Apa Webhosting yang Dipakai Portal-Uang?

Beberapa saat yang lalu, saya dapat pertanyaan melalui email, dari Mas Iqbal:

Halo mas, saya mau tanya, kalo boleh tau blog ini pake hosting apa ya dan pake paket yang berapa? Soalnya aksesnya cepet banget jadi gak perlu nunggu lama kalo mau buka halaman lain. Jadi tambah semangat membaca 🙂

Memang memilih hosting, menjadi hal teramat penting dalam membangun blog / website. Salah-salah memilih hosting bisa jadi ‘mimpi terburuk’ bagi blog Anda.

Semua tentunya ingin layanan hosting yang kita gunakan:

  • Handal
  • Cepat
  • 99% tidak pernah down
  • Pelayanannya cepat dan ramah

dan seterusnya…..

Kembali ke pertanyaan di atas, saya saat ini saya memiliki beberapa blog dan dihosting di beberapa tempat berbeda. Namun untuk PortalUang dan Erudisi, saya memilih menggunakan layanan dari DewaWeb.

Kenapa DewaWeb?

Sebenarnya, apa yang ditawarkan dan dijanjikan oleh DewaWeb tidak berbeda jauh-jauh amat dengan tawaran dari tempat lainnya. Namun, dari pengalaman saya selama ini menggunakannya, DewaWeb bisa sangat diandalkan. Semua kriteria yang saya sebutkan di atas, dengan baik dipenuhi oleh DewaWeb.

Beberapa hal yang ditawarkan oleh DewaWeb:

  • 40x lebih cepat sebagai official partner LiteSpeed Technologies.
    Meskipun mungkin tidak penuh 40x lebih cepat, namun memang saya merasakan kecepatan yang bagus dibanding lainnya.
  • Garansi uang kembali 100% selama 90 hari.
    Dalam 90 hari, jika Anda tidak puas dengan layanannya, Anda bisa mengajukan klaim pengembalian uang 100%.
  • Garansi 100% uptime.
    Memang tidak akan pernah tercapai uptime benar-benar 100%. Dan bulan lalu memang sempat down selama 1 jam, karena ada masalah di salah satu datacenter-nya. Dan yang suka, melalui email mereka menawarkan klaim pengembalian uang sebesar 5% karena hal tersebut. Paling tidak ini menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan pelayanan terbaik, dan itu yang saya suka.
  • Ada support khusus bagi pengguna WP.
    Beberapa kali saya bermasalah dengan WP, dengan bantuan dari tim support ahli mereka, akhirnya dapat teratasi.

dewaweb-250x250Hal lainnya, mungkin tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain, di antaranya:

DewaWeb telah menggunakan teknologi cloud hosting, menggunakan SSD storage, dan menyediakan cukup banyak paket mulai dari harga Rp15.000-an per bulan.

Oya satu lagi: DewaWeb juga mengklaim bahwa ia adalah layanan hosting pertama di Indonesia yang mendukung dan menerapkan HTTP/2. Mungkin inilah yang membuat kecepatan aksesnya melejit dibanding layanan lain. Mengenai apa itu HTTP/2, silakan baca: Dewaweb is the First to Support HTTP/2.

Saya sendiri memilih paket yang cukup besar, karena saya gunakan bukan hanya untuk PortalUang, namun juga untuk Erudisi.com dan beberapa website saya lainnya.

Nah, semoga informasi bermanfaat bagi Anda yang sedang memilih-milih layanan hosting yang dapat diandalkan untuk blog / website yang ingin Anda bangun.

Anda bisa langsung ke TKP untuk memilih paket yang paling cocok di DewaWeb Hosting.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

30 Komentar

  • Nah, ini bisa menjadi referensi saya jika migrasi ke wordpress self host 😀
    Nais share gan (y)

  • Mas boleh tau, website portal-uang nya buat pakai apa ya?
    blog atau wp ya? atau web framework mas?

  • ternyata teknologi cloud hosting lebih bagus ya ketimbang shared hosting
    kalau dilihat dari tampilan website nya DewaWeb looks “professional”
    apalagi sdh dibuktikan juga sama bung Gee Jhon lewat portal-uang ini
    boleh lah dijadikan alternatif kalo pas DewaWeb ngadain diskon black friday, hehe

    • betul bos fata. saat ini seharusnya semua layanan hosting sudah mendukung cloud technology, namun sayang belum semuanya mendukung. salah satunya ya dewaweb.

  • Wah… halaman ini masuk dalam page one Google…
    Akhirnya saya balik lagi kemari…
    Maklum ajah… saya lagi cari-cari layanan hosting…

    Salam, Mas Gee 😀

  • wah telat saya, kemaren baru order buat temen dari hosting lokal lainnya 🙂 masih pake shared hosting si soalnya buat belajar tapi setelah sy bandingkan agak lambar pas akses cpanel sama dashboard wp, tapi kalau loading blognya si normal, ga ngerti sy juga bisa begitu apalagi servernya Indo

    • hmm.. ok deh gpp bos Opik, semoga lancar. Tapi memang shared hosting tradisional punya banyak kekurangan jika dibandingkan teknologi cloud hosting.

  • Nah… ada referensi baru nih…
    Lumayan dapat tambahan pengertian mengenai vps…
    Terima kasih Mas Gee… atas update artikelnya… 😀

    Salam,

    • betul bos Edi. hehe….

      klo share hosting itu artinya kita berbagi server dg banyak pengguna lainnya, klo vps (virtual private server), dari namanya saja, seolah-olah kita memiliki server sendiri, tanpa harus berbagi dg pengguna lain.

      Namun ada perbedaan jika kita menggunakan teknologi cloud-hosting, meski kita ambil paket share-hosting, kita memiliki jatah sumberdaya sendiri, seperti cpu dan RAM, sehingga akan mudah mengelola dan yg pasti akan jauh lebih cepat, krn kita memiliki resources sendiri tidak berbagi dg lainnya.

  • terima kasih mas Gee Jhon sudah menjawab pertanyaan saya hehe, jadi tambah referensi baru tentang dewaweb yang sudah terjamin berkualitas kaya blog ini :-), salam kenal & sukses selalu mas.

  • Saya tertarik dan ingin sekali menggunakan domain sendiri seperti portal-uang.com tp belum ngerti juga mengenai domain com
    butuh saran dr pak bos gee jhon

    • gampang kok bos, tinggal silakan beli domainnya, jika ingin tetap pake blogger, gak usah beli paket hosting, ckp beli domain saja, terus tinggal lakukan pengaturan di dasbor blogger, ada banyak sekali kok tutorialnya, tinggal googling aja. 🙂

    • kebetulan sy menggunakan paket vps, krn bukan hanya digunakan tuk portal uang, tapi jg tuk erudisi.com dan beberapa blog lainnya. 🙂 Yang jelas masalah pemilihan paket, tinggal disesuaikan dg kebutuhannya. Paket Warrior sya pilihan bagus tuk awal.

      • misalkan blog dengan pengunjung 10k-20k per day itu paket yang recomended apa yah gan di dewa web??
        trus menghitung jumlah pengunjung perday dengan kbutuhan hosting yang diperlukan bgaimana gan?? 🙂

      • sebenarnya tidak perlu pusing2 itung2an sept itu bos, untuk memulai sy sarankan cukup dengan paket Warrior, toh nanti ketika resoure kita (CPU dan RAM) mulai mendekati ambang merah, kita dapat dg mudah melakukan upgrade. masalah bandwith, di dewaweb tidak ada batasannya.