Tantangan Blogging

Tantangan #11: ‘Siapa’ yang Menulis Blog Kamu?

Ketemu lagi dengan seri Tantangan Portal-Uang. Dan kali ini tantangannya cukup sederhana, cukup menjawab pertanyaan:

Siapakah yang menulis di blog Kamu?

Kamu mungkin berpikir ini pertanyaan yang aneh. Tentu saja, saya sendiri yang menulis di blog saya!

Hehe… oke. Tapi bukan itu maksudnya. Coba Kamu perhatikan dan pikirkan tentang blog dan cara Kamu menulis. Apakah Kamu memiliki ‘persona’, atau karakter, yang Kamu gunakan saat menulis di blog? Apakah karakter itu mewakili dari ‘suara’ dan ‘gaya’ Kamu yang sesungguhnya?

Apakah Kamu ngeblog sebagai seorang ‘pahlawan’, yang berdiri tegak dan dengan bangga membagikan opini tentang keyakinan dan jalan politik Kamu?

Atau Kamu lebih seperti seorang pendidik, yang dengan sabar menjelaskan dan memberi instruksi kepada pembaca?

Atau Kamu seorang anarkis, yang ngeblog secara ‘liar’ dan bebas tanpa aturan, tanpa fokus mencomot informasi apa saja dari sana-sini lalu mempostingnya, sembari berharap pembaca bisa mengambil manfaat dari koleksi ‘gado-gado’ Kamu?

Atau… Kamu ngeblog sebagai perwakilan dari suku, budaya atau daerah Kamu? Apakah Kamu merasa mewakili satu kelompok atau individu yang lain?

Atau Kamu seorang kutu-buku atau pencinta teknologi, yang meramaikan dunia blog dengan segala istilah teknis yang hanya dimengerti segelintir orang?

Atau mungkin persona blogging Kamu lebih kalem dan halus? Apakah Kamu seorang perempuan yang menutup jati dirinya dari pembaca? Apakah Kamu sepenuh ngeblog tanpa identitas (anonim) karena cemas akan tanggapan atau serangan dari pihak lain akibat dari opini-opini Kamu?

Siapa dan seperti apa ‘pribadi’ blogging Kamu?! 

Apakah ia sungguh berbeda dengan pribadi Kamu di dunia nyata? Kenapa bisa begitu?

Sebelumnya, saya pernah menantang Kamu untuk mengatakan ‘siapa diri Kamu’ pada tantangan yang lalu. Nah, sekarang saatnya Kamu menyampaikan ‘siapa Kamu’, sebagai blogger, ketika Kamu ngeblog!

Itulah tantangan kali ini. Bagikan kepada semua siapa Kamu saat ngeblog. Tulislah sebuah posting tentang itu, lalu kembali ke halaman ini dan berikan link-nya ke kolom komentar. Saya pasti akan mengunjunginya, karena saya juga benar-benar ingin tahu ‘siapa’ pribadi sesungguhnya di balik apa yang Kamu sajikan di blog Kamu.

Sampai jumpa lagi pada tantangan-tantangan portal-uang berikutnya. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

5 Komentar

  • Ya, memang mengenal lebih dalam dengan karakter sendiri di dunia online begitu rumit. Bahkan, saya sendiri tidak bisa menentukan siapa saya, kemana saya membawa blog saya, siapa pembaca blog saya, apa yang saya sajikan untuk blog dan kepada siapa?

    Mungkin sedikit reformasi dari diri sendiri, bisa berdampak baik untuk masa depan kemajuan blogger Nasional.

    • hmm… gitu ya bos. 🙂 ok deh, meski tidak dijawab melalui sebuah posting di blog, tapi paling tidak pertanyaan tantangan ini dijawab dalam pemikiran masing2. dg begitu, kita bisa menjadi pribadi yg lebih baik lagi (sebagai blogger).

      sukses selalu bos SUgek.