Sama seperti pertanyaan tentang bolehkah memasang Adsense di blog download, pertanyaan tentang bolehkah Adsense dipasang di blog tentang hacking, kerap simpang siur karena nyatanya cukup banyak website atau blog tentang hacking terpampang iklan Adsense di dalamnya.

Bagaimana sebenarnya kebijakan Adsense dalam hal ini? Nah, kali ini, kita akan membahas masalah kebijakan Adsense berkaitan dengan konten atau nama domain yang mengandung kata ‘hacking’ atau terkait dengan aktivitas hacker.

Banyak orang tertarik untuk menulis tentang hacking dan ingin berbagi pengetahuan tentang ethical hacking (istilah di mana seorang hacker meretas suatu sistem untuk menemukan kelemahan dan memperbaikinya). Namun, seringkali mereka merasa ragu, apakah kebijakan Adsense melarang menempatkan iklan Adsense di halaman terkait masalah hacking?

Ada banyak ethical hacker di luar sana yang bekerja di bidang komputer dan keamanan jaringan. Pemerintah dan banyak perusahaan besar mempekerjakan hakcer untuk memeriksa lubang-lubang keamanan di jaringan mereka.

Tidak sedikit ethical hacker, juga para ahli keamanan jaringan lainnya, senang membagikan pengetahuannya kepada dunia melalui website atau blog yang mereka miliki. Dan banyak di antaranya menggunakan Google Adsense untuk memonetisasi konten mereka.

Inilah pertanyaannya: Apakah kebijakan Adsense membolehkan iklan mereka ditampilkan di konten terkait hacking?

Google Adsense di konten hacking

Google Adsense mempunyai kebijakan konten yang sangat jelas terkait konten hacking. Berikut cuplikan kalimat dari halaman Kebijakan Program Adsense:

Situs dengan iklan Google tidak boleh mencantumkan atau ditautkan ke:

………
Konten peretasan/pengoprekan
………

Lalu, Adsense juga memberi tambahan rincian di halaman Kebijakan Konten Terlarang:

Penempatan iklan Google tidak diizinkan di situs web yang mempromosikan segala bentuk peretasan dan pengoprekan. Konten peretasan dan pengoprekan adalah konten yang memberi pengguna petunjuk atau peralatan yang dapat mengubah atau menyediakan akses ilegal ke perangkat lunak, server, maupun situs web.

Nah, seperti Kamu lihat, aturan kebijakan di atas berlaku bagi situs atau blog yang menyarankan dan membantu orang melakukan hacking atau cracking. Ia juga berlaku untuk berbagi kode lisensi (lisence key), membantu orang mendapatkan akses ke sistem berlisensi secara ilegal, berbagi material berhak cipta dan sebagainya.

Jadi menurut saya, jika Kamu menulis tentang ethical hacking atau berbagai pengetahuan tentang hacking atau cracking, tergantung dari bagaimana Kamu menulis, bisa jadi Kamu tidak melanggar kebijakan Adsense. Seperti misalnya, Kamu menulis artikel tentang: bagaimana melindungi komputer Kamu dari hacker, bagaimana mengamankan jaringan Kamu dari serangan hacker, maka tidak ada yang salah dengan hal tersebut, serta hal itu tidak lah melanggar kebijakan Adsense di atas.

Nah, semoga Kamu yang berkecimpung di dunia security system dan ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan, tidak lagi ragu untuk memonetisasi kontennya menggunakan Google Adsense.

Semoga bermanfaat. Seperti biasa, saya akan sangat berterima kasih jika Kamu mau membagikan artikel ini kepada teman Kamu lainnya.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

11 Komentar