Blogging Dasar

10 Hal Terpenting yang Mesti Dimiliki Setiap Blog

Memang butuh banyak syarat untuk mengembangkan sebuah blog yang ‘ramai’. Tapi dari sekian banyak syarat itu, jika diringkas, mungkin ada beberapa hal paling penting untuk dimiliki suatu blog agar mencapai potensi terbaiknya.

Dan berikut adalah 10 hal terpenting yang mesti ada di sebuah yang saya bagi masing-masing 5 hal umum dan 5 hal berkaitan dengan desain blog.

5 hal mendasar terpenting yang harus dimiliki blog yang sukses:

1. Konten bernilai
Ada banyak cara untuk menghadirkan konten bernilai bagi pembaca Kamu. Kamu bisa mengajari mereka sesuatu. Kamu bisa menghibur mereka. Kamu bisa menyuguhi mereka dengan informasi terbaru di niche yang Kamu pilih, dan lainnya.

Apapun sudut pandang yang Kamu gunakan, Kamu mesti memastikan bahwa pembaca mendapat manfaat nyata dari tulisan yang Kamu sajikan di blog.

2. Konten unik
Bila Kamu menyalin lalu menerbitkan ulang seluruh artikel dari kompas.com atau Wikipedia, konten Kamu akan menjadi konten yang bernilai, benar? Ya, betul! Itu konten bernilai, tapi tidak lah unik!

Jadi jelas, bahwa konten bernilai saja tidak cukup, tapi harus juga unik. Pada contoh di atas, ketika orang-orang yang mencari informasi atau berita terbaru harus memilih antara mengunjungi blog Kamu atau mengunjungi kompas.com, tentu mereka akan lebih memilih yang terakhir.

3. Konsistensi
Pembaca berharap bisa tahu, kapan saatnya tersedia konten baru di blog Kamu. Tidak masalah, apakah Kamu menulis 3x sehari, atau pun seminggu sekali, yang terpentin Kamu tetap pada jadwal tersebut.

4. Kesabaran (kegigihan)
Saya melihat, blog yang ‘diburu’ dan ramai dikunjungi adalah blog yang telah bertahun-tahun menerbitkan pos secara teratur, tanpa ada jeda atau kekosongan dalam jangka waktu yang lama tanpa update.

Artinya, membangun blog butuh kesabaran sampai ia mencapai potensi maksimalnya. Juga butuh kegigihan Kamu dalam menyajikan konten dalam jangka panjang.

5. Komunitas
Aspek sosial menjadi lebih penting bagi sebuah blog. Kamu perlu membangun komunitas blog Kamu, dan buat pembaca merasa bagian komunitas itu.

5 hal tentang desain terpenting yang harus dimiliki blog yang sukses:

1. Desain yang ‘bersih’
Jika pembaca tidak bisa menemukan yang mereka butuhkan dengan mudah, dan membaca tulisan Kamu tanpa diganggu bermacam-macam ‘pernak-pernik’, maka kemungkinan besar mereka akan mencari tempat lain.

2. Brand
Ada ribuan blog bertopik sama dengan blog Kamu, karenanya memiliki identitas yang kuat menjadi hal yang sangat penting. Identitas itulah yang menjadi pembeda blog Kamu dari ribuan blog lainnya. Identitas itu pula yang membuat pembaca mudah mengingat dan berkunjung kembali.

Dalam hal ini, seluruh aspek blog (logo, favicon, warna, tema, dan lainnya) harus bersatu padan untuk menguatkan brand blog Kamu.

3. Posting populer
Bantu pembaca menemukan konten terbaik yang Kamu punyai. Ini salah satu cara terbaik yang bisa Kamu lakukan dan membuat mereka menjadi pembaca setia, atau paling tidak akan berkunjung kembali.

4. Siapa saya? Saya pernah menulis tantangan blogging, tentang perlunya membuat membuat halaman about. Kecuali Kamu membuat blog dengan gaya surat kabar atau majalah berita, membuat halaman about adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Pengunjung ingin mengetahui siapa di balik semua sajian yang mereka baca.

5. Detil kontak
Tidak ada yang lebih buruk, dari kacamata pengunjung, dari sebuah situs tanpa informasi kontak apapun! Alias anonim!  Begitu juga sebaliknya, sama ruginya bagi pemilik website atau blog itu sendiri, karena itu berarti kehilangan peluang potensial dari pengunjung, atau paling masukan berharga dari pembaca.

Nah, itulah 10 hal terpenting yang mesti dimiliki oleh setiap blog yang berhasil. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

10 Komentar