Bagi Kamu yang masih awan tentang dunia freelancer, mungkin bertanya pekerjaan apa saja yang dapat Kamu lakukan dari rumah. Artikel ini mencoba menjawabnya.

Sebagai seorang freelancer, dengan modal koneksi internet yang memadai, Kamu bisa mendapatkan beragam macam jenis pekerjaan dari internet yang dapat kerjakan dari rumah. Mulai dari jasa menulis artikel, penerjemah, entri data, sampai membangun aplikasi Android dan iPhone.

Setelah Kamu mendaftarkan diri di salah satu situs freelancer, mungkin Kamu akan terkejut melihat begitu banyak jenis pekerjaan yang ditawarkan.

Dan inilah 11 pekerjaan terbaik yang dapat Kamu lakukan dari rumah, yang disusun secara acak, bukan menyatakan yang satu lebih baik dari lainnya. Tapi yang jelas 11 daftar job di bawah adalah yang terbaik dari segi peluang, ketersediaan job dan besarnya penghasilan.

1. Email marketer
Seorang email marketer atau bisa juga disebut ahli pemasaran melalui email, bertanggung untuk mendesain email kampanye iklan, menangani daftar pelanggan, dan meningkatkan pencapaian yang dibutuhkan perusahaan.

Biasanya seorang email marketer memiliki dasar di bidang marketing atau PR (public relations), dan mesti memiliki kemampuan komunikasi yang solid, serta familiar dengan web dan desain grafis.

2. Video maker
Jika Kamu memiliki dasar di bidang videografi, dan ingin bekerja tanpa terbatas ruang dan lokasi, maka sebaiknya Kamu memilih sebagai seorang pembuat video untuk kebutuhan promosi.

Video, makin hari, makin populer sebagai salah satu alat promosi yang mumpuni. Saat ini banyak sekali perusahaan yang menggunakan video mereka di Youtube, Vimeo, bahkan di Facebook dan Instagram sebagai salah satu bentuk promosi atau iklan produk mereka.

Selain itu, tidak jarang untuk membuat video promosi perlu mengadakan perjalanan jauh guna mendapatkan lokasi tertentu yang berbeda. Hal ini semakin membuka peluang bagi Kamu untuk menawarkan jasa pembuatan video lintas kota yang jauh atau bahkan lintas negara.

3. Penulis lepas
Dari jasa menulis konten marketing sampai menulis artikel untuk berbagai keperluan, peluang yang ada sangatlah berlimpah. Jika Kamu memiliki kemampuan menulis yang mumpuni, menjadi freelance writer adalah pilihan karir yang cukup bagus.

Meskipun, di awal mungkin Kamu akan sedikit menemui kesulitan menemukan pekerjaan menulis yang dapat diandalkan, tapi sekali Kamu menemukan ceruk yang bagus, mulai menghasilkan tulisan-tulisan berkualitas, maka ini bisa menjadi cara yang baik sekali untuk meraih penghasilan yang sangat layak, dengan hanya bekerja dari rumah.

4. Desainer web
Sudah banyak orang yang mendapatkan hasil memuaskan dengan menjual jasa desain web, baik bekerja langsung dengan satu perusahaan maupun sebagai freelancer yang menangani banyak klien.

Memang, mungkin membutuhkan waktu dan proses yang panjang untuk menjadi seorang desainer yang handal dan diakui kreatifitas karyanya. Tapi, sekali Kamu menguasainya, ada sangat-sangat banyak peluang menghasilkan uang dari bidang ini di internet.

5. Desain grafis
Hampir semua perusahaan membutuhkan grafis. Mulai dari pembuatan logo, stationary seperti, id card, pamflet, t-shirt, infografis dan banyak lagi. Perusahaan mana yang tidak membutuhkannya?

Bidang ini lah yang saya lakukan. Dari pengalaman saya menjadi freelancer desain grafis, setiap hari ada ratusan job baru. Jadi jika Kamu memilih keahlian ini, tidak perlu khawatir kekurangan job.

Dengan memperlihatkan hasil karya Kamu di masa lalu, Kamu dengan mudah mendapatkan klien. Sekali mereka puas atas hasil kerja kita, biasanya kerjasama akan berlanjut.

6. Penerjemah
Jika Kamu menguasai dua bahasa, atau fasih menggunakan banyak bahasa, Kamu dapat dengan mudah menemukan pekerjaan sebagai penerjemah. Banyak sekali job penerjemahan ini dapat dilakukan dari rumah, termasuk dengan basis freelance.

Seorang penerjemah, mungkin bekerja untuk keperluan suatu perusahaan, atau juga menerjemahkan artikel dan berita, halaman web, bahkan menerjemahkan buku.

kerja online dari rumah

7. Customer service
Ya, layanan pelanggan. Banyak perusahaan, termasuk perusahaan-perusahaan ritel dan organisasi bisnis lain berbasis online, mempekerjakan orang per orang untuk menangani layanan pelanggan mereka.

Jika Kamu pernah berbelanja online dan melihat tombol ‘Chat dengan kami, kami akan membantu Kamu!’, atau ‘Kirim email untuk mendapatkan panduan’, bisa jadi orang di ujung sana, yang menjawab pertanyaan-pertanyaan Kamu adalah orang yang bekerja jauh dari lokasi perusahaan itu sendiri. Bisa jadi mereka sama sekali tidak beranjak dari tempat tidur mereka.

Orang dengan latar belakang di bidang ritel, customer service, marketing dan komunikasi penjualan, adalah orang yang tepat menjalani profesi ini.

8. Pengembang aplikasi Android dan iPhone
Mereka yang ahli di bidang komputer atau pengembangan perangkat lunak, boleh berpikir untuk menjadi seorang pengembang aplikasi Android atau iPhone, bekerja mendesain, memperbaiki dan mengembangkan aplikasi mobile.

Dengan koneksi internet serta software desain yang Kamul, pekerjaan ini dapat dilakukan hampir dari mana saja.

Dan nyatanya ada begitu banyak job tersedia di berbagai situs freelancer, dengan bayaran yang cukup menggiurkan.

9. Penerbit ebook
Ada pasar yang begitu besar bagi ebook, di kala semakin sedikit orang pergi ke toko buku membeli buku cetakan.

Perkembangan pasar ebook yang semakin meluas, memberi peluang kepada penulis untuk dengan mudah menerbitkan dan memasarkan karya mereka.

Untuk sukses sebagai penerbit ebook memang butuh kemampuan marketing yang mumpuni, juga familiar dengan media sosial, tapi yang jelas posisi ini dapat Kamu kerjakan dari mana saja.

10. Asisten virtual
Salah satu pekerjaan yang dapat Kamu lakukan dari rumah, adalah dengan menjadi asisten virtual. Ada banyak orang yang tidak punya waktu, atau tidak mau mengerjakan sendiri pekerjaan komputer mereka. Mereka membutuhkan orang lain untuk mengetikkan dokumen, menyiapkan presentasi, mengerjakan spreadsheets, dan banyak lagi tugas yang biasa dilakukan untuk keperluan kantor lainnya.

Ini dapat menjadi pekerjaan yang menguntungkan, dan yang jelas dapat dilakukan dari rumah.

11. Transkripsi
Kamu bertugas mendengarkan rekaman audio, lalu mengetiknya menjadi sebuah tulisan. Ini salah satu pekerjaan freelancer yang banyak dibutuhkan, biasanya dalam bahasa asing bagi klien.

Topik teknis, seperti transkripsi medis misalnya, menawarkan bayaran cukup tinggi. Dan banyak sekali profesional yang mengkhususkan diri di bidang ini. Kamu pun bisa melakukannya.

Itulah 11 jenis pekerjaan terbaik yang dapat Kamu kerjakan dari rumah secara online. Lebih dari itu, apapun bidang dan latar belakang keahlian Kamu, selalu ada peluang untuk bekerja dari rumah secara profesional.

Seiring teknologi yang terus berkembang, dan di sisi lain semakin banyak perusahaan mengalihkan operasional mereka ke dunia online, menjadikannya semakin banyak jenis pekerjaan yang sepenuh dapat dilakukan dari jauh.

Kamu mungkin akan terkejut jika saya katakan bahwa Kamu tetap bisa bekerja di bidang yang sama seperti saat ini Kamu geluti, dengan penghasilan yang sama (bahkan mungkin lebih besar), hanya dengan bekerja dari rumah!

Kerja dari rumah adalah soal fleksibilitas. Ada banyak alasan bagus untuk bekerja dari rumah. Kamu bebas menentukan jam kerja, Kamu bebas ingin mengerjakan apa, dan lebih hebat lagi, Kamu bebas berapa Kamu ingin dibayar.

Selamat menentukan karir sebagai freelancer sukses.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

7 Komentar

  • PENULIS LEPAS, poin ini agak membingungkan. Cara kerjanya gmana mas? Seperti website apa saja yg membutuhkan penulis, cari lowongannya dimana, atau cara membuka jasanya mulai dari mana..

    Karena di poin tersebut hanya membahas opini saja

  • sepertinya sangat menarik untuk jadi video maker dan desain grafis
    harus asah ilmunya lebih dalam lagi nich, mgkin kelak pilih salah satu dahulu kalau mulai terjun

  • Saya ingin sukses di bisnis internet, saya mulai dari blogger saja karena ini yang paling cocok menurut saya.. 🙂