Blogging Dasar

5 Hal yang Akan Membuat Pengunjung Bosan dengan Blog Kamu

Ada beberapa hal yang akan membuat pengunjung blog Kamu bosan dengan artikel yang Kamu tulis. Hal ini salah satunya karena Kamu sering melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang membuat pengunjung bosan.

Berikut saya jelaskan 7 hal yang akan membuat pengunjung bosan dengan blog Kamu.

1. Menjadikan blog seperti buku harian

Artikel yang Kamu buat hanya menceritakan kisah sukses Kamu, cerita Kamu berlibur kesana-sini, atau Kamu hanya bercerita tentang sahabat, pacar ataupun keluarga Kamu.

Postingan seperti ini, tentu saja akan membuat pengunjung bosan membaca artikel di blog Kamu dan pergi begitu saja.

Boleh-boleh saja menceritakan tentang sahabat, pacar, keluarga ataupun kisah sukses Kamu, tapi jangan melakukannya terlalu sering. Akan lebih bagus jika Kamu menceritakan hal-hal di atas tapi selalu diselipi dengan tips-tips atau pelajaran menarik yang bisa dibagikan kepada pembaca.

2. Jarang terbitkan artikel baru

Jarang memposting artikel baru, salah satunya disebabkan karena Kamu sering membuat artikel panjang, atau dengan kata lain artikel yang dibuat Kamu usut sampai tuntas dalam satu artikel.

Artikel pendek (dalam banyak hal) lebih bagus, asalkan masih relevan dengan topik blog Kamu sendiri. Beberapa artikel pendek untuk satu topik bahasan atau yang lebih jelasnya artikel bersambung akan lebih baik. Ini akan membantu Kamu bisa lebih sering menerbitkan artikel baru.

Ini sangat penting dalam rangka membangun lalu lintas kunjungan. Jika satu topik dibahas dalam satu artikel yang panjang, maka (cenderung) akan membuat pengunjung blog bosan membacanya.

3. Pembaca bingung topik atau tema apa sebenarnya yang Kamu bahas.

Tidak ada topik atau kategori blog yang menjelaskan Kamu sedang membahas apa. Pembaca hanya bisa mengira-ngira dan menebak-nebak tentang topik atau tema apa yang sebenarnya Kamu bahas.

Gimana pengunjung nggak bakalan pergi, kalau dia baca tidak tahu apa topik yang sebenarnya dia baca. Untuk itu, sebelum memposting suatu artikel baru, jawab dulu dua pertanyaan ini:

– Apa manfaat yang akan pengunjung dapatkan dari membaca artikel Kamu?
– Apa pesan utama yang menjadi fokus untuk Kamu sampaikan?

4. Kamu tidak tahu topik apa yang sedang trend

Jika Kamu memposting artikel dengan topik atau tema bahasan yang sudah basi, pasti akan ditinggal oleh pengunjung. Pengunjung tidak mau membaca artikel yang topiknya tidak tren atau sudah ketinggalan zaman.

Kunjungi blog-blog lain yang relevan dan topik yang dibahasnya sedang tren. Belajarlah dari blog tersebut, karena Kamu berkemungkinan besar akan mendapatkan ide-ide baru untuk posting Kamu berikutnya.

5. Isi blog selalu tentang berjualan

Bila Kamu termasuk blogger yang blognya untuk berjualan online baik itu produk, software maupun ebook dan lain sebagainya, lalu Kamu selalu memposting artikel tentang berjualan produk, maka hal ini akan membuat muak para pembaca.

Jika hal ini terjadi terus-menerus, akan membuat pengunjung Kamu kabur tak tahu kemana.

Sebaiknya blog Kamu diselingi dengan artikel-artikel lainnya tapi masih relevan dengan apa yang Kamu jual.

Itu lah beberapa hal yang akan membuat pengunjung dan pembaca blog Kamu pergi dan kecil kemungkinan akan kembali lagi.


Catatan Admin PortalUang:
Artikel pendek dan artikel panjang, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Artikel pendek memang lebih mudah dibuat, ringan dibaca dan (mungkin) lebih disenangi selama memberi nilai kepada pembaca.

Tapi, artikel panjang pun bukan berarti tidak akan berhasil. Bagi mereka yang mencari informasi tuntas tentang suatu hal, jelas artikel panjang (yang membahas satu topik dengan tuntas) lah yang mereka inginkan.

Jadi, yang terbaik adalah mengkombinasikan keduanya. Misalnya dengan menerbitkan artikel pendek 4 kali seminggu, sedangkan artikel panjang cukup 1 kali saja. Cara lainnya juga bisa dengan membagi artikel panjang menjadi beberapa bagian, yang sering saya sebut dengan artikel seri.

Bila Kamu mengeksplor PortalUang, kesemua cara di atas saya lakukan. Kamu bisa temukan artikel panjang dengan lebih dari 4000 kata di PortalUang, sebaliknya Kamu juga akan temukan artikel pendek (bahkan super pendek karena hanya berisi 3 kata!).

Beberapa artikel lain terkait:

Tentang penulis

Dozi Adiguna

Dozi Adiguna

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

Tulis komentar

5 Komentar

  • meskipun artikel yang mas fajar anggap tidak bermutu … tapi selama itu unik … maka tetap bisa masuk google page one …
    termasuk yang dibahas mas dozi diatas …
    artikel pengalaman pribadi itu umumnya unik karena berbeda dengan orang lain semuanya …
    hanya saja ya itu … mungkin mendatangkan traffic yang sedikit ^_^

  • memang harus didasari rasa seneng. kalau ga, artikel ya pasti asal-asalan. Yang bagi saya masih menjadi misteri, kenapa sy masih menemukan artikel2 seperti itu yang bisa masuk Page One ya. Maklum saya masih niubi belum ngerti bagaimana google kerja