Toko Online

Ini Alasan Saya Memilih Toko Online untuk Berjualan

Toko online adalah tempat berbelanja yang paling menyenangkan. Banyak sekali kemudahan berbelanja yang saya dapatkan di sana. Setiap barang yang saya inginkan dapat dengan mudah saya pilih, tanpa adanya para sales yang berisik menawarkan produknya.

Saya pun tidak perlu susah-susah membawa barang belanjaan saya, karena di dalam toko online setiap barang pembeli akan dikirimkan langsung ke alamat konsumen, bahkan ada yang memberikan fasilitas gratis ongkir.

Sekarang ini zamannya serba mudah, orang-orang sudah enggan dengan segala sesuatu yang ribet dan berbelit-belit. Mereka yang masih menggunakan konsep jual beli konvensional, akan jauh tertinggal dengan adanya toko online.

Mungkin seperti itulah sedikit gambaran komentar orang-orang modern saat ini.

Jika memang seperti itu alasan mereka meninggalkan konsep jual beli tradisional, maka langkah kita sebagai pemilik produk adalah dengan jeli melihat kondisi bisnis. Salah satunya adalah dengan berusaha memenuhi apa yang para konsumen inginkan.

Selain melihat dari sudut pandang tersebut, kita juga harus siap dengan perubahan zaman. Yang semakin lama semakin berkembang. Mau tidak mau, demi melanjutkan bisnis yang sudah lama kita tekuni kita harus mau banting setir. Karena jika kita tidak segera mengambil langkah, bisnis kita akan tertinggal jauh dari para kompetitor kita.

Berikut 4 pertimbangan saya, mengapa memilih toko online.

1. Toko online adalah konsep jangka panjang

Sekarang ini sudah banyak sekali orang-orang yang cenderung memilih belanja di toko online dari pada pergi ke toko konvensional. Selain beberapa alasan yang telah saya sebutkan di atas. Mereka yang pernah sekali saja berbelanja di toko online, dan merasa puas. Bisa dipastikan mereka akan kembali lagi berbelanja di toko online tersebut.

Mereka yang tadinya tidak terlalu suka berbelanja, sekarang malah jadi kecanduan. Bahkan setiap akhir bulan mereka rela menyisihkan uang gaji bulanan hanya untuk membeli barang di olshop.

Bukankah kondisi seperti ini sangat menguntungkan bagi kelangsungan suatu bisnis? Kamu tau jawabannya.

Selain itu dengan memiliki toko online, Kamu sadari atau tidak, relasi bisnis Kamu akan semakin banyak dan luas. Dan semakin banyak relasi Kamu dalam menjalankan suatu bisnis, maka akan semakin baik pula bagi kelangsungan bisnis Kamu kedepannya.

2. Toko online mempermudah Kamu dalam menargetkan pemasaran produk

Salah satu ujung tombak keberhasilan suatu bisnis adalah pemasaran. Dalam dunia online marketing kita akan sangat mudah dalam menargetkan market /pasar yang sesuai dengan barang dagangan kita.

Misalkan kita menjual produk kerajinan tangan. Maka kita bisa mencari di manakah market yang paling banyak peminatnya terkait produk kita tadi. Kita bisa memanfaatkan tool Google Keyword Planner atau Google Trends untuk menganalisa market kita.

Mulai dari kata kunci produk, demografi market, usia, dan segala sesuatu yang pastiya sangat berkaitan erat dengan keberhasilan promosi dapat kita susun dengan sangat mudah.

Dan satu lagi, biaya promosi yang tidak terlalu mahal. Bahkan jika kita sudah lihai dalam menganalisa market, kita tidak perlu melakukan promosi yang berlebihan hingga menghabiskan uang kita.

Kenapa? Karena promosi kita tepat sasaran.

3. Toko online bagaikan sales Kamu yang bekerja 1×24 jam

Dalam website toko online Kamu, di situ semua tertera secara jelas dan lengkap. Barang apa saja yang Kamu jual tampil di situ beserta seluruh informasi produk yang dibutuhkan konsumen.

Tanpa perlu seorang sales marketing, toko Kamu mampu memikat para calon pembeli. Melakukan transaksi deal penjualan, melakukan follow up pelanggan dan sebagainya.

Dan yang paling menyenangkan adalah semua itu bisa Kamu lakukan tanpa susah payah, cukup hanya toko online Kamu sebagai wakil sales Kamu.

4. Toko online memiliki jangkauan market yang luas

Untuk yang satu ini jelas sekali bisa difahami oleh banyak orang. Mengapa?

Karena jangkauan toko online berdasarkan internet. Sedangkan internet sendiri dapat diakses oleh setiap orang di dunia. Great news bukan?

Jika sebelumnya toko Kamu hanya mampu dijual di beberapa daerah yang dekat dengan tempat Kamu saja. Sekarang, dengan menggunakan toko online, toko Kamu akan melebarkan sayapnya hingga keseluruh daerah Indonesia bahkan sampai manca negara. Tinggal Kamu sendiri yang menentukan batasan penargetan market produk Kamu.

Semakin luas market, semakin besar peluang terjadinya penjualan.

So, apakah sekarang Kamu telah memilih untuk banting setir dan mulai mendalami kiat membangun toko online? Atau masih tetap menjalankan bisnis konvensional Kamu, sedangkan para kompetitor Kamu sudah mulai mengambil alih pelanggan Kamu?

Take action now!

Tentang penulis

Munirul Hakim

Munirul Hakim

I'm a simple capricron. Berjiwa besar dalam hidup.
MA QOLLA WA KAFA, KHOIRUM MIM MAA ATSURO WA AHLA. Sukses dunia akhirat!!

Tulis komentar

4 Komentar

  • Ya memang betul, tetapi menurut saya tergantung dari pasion masing – masing, karena setiap orang pasti berbeda cara pandang dan pengalaman serta skill dari masing – masing individu itu sendiri,

  • Selain alasan di atas, alasan saya menggunkan toko online karena modalnya hanya smartphone dan jaringam internet. Saya tidak pernah membeli dan mempunyai produk, setiap ada yang mesan barang saya juga memesan di toko lain. Jadi saya tidak perlu mempunyai produk.

    • Kayaknya mas @Dozi pemain affiliate marketing/reseller produk nih…
      Sampai nggak pernah beli produk, tetep bisa jualan ya..??? hehe
      mantap.