Menulis Konten

Sudahkah Kamu Membaca Blog Sendiri?

membaca blog sendiri

Membuat konten menarik adalah hal terpenting bagi setiap blog yang ingin berkembang. Sebagai blogger kita dituntut untuk terus menyajikan sesuatu  yang segar, bermanfaat, menghibur dan menari minat pembaca.

Dan…. ya, kita sama-sama tahu, itu semua bukanlah sesuatu yang mudah. Lalu bagaimana kita bisa konsisten membuat konten menarik bagi pembaca?

Salah satu caranya adalah berhenti sejenak. Luangkan waktu untuk mempelajari, menganalisa, membaca konten yang telah kita buat sebelumnya.

Jika Kamu sendiri menikmati apa yang telah Kamu tulis, maka kemungkinan besar orang lain pun akan menikmatinya pula. Tapi jika Kamu sendiri tertidur sebelum menyelesaikan paragraf kedua, itu artinya ada beberapa hal yang perlu Kamu perbaiki untuk membuat artikel-artikel selanjutnya.

Dan ini lah beberapa hal yang perlu Kamu perbaiki agar mampu menghasilkan konten berkualitas dari waktu ke waktu:

Judul artikel

Satu kenyataan tentang judul artikel: jika ia tidak mampu menarik perhatian, tidak genit, tidak memanggil pembaca untuk mengkliknya, maka kemungkinan besar seluruh isi artikel Kamu tidak akan pernah dibaca orang.

Pengunjung disuguhi begitu banyak artikel, jauh lebih banyak dari yang mampu ia baca. Itulah mengapa judul artikel yang menarik menjadi sesuatu yang amat penting. Buatlah judul yang mengundang, yang membuat pembaca mau tidak mau ingin membukanya, atau artikel Kamu tidak akan pernah dibaca.

Beberapa artikel berikut akan membantu Kamu membuat judul yang bagus:

Relevansi

Judul yang baik mampu mengantar pengunjung membuka pintu ke artikel Kamu. Hanya itu! Selanjutnya, konten lah yang akan membuat mereka tetap berada di blog Kamu.

Jangan lupa, di luar sana ada ribuan artikel serupa yang juga ‘memohon’ untuk dibaca. Karena itu, selalu penuhi janji yang diberikan judul artikel Kamu.

Jika pembaca menemukan apa yang mereka cari sesuai yang dijanjikan judul artikel, maka besar kemungkinan mereka akan kembali lagi untuk membaca artikel lainnya. Jika tidak, Kamu akan kehilangan kredibilitas, yang akhirnya: kehilangan pembaca.

Apakah informasi yang Kamu sajikan bernilai bagi pembaca? Akankah mereka mempelajari sesuatu, memperoleh motivasi atau mendapat pemikiran baru? Atau apakah ia hanya serupa dengan ribuan konten online tak berguna lainnya, yang mudah dilupakan?

Buatlah konten Kamu relevan dengan judul. Berikan sesuatu nilai kepada pembaca. Itulah yang membuat mereka menjadi pembaca setia dan akan kembali lagi dan lagi.

Tampilan (visual konten)

Kali ini yang saya maksud bukanlah desain blog Kamu atau foto, gambar, font atau pun infografis. Yang saya maksud adalah tampilan artikel.

Tapi bukankah artikel hanyalah berupa rangkaian kata-kata? Bagaimana saya bisa memolesnya secara visual?

Oke, pasti Kamu pernah menemukan konten online yang terlihat membosankan dan merasa ‘ngeri’ untuk membacanya. Sebaliknya, pasti Kamu juga pernah menemukan konten yang begitu ‘ringan’, enak dinikmati sampai tuntas.

Menulislah dengan paragraf-paragraf pendek. Gunakan formatting huruf, gunakan huruf tebal, miring, garis bawah, berikan warna pada tulisan Kamu. Bagi artikel panjang menjadi beberapa sub-judul. Itu semua membuat tampilan artikel Kamu lebih menyenangkan untuk dinikmati.

Penutup

Setelah menguraikan panjang lebar sesuatu kepada pembaca, buatlah kalimat penutup yang mengesankan. Berilah konklusi dan ini juga saat yang tepat membuat call to action yang amat penting dilakukan.

Nah, dengan membaca konten yang telah kita buat sebelumnya, kita akan belajar banyak bagaimana membuat tulisan yang bagus. Kita juga akan lebih mudah mengetahui apa yang kurang dan mana yang perlu diperbaiki.

Pertanyaannya sekarang:

Sudahkah Kamu membaca blog Kamu sendiri?

Apa yang Kamu rasakan ketika membacanya? Poin apa saja dari keempat hal di atas yang perlu Kamu perbaiki ke depannya? Berikan jawaban Kamu melalui komentar di bawah. Sukses selalu!

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

1 komentar