail blog harus lengkap.. walau artikel bagus dan tampilan OK, tapi tanpa itu saya rasa tidak akan diterima.. CMIIW

  • iya memang gak pasti buat jumlah artikel yang didaftarkan ke adsense , saya sendiri artikel sudah sampe 50an masih ditolak , tetapi ada yang ngomong blog baru yang baru berumur 1 hari dan artikel hanya 6 buah bisa di approve adsensenya

    • ya memang spt itu mas Andi, misteri? tidak juga. Sesungguhnya bagi yg sudah memahami apa yg diingikan oleh Adsense, secara sekilas pun bisa menilai apa suatu blog layak diterima adsense atau tidak.

      • setuju dengan mas Gee, yang jadi salah satu faktor penentu ya pemahaman kita terhadap apa yang diinginkan adsense. Walaupun artikel banyak tp kalo tidak sesuai keinginan adsense yah kemungkinan diaprove sangat kecil

  • Wah luar biasa diskusinya mengenai google adsense, saya sependapat bahwa yang paling penting memperbaiki kualitas konten dulu, makanya saya masih belajar untuk memperbaiki kualitas konten di blog saya baru berencana mengajukan google adsense.

  • Terima Kasih info nya mas, sy kebetulan sedang aktifkan blog sy yg sdh lama beku…tapi karena artikel sedikit belum berani daftar adsense. sebenarnya sy sdh punya adsense dr youtube tetapi utk daftar adsense di blog harus menggunakan domain TLD…jadi masih pikir2 apakah konten blog sy cukup berkualitas utk beli domain n daftar adsense di blog…

  • untuk masalah adsense ini, selain artikel memang nama domain berpengaruh ?? karena setahu saya domanin hanya berpengaruh pada SERP tapi tidak untuk adsense. lagipula, saat ini banyak juga alternatif iklan selain dari adsense kok ๐Ÿ™‚

  • Saya memiliki banyak blog, dari yang gratisan sampai yang memakai modal ratusan ribu untuk menyewa hosting dan domain. Artikel juga lumayan banyak, tetapi kenapa setiap saya mendaftar adsense tidak pernah di terima? saya jadi ngiri sama blogger baru yang sukses mendaftarkan blog yang masih baru ke adsense

  • Mas, kalo seandainya blog saya ditolak AdSense(masih domain blogspot com) apa akun adsense akan ditutup, mas? Soalnya skrg saldonya dari youtube udah hampir ambang pembayaran.

    Mention di google+ ya mas. Thx

      • sy blm pernah mencobanya mas, krn tidak punya akun hosted dari youtube. tapi menurut saya tidak bisa. harus diajukan lagi blognya untuk direview.

      • ia, jika ingin akun adsense youtube tampil di blog harus di review, dan sangat ketat.. dan kelebihan akun nya susah untuk di banned, saya terkejut melihat akun adsense milik teman saya, di pasang di banyak blog melanggar aturan dan hak cipta, sampai saat ini akun nya aman terkendali..