Tantangan #10: Melakukan Kesalahan untuk Menjadi Lebih Baik

Sudah cukup lama saya tidak menulis seri artikel Tantangan Blogging PortalUang. Mudah-mudahan, mulai minggu saya bisa kembali meneruskan seri ini.

Bagi Kamu yang baru berkunjung ke PortalUang dan belum tahu tentang seri artikel ini, silakan baca dulu: Tantangan Blogging Untuk Kamu!

Baiklah, sekarang kita bahas tentang tantangan blogging kali ini.

Sejak lama saya meyakini satu filosofi sederhana:

Jika Kamu tidak melakukan kesalahan, maka Kamu tidak akan bisa belajar!

 Nah, filosofi ini lah yang jadi tema tantangan kita, tentu saja terkait dengan profesi kita sebagai blogger. Melalui tantangan ini, seolah saya berharap Kamu pernah jatuh dan bangun. Saya ingin Kamu pernah ‘mengacaukan’ atau bahkan ‘menghancurkan’ blog Kamu sendiri.

Kenapa? Karena dengan semua itulah: Kamu dapat belajar!

Lalu bagaimana perjalanan saya sendiri dalam dunia blogging? Betul! Saya mengacaukan semuanya. Saya melanggar banyak ‘aturan’ yang dibuat oleh para pendahulu (baca: blogger senior) melalui nasehat-nasehatnya.

Saya ngeblog tanpa arah, tidak pernah memikirkan strategi. Saya kesampingkan semua panduan, petunjuk, arahan, etika, kebijaksanaan, struktur dan aspek-aspek lainnya. Saya benar-benar pernah mengacaukan segalanya!

Tapi dari semua kesalahan-kesalahan yang saya lakukan itu, saya mendapat banyak sekali pelajaran berharga. Pelajaran yang bukan saya dapatkan dari sekadar membaca ‘panduan’ dari sang ahli. Namun benar-benar pelajaran yang saya peroleh dari kesalahan yang saya lakukan. Dan saya berani bertaruh, itu jauh lebih berharga dan bermakna dibanding pelajaran yang Kamu dapat dari e-book petunjuk blogging setebal 1000 halaman!

Untuk benar-benar belajar ngeblog, saya mengacaukan dan menghancurkan banyak blog yang saya buat sendiri. Jika ditotal, mungkin mencapai 10 blog saya yang ‘kacau balau’.

Bagaimana dengan Kamu?

Jika Kamu seorang pelukis, berapa banyak kanvas dan cat yang Kamu buang sampai akhirnya karya masterpiece Kamu tercipta?

Jika Kamu seorang sales, berapa banyak penolakan yang Kamu dapat sebelum Kamu benar-benar menemukan irama dan seni menjual yang berhasil?

Jika Kamu seorang programmer, berapa banyak kesalahan yang terjadi sampai semua kode program berjalan mulus tanpa bug? Berapa jam Kamu habiskan hanya demi menemukan ; atau ” yang hilang?

Kita semua, pada dasarnya, mengalami perihal dan keadaan sulit dan pahit dalam proses pembelajaran. Dengan melakukan kesalahan itu, dengan kegagalan itu, dengan kekacauan itu, kita belajar menjadi lebih baik, lebih kuat, lebih cepat dari sebelumnya.

Nah, tantangan blogging kita kali ini:

Tulislah sebuah posting atau seri artikel bersambung tentang perjalanan Kamu dari ‘pemula’ menjadi seorang ‘juara’, dari seorang awam menjadi kawakan, from zero become a hero.

Tidak peduli apapun yang Kamu lakukan, pasti ada saat dimana Kamu baru memulainya. Bagikan proses pencapaian Kamu, tidak peduli seberapa ahlinya Kamu saat ini.

Bagi beberapa orang, perjalanan tersebut mungkin cukup singkat, beberapa hari, minggu atau beberapa bulan. Bagi yang lain, bisa jadi perjalanan itu dimulai bertahun-tahun yang lalu, hingga membentuk jati diri Kamu saat ini.

Bila Kamu baru saja memulai perjalanan sebagai blogger, ceritakan dan bagikan apa yang mengantarkan Kamu sampai pada hari ini, apa yang Kamu pelajari, apa kesalahan yang pernah Kamu lakukan, apa yang langkah Kamu untuk memperbaikinya, serta apa-apa saja yang akan Kamu lakukan dan pertahankan.

Bagikan pengalaman pribadi itu kepada pembaca Kamu. Cerita behind the scene dari sebuah blog, pasti akan selalu menarik bagi pembacanya. Karena mereka ingin mengetahui dari mana Kamu beranjak, bagaimana Kamu sampai kepada keadaan sekarang, dan berharap dapat belajar dari pengalaman Kamu itu. Karenanya ini menjadi cara hebat untuk menjalin kedekatan yang lebih erat dengan pembaca.

So, buatlah posting tentang perjalanan dan kesalahan Kamu, lalu kembalilah ke halaman ini, berikan link-nya ke kolom komentar. Sungguh saya ingin mengetahui bagaimana Kamu mencapai apa yang Kamu raih saat ini.

Keep failing, keep learning. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

3 Komentar

  • ide menarik gan, nanti biar qu kesini lagi untuk membaca para blogger yg sudah nautkan link disini ^_^
    kalau sy sendiri ? kayaknya belum pantes sih … masih zero belum hero … 🙂
    btw … gimana dgn mas gee sendiri, sy tunggu lo kisahnya …

    • hmmm… bukankah selalu ada hari pertama? Ceritakan itu bos Eric. pasti menarik buat yg lain 🙂 Mengenai cerita sy sendiri, jika bos Eric baca2 posting2 lama sya, pasti menemukan banyak cerita perjalanan saya 🙂