Bisnis toko online mulai marak!

Ya benar, dewasa ini di Indonesia bisnis online sudah mulai memperlihatkan geliatnya. Perkembangan bisnis online ini memang sangat menguntungkan bagi para pemilik produk yang ingin menaikkan omset penjualan mereka ataupun memperluas target market/pasar produk.

Dengan adanya internet, ruang dan waktu tak lagi menjadi halangan, semua batasan tersebut seakan runtuh dengan semakin mudahnya konsep transaksi pada era modern ini.

Dulu, masyarakat melakukan transaksi jual beli secara langsung (bertatap muka). Jika seseorang ingin membeli sesuatu yang mereka butuhkan, mereka harus pergi ke pasar dan belum tentu barang yang dia inginkan tersedia di situ.

Bisnis online memang suatu sistem transaksi baru, tapi memberi dampak yang besar pada ekonomi masyarakat. Jika Kamu sudah mulai mempelajari sistem transaksi bisnis online dan ingin memperluas market serta penjualan produk Kamu, maka Kamu pasti telah mengupgrade toko offline Kamu ke toko online.

Tapi ingat, tanpa skill dan persiapan matang, serta kiat dalam membangun bisnis toko online yang Kamu miliki, tidak menutup kemungkinan bisnis online yang Kamu bangun akan sepi dari pembeli, ujung-ujungnya ya bangkrut.

Toko online ini sama halnya dengan ketika Kamu menjalankan toko Kamu secara offline, real bisnis, bukan iseng-iseng.

Jika Kamu salah dalam menggarap toko online Kamu maka jangan salahkan mentor Kamu atau siapapun, tapi evaluasi kembali seberapa seriusnya Kamu dalam menjalankan bisnis toko online Kamu.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin sharing terutama bagi Kamu yang masih pemula dalam menjalankan bisnis toko online.

Berikut adalah 10 kiat sukses yang dapat Kamu pegang dalam membangun bisnis toko online Kamu.

1. Konsisten

Konsistensi sangat diperlukan dalam membangun bisnis toko online Kamu. Selalu meng-upload foto produk terbaru adalah salah satu contohnya. Atau dengan selalu memberikan diskon di setiap awal bulan, dan sebagainya.

Lakukanlah hal-hal tersebut secara konsisten agar para pelanggan Kamu dapat dengan mudah kembali berbelanja di toko online Kamu.

2. Diferensiasi

Apa yang membedakan toko online Kamu dari yang lain? Berilah satu sentuhan khusus pada toko online Kamu sehingga tampak berbeda dari toko-toko online yang lain. Sehingga para calon pembeli pun akan dengan mudah mengingat toko online Kamu.

Eh.. ini loh toko online A, barangnya update-update terus, murah-murah dan fast respon, misalnya. Kamu pun harus memiliki diferensiasi bagi toko online Kamu.

3. Pajang foto produk yang paling bagus dan menarik

Jangan dianggap sepele mengenai hal yang satu ini. Kebanyakan dari para pengunjung toko online bisa dipastikan akan melihat foto produk sebagai acuan mereka. Close atau tidak. Jika toko online Kamu sudah melakukan kiat ini, saya yakin visitor akan senang berlama-lama di toko Kamu. Dan akhirnya penjualan demi penjualan akan semakin mudah Kamu dapatkan.

4. Simple dan informatif dalam mendiskripsikan produk

Deskripsi produk juga penting, seperti ketika Kamu menjual smartphone misalnya, maka berilah spesifikasinya, fitur-fiturnya dan lain sebagainya. Untuk membuat deskripsi sebuah produk, tidak perlu sampai satu artikel. Cukup hanya dengan sebuah deskripsi singkat namun informatif. Pastikan ketika para calon pembeli ingin mengetahui lebih lanjut tentang suatu produk, dan membaca deskripsi produk tersebut, rasa penasaran mereka terpuaskan.

5. Terbuka dan jujur

Kedua sifat mulia ini akan memberikan rasa percaya pada para calon pembeli serta meningkatkan kredibilitas toko Kamu. Karena jika Kamu membohongi pembeli Kamu, satu kali saja, maka pasti akan berakibat buruk pada toko online Kamu ke depannya.

Kredibilitas Kamu akan tercemar, dan orang-orang tidak akan percaya lagi pada Kamu. And… game over!

Toko Kamu bangkrut karena tidak ada yang mau beli.

6. Pelayanan yang memuaskan

Ketika Kamu menjadi pembeli, apa yang paling Kamu harapkan dari si penjual?

Yup, benar sekali: pelayanan yang ramah, fast respon dan sopan. Pokoknya pembeli ingin dilayani dengan kualitas premium.

Nah jika Kamu sendiri ingin seperti itu, maka terapkanlah prinsip pelayanan tersebut dalam toko online Kamu. Bahkan mereka para pembeli rela membayar untuk produk Kamu, bukan karena produk itu sendiri, melainkan karena kepuasan mereka terhadap pelayanan yang Kamu berikan.

7. Melakukan Promosi

Promosikan toko online Kamu secara rutin. Apa itu tidak makan biaya besar? Perlu Kamu ketahui, promosi bukan hanya pada iklan berbayar seperti adWods, FB Ads, iklan baris dan lain sebagainya. Tapi Kamu juga bisa melakukan promosi dengan selalu meng-update Fans Page toko online Kamu misalnya, kemudian melakukan follow-up pada setiap pelanggan dengan newsletter misalnya.

Jadi bukannya promosi itu diartikan sebagai pasang iklan dan bayar iklan saja, ada banyak cara, dan itu gratis!

8. Harga yang masuk akal

Untuk memberikan label harga sebuah produk, Kamu juga harus hati-hati. Jangan mentang-mentang barang bagus, terus kualitas super, limited edition lagi, kemudian Kamu memasang harga yang berlebihan.

Perlu Kamu ketahui, di internet informasi mudah sekali didapat dan para calon pembeli pasti akan sangat dengan mudah mengetahui berapa harga standar sebuah produk.

Bukannya mereka berebut barang Kamu, bisa jadi malah pada kabur ke toko sebelah. Ingat, jangan sekali-kali memberikan harga mahal tanpa adanya “WHY..?” pada produk tersebut dan pastikan Kamu telah mempelajari kompetitor toko online Kamu untuk produk tersebut.

9. Sistem delivery yang cepat dan tepat

Satu pertanyaan lagi, jika Kamu sudah memesan sebuah produk misalkan, pasti Kamu akan sangat deg-degan dan bertanya-tanya kapan barangnya sampai? Lalu nanti salah alamat nggak ya kurirnya?

Jika benar seperti itu, apalagi ini bisnis online yang Kamu sendiri akan bertransaksi jual beli dengan orang yang sama sekali belum pernah Kamu kenal sebelumnya. Berikan layanan pengiriman yang profesional dan cepat, jika kompetitor Kamu mampu mengirimkan jangka waktu 7 hari barang sampai, maka minimal seharusnya Kamu bisa mengirimkannya dalam waktu 5 hari. Lebih cepat lebih baik.

10. Sabar

Kesuksesan tidak serta merta akan datang dalam waktu sekejap. Butuh proses. Really!

Begitu juga membangun bisnis toko online. Memang peluang Kamu lebih besar untuk maju dibanding mereka yang masih menggunakan sistem offline, tapi ya itu tadi, harus sabar. Sedikit demi sedikit.

Dalam bisnis pasti ada pasang surut, jangan menyerah. Evaluasi terus kinerja Kamu dalam membangun toko online. Semakin lama kemampuan berbisnis online Kamu juga akan semakin terasah , dan Kamu akan siap di saat nanti toko online Kamu menjadi BESAR!

Saya kira cukup sharing mengenai kiat-kiat membangun bisnis online ini, tetap melangkah dan semoga sukses.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar