Toko Online: Apakah Barang Ini Laku Dijual?

Apakah Kamu pemula dalam bisnis online? Dan sering dihantui akan pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Apakah produk ini laku saya jual di toko online?
  • Apakah nanti ada yang beli, jika saya menjual produk ini?
  • Apakah barang ini laku? Dan lain-lain.

Nah sekarang bagaimana jika pertanyaannya kita rubah:

  • Bagaimana caranya agar produk ini laku dijual di toko online?
  • Bagaimana caranya supaya produk ini laku keras di toko online? Atau:
  • Bagaimana caranya agar dengan produk ini, saya dapat mengalahkan toko online kompetitor saya?

Apakah sekarang mindset Kamu sudah mulai terbuka dengan melihat kedua jenis konsep pertanyaan ada di atas? Poin penting dalam membangun sebuah bisnis adalah fokus dalam membuka peluang serta permainan seni marketing yang bagus.

Ketika otak kita berfikir seperti alur pertanyaan pertama, maka selamanya bisnis Kamu tidak akan berkembang. Ketakutan dalam diri Kamu telah menutupi jalan sukses Kamu sendiri. Rigth?

Jangan sampai Kamu terjebak dalam ketidakpastian ini. Mulailah melangkah dengan membuka pola fikir yang kreatif dan inovatif. Dalam bisnis online ini, kita bersaing dengan banyak sekali kompetitor-kompetitor hKamul, dan kemungkinan yang kita miliki sama, menang atau kalah.

Jangan fikirkan ruginya dulu, tapi buatlah sesuatu yang menurut pKamungan orang lain merugikan, menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi Kamu. Kamu buat sendiri konsepnya, Kamu pelajari marketnya, Kamu cari apa kelebihan produk tersebut, sehingga ketika Kamu menjualnya di toko online Kamu, Kamu menang.

Menjalankan bisnis online bukanlah berbicara mengenai “fokus” sebuah produk, tapi tentang seni marketing yang Kamu jalankan. Bukan seberapa bagusnya produk yang Kamu jual, tapi seberapa bagusnya strategi pemasaran Kamu.

Justru semakin sering Kamu melakan spekulasi produk, maka kemampuan berbisnis Kamu akan semakin ter-asah. Setiap kemungkinan untung dan rugi dapat Kamu prediksikan dengan sangat akurat.

Seiring berjalannya waktu, Kamu sudah memiliki pondasi yang kuat dalam menjalankan toko online Kamu.

 

Studi kasus

Kamu tau produk minuman kemasan yang sering kita minum? Berapa Kamu membelinya dari warung sebelah? Paling 3000 rupiah untuk kemasan botol sedang, benar?

Tapi berapa harga minuman tersebuat ketika Kamu membelinya dari Alfamart? Bisa 3500 sampai 4000 rupiah. Dan berapa harga minuman kemasan tersebut jika Kamu membelinya dari Hotel? Bisa sampai 25 ribu sampai 50 ribu rupiah.

Produknya sama, tapi kok harganya berbeda-beda?

Saya sendiri bingung, bagaimana bisa sebuah air mineral kemasan yang sama persis memiliki nilai jual yang berbeda-beda. Selain harganya juga beda, cara pemajangannya, penyajiannya, juga berbeda-beda. Dan yang lebih mengherankan lagi, yang harganya mahal jauh lebih laris daripada yang harganya murah!

Konsep di atas sama halnya jika Kamu terapkan dalam bisnis toko online Kamu. Toko online si A, si B dan si C menjual produk yang sama, tapi si C menjual produk tersebuat dengan harga yang mahal, tapi tetap banyak pembelinya!

Jadi mulai sekarang jangan terlalu “fokus” pada mindset:

Apa barang ini laku dijual?

Tapi rubahlah ke pola pikir kreatif Kamu, sehingga menjadi:

Bagaimana caranya produk ini laris terjual?

Saya harap, sampai di sini Kamu sudah mendapat poin utamanya!

Sekian, semoga bermanfaat.

Tentang penulis

Munirul Hakim

Munirul Hakim

I'm a simple capricron. Berjiwa besar dalam hidup.
MA QOLLA WA KAFA, KHOIRUM MIM MAA ATSURO WA AHLA. Sukses dunia akhirat!!

5 Komentar

  • Jadi apapun yang kita jual itu tergantung strategi kita untuk memasarkan produkyang dijual. Contohnya saya yang pernah menjual pakaian band beraliran metal, jadi saya harus mempromosikan ke grup-grup di Facebook yang bertemakan metal atau grup yang beraliran metal

    • Wah, jika berbicara tentang seni marketing, apalagi menggunakan FB sebagai media promosi akan sangat menyenangkan nih.. Hee. Bisa juga melakukan posting di grup yg terkait dgn produk yg kita jual, di situ bisa diibaratkan sebuah kolam besar yg ikannya pada laper semua, saat kita masukkan umpan, pluk… Akan sangat mudah sekali mendapat ikan. Kebanyakan para pemain CPA pun juga menggunakan tehnik ini.. So, it’s great!

  • thanks maz hakim … inspirasi yang menarik
    jadi malah yang perlu disiapkan pertama adalah membalik mindsetnya dulu ya 🙂

    • Betul sekali mbak,.
      Mindset adalah modal awal bagi para pemula dalam membangun toko online.
      Saat dalam kondisi seperti di atas, jika mindsetnya mati, ya seterusnya dia tidak akan menuai hasil yang bagus dalam toko onlinenya. Tokonya stop alias tidak ada perkembangan.
      Betul?