Sebagai seorang blogger, kecakapan atau skill apa yang Kamu merasa perlu terus ditingkatkan?

Ya betul. Ada banyak hal yang mesti dipelajari oleh seorang blogger. Tapi bagi saya, setidaknya ada 4 macam kecakapan yang perlu terus diasah oleh seorang blogger untuk mencapai kesuksesan. Yang jika Kamu tetap berusaha mengasah empat kemampuan itu, maka artinya Kamu telah siap menjadi meraih sukses sebagai blogger.

Apa saja keempat skill yang saya maksud? Berikut 4 kemampuan blogger yang perlu terus ditingkatkan:

1. Menulis konten berkualitas dan menarik pembaca

Tidak diragukan, inilah kemampuan dasar yang perlu terus Kamu asah agar mencapai tingkat tertingginya. Caranya? Paling mudah adalah dengan terus menulis!

Semakin banyak Kamu menulis, semakin baik kemampuan menulis Kamu. Usahakan, apa pun yang terjadi untuk menulis paling tidak 1 artikel per hari, syukur bisa lebih.

Selain itu, perbanyak membaca. Dengan membaca dan memperhatikan tulisan orang lain, akan semakin memperkaya gaya dan kemampuan menulis Kamu sendiri.

2. Kemampuan bersosialisasi dan menjaga hubungan baik

Jika kita perhatikan secara mendalam, segala hal tentang internet melulu berkenaan dengan sosialisasi dan menjaga hubungan baik.

Sebuah toko online akan berhasil jika menjaga hubungan baik dengan pelanggannya. Perusahaan layanan hosting, akan berhasil bila berhasil bila menangani pelanggannya dengan sentuhan personal dan layanan terbaik. Orang-orang akan mau membeli suatu produk, bila mereka mempercayai penjualnya, yang dibuktikan dengan pelayanan prima serta selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Begitu pula dengan sebuah blog. Semua upaya akan berhasil, hanya ketika Kamu telah berhasil menjalin dan membina hubungan baik dengan pembaca. Kamu akan mampu menjual apapun, merekomendasikan apapun, bila telah meraih kepercayaan dari pengunjung.

3. Motivasi dan disiplin diri

Mungkin Kamu berpikir bahwa ini bukanlah sebuah skill. Tapi, saya memasukkannya ke dalam daftar ini karena melihat banyak blog akhirnya gagal karena pembuatnya gagal menjaga motivasi dan mendisiplinkan diri sendiri.

Dalam hal ini, Kamu hanya perlu menemukan motivasi utama Kamu mengelola blog. Entah itu karena kecintaan Kamu dalam menulis atau lainnya, yang jelas Kamu perlu tetap termotivasi, atau blog Kamu akan segera mati.

Sama hal halnya dengan disiplin diri. Banyak blogger tidak cukup disiplin dalam mengelola blognya, yang pada akhirnya hanya akan menemui kegagalan.

Bacalah artikel-artikel tentang motivasi dan disiplin untuk terus memupuk dan menjaga keduanya, salah satunya bisa Kamu temukan di erudisi.com.

4. Menggunakan WordPress dengan efektif

Meski benar, Kamu tidak harus menggunakan WordPress untuk membuat blog yang sukses, nyatanya hampir semua blog yang berhasil menggunakan WordPress.

Dan dengan semua fitur yang ada pada WordPress, blog Kamu akan lebih mudah berkembang lebih jauh. Karena itu Kamu perlu terus meningkatkan kemampuan untuk menguasai dan menggunakan WordPress secara efektif.

Nah, itu lah 4 kemampuan atau skill yang perlu Kamu jaga dan tingkatkan sebagai blogger. Sukses selalu.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

17 Komentar

  • Saya sangat suka dengan Paragraf 1 sampai 3, saya jadi ingat tentang cerita guru saya jikalau kamu sedang ingin menulis Cerita atau novel tulis lah apapun itu sebnyak mungkin jika sudah banyak baru kamu koleksi sama seperti bi membuat artikel kita hanya di pusingkan dengan bagaimana sih membuar artikel agar ranking 1 padahal salah satu faktor untuk mendapat rangking di serp adalah dengan sering menerbitkan artikel.

  • Mas Gee, aku punya blog di blogger dan udah beli domain .com. aku pilih hostingan tetep pakai blogger soalnya free dan bandwidht gede. kalau untuk wpp sendiri buat hosting gimana ya, mas?

  • apakah mimin serius blogger blogger sukses rata rata pakai wordpress ? : (
    blog saya saat ini belum ada apa apanya mas apakah bisa kalau mengawalinya dari blogger tapi suatu saat nanti semua artikel di pindah ke wordpress ? pindah bukan bikin baru..

    • Tentu saja bos. Tdk msalah. Sebenernya menggunakan blooger sama sekali tdk msalah. Banyak jg blog populer yg memakai blogger. Meski memang dg wp, blog dapat lebih mudah dikembangkan lebih jauh

  • Poin #2 saya ngga bisa dan perlu banyak belajari. oh ya, Poin #1, 3 dan 4 juga masih belajar dan perlu terus membaca blog ini 😉

  • Saya selalu berusaha dan belajar untuk mengembangkan kemampuan saya dalam menulis konten yang berualitas dan sesuai permintaan pasar mas Gee.

    Untuk itu setiap hari jarang sekali saya lewatkan untuk menulis meskipun hanya satu atau dua paragraf.

    O iya, apa iya blog sukses hanya pake WP mas?

    • hanya gak mengatakan spt itu bos. mungkin banyak jg blog top yg menggunakan platform selain WP. tapi nyatanya sy melihat blogger top baik luar negeri maupun lokal, semuanya menggunakan wp. jadi pindah ke wp, menurut sy adalah sebuah langkah penting untuk mengembangkan blog lebih berhasil.

  • Saya Belajar, dari Mas Gee Jhon masalah tulisan 😀 dan saya masih mencari gaya menulis saya pribadi.

    Pokoknya blog ini salah satu inspirasi saya deh,, mksh bayak mas Gee Jhon, cuma bisa kasih 1 klik.. hahah

    Untuk Poin yang ke 4 memang saya lagi dalam masa proses persiapan,

    “Dan dengan semua fitur yang ada pada WordPress, blog Anda akan lebih mudah berkembang lebih jauh. Karena itu Anda perlu terus meningkatkan kemampuan untuk menguasai dan menggunakan WordPress secara efektif.”
    it’s true,,, saya kebanyaknan melihat Blogger sukses dengan WordPress.

    Thanks a Lot Mr Gee Jhon.

    • sama2 bos Heri…. dan ya memang betul, hampir semua blog top menggunakan wp. jadi bila kita ingin mengikuti jejak mereka, sebaiknya segera pertimbangkan untuk menggunakan wp juga. 🙂