Satu cara mempromosikan blog paling sederhana namun efektif, adalah dengan memanfaatkan forum-forum online.

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah menemukan forum-forum yang berkaitan dengan niche blog, lalu membuat akun atau bergabung di sana. Pilih beberapa (2 – 3 forum) paling ramai di topik Kamu.

Setelah bergabung, pastikan Kamu melengkapi profil. Tulis biografi singkat, dan di banyak forum memungkinkan Kamu membuat signature, manfaatkan itu dan cantumkan link ke blog Kamu.

Setelah itu, Kamu tinggal ikut terlibat secara aktif. Bagikan informasi berguna dan berinteraksi dengan anggota lainnya. Maka ini akan membentuk image, kredibilitas Kamu dalam jangka panjang di topik yang Kamu geluti. Jika kontribusi Kamu cukup baik, orang-orang akan mencari tahu siapa Kamu sesungguhnya dengan sendirinya, dan itu artinya Kamu telah berhasil mempromosikan diri dan blog Kamu.

Satu kesalahan yang tidak boleh Kamu lakukan adalah menyebar link blog, nyepam di mana-mana. Semua orang benci spam! Ikutlah terlibat, tanpa harus terlihat Kamu hanya ingin berpromosi. Karena bila Kamu melakukannya, bukannya trafik yang Kamu dapat, justru Kamu sedang merusak reputasi dan kredibilitas sendiri.

Berinteraksi dan berkontribusi dengan baik, adalah cara yang baik dan benar mempromosikan diri dan blog Kamu melalui forum online.

Nah, sudahkah Kamu memanfaatkan forum untuk mempromosikan blog Kamu?

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

7 Komentar

  • Satu bulan terakhir saya selalu mengikuti blog ini Mas.. hehe.. Semoga terus berkembang. Manfaatin kolom komentar buat promosi blog ahhh 😀

  • apakah ikut aktif tapi mencantumkan link bila ada pertanyaan yang membutuhkan jawaban panjang termasuk spam gan ?

    terima kasih sebelumnya atas infonya

  • Wah ternyata bagus juga ya manfaatnya, selama ini saya jarang masuk forum karena malas.
    Terima kasih infonya, akan saya terapkan ifo yang anda kasih

  • saya mengelola forum kecil-kecilan,
    saya sepakat dengan tulisan diatas, jangan menyebar nyepam dimana-mana. kalau di forum saya, boleh mencantumkan signature. tetapi kalau ada yang nyepam (apalagi jud* dan obat terlarang). ya langsung …..banned