Menulis Artikel Tamu di Tempat Orang, Rugi! Benarkah?

Apakah Anda berpikir untuk menulis artikel tamu di blog orang? Akan tetapi Anda mengurungkan niat Anda, karena berpikir, ah gue yang capai nulis, dia yang enak terima hasil.

Ah, mungkin Anda perlu belajar sedikit tentang marketing.

Tahukah Anda betapa susahnya untuk memiliki trafik, mengumpulkan ribuan, jika tidak jutaan mata ke situs Anda? Apalagi kalau Anda bukan siapa-siapa. Kenapa juga orang mau baca tulisan Anda atau mau jadi penggemar Anda.

Padahal untuk memiliki blog yang ramai Anda atau situs Anda harus terkenal.

Cobalah buat 1 blog. Dan lihat berapa lama Anda bisa meningkatkan trafik Anda. Atau kalau Anda punya modal, cobalah hitung berapa banyak uang yang harus Anda gelontorkan untuk mulai mendapatkan traksi.

Ketika Anda bisa menulis tamu di blog orang, di situlah Anda bisa memotong biaya waktu dan marketing. Karena Anda bisa mendapatkan paparan.

Ibarat Anda perusahan kecil, lalu ikut pameran. Dalam 1-3 hari Anda bisa bertemu dengan ratusan calon pelanggan potensial. Efeknya tentu berbeda dibandingkan Anda hanya diam di kantor.

Tentunya ketika Anda memilih tempat untuk menulis tamu, jangan juga di tempat yang sepi seperti kuburan. Memangnya Anda ingin jualan sama hantu?

Namun perlu diingat, bahwa keberhasilan Anda menggunakan strategi menulis tamu juga ditentukan oleh kemampuan Anda memanfaatkannya. Ibarat laptop, di tangan seorang JK. Rowling bisa dihasilkan cerita bernilai triliunan rupiah, di tangan orang lain belum tentu.

Sama seperti kalau Anda mau menjual barang atau menawarkan jasa, untuk jangka pendek dan paparan, lebih baik Anda jual di tempat-tempat seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX atau pun dapur Uang yang menyediakan fasilitas pasang iklan gratis. Karena semakin banyak orang melihat barang Anda, semakin besar kemunginan barang itu akan terjual.

Apakah Anda pernah mendengar kalimat seperti, tidak peduli seberapa bagusnya barang Anda, jika tidak ada yang tahu, maka tidak akan ada yang beli. Demikian juga Anda. Mungkin Anda penulis yang hebat, punya ilmu yang canggih, akan tetapi jika tidak ada yang tahu, Anda hanya jadi seperti angin yang orang acuhkan.

Penutup

Menulis di blog orang lain yang sudah ramai, memberikan Anda paparan. Keuntungan ini Anda bisa dapatkan tanpa harus mengeluarkan waktu dan uang sebanyak kalau Anda berjuang sendiri.

Tergantung dari kebijakan pemilik blog, ada yang mengizinkan Anda memasang link, sehingga Anda bisa mendapatkan trafik balik, ada juga yang tidak. Jika diizinkan maka Anda juga akan mendapatkan manfaat dari sisi SEO.

Menulis tamu itu menguntungkan kedua belah pihak. Blog itu seperti acara TV. Penontonnya perlu diberikan konten-konten yang baru yang segar. Jika tidak maka mereka bisa kehilangan alasan untuk kembali. Dengan adanya penulis tamu, maka pemilik blog akan terbantu dari sisi itu. Selain itu tulisan itu akan melayani sang pemilik selamanya. Tulisan tamu yang bagus juga nantinya akan menarik mata-mata baru ke blognya si owner.

Saat ini saya tidak mau terlalu memikirkan trafik dari Search Engine. Bukannya tidak penting. Namun saya berusaha untuk mendapatkan trafik dari sumber-sumber lain. Saya yakin jika aliran trafik dari tempat-tempat lain lancar, maka otomatis, saya akan tampil sexy di mata mesin pencari. Karena itulah saya menulis di Portal Uang.

Bagaimana dengan Anda, yakin tidak mau menulis tamu? Manakah yang terpenting bagi Anda, memiliki trafik yang potensial ke blog Anda atau memiliki artikel bagus, namun tidak ada yang baca?

Tentang penulis

Juan Feju

Juan Feju

Pendiri situs pasang iklan dapur Uang. Punya barang baru/bekas yang ingin dijual, jasa yang ingin ditawarkan, properti yang ingin cepat laku atau disewakan? Pasang saja iklannya di dapur Uang. dapur Uang tempatnya BERJUBEL - Bertransaksi Jual Beli.

Tulis komentar

18 Komentar

  • Benar juta itu maaah… Terutama di blog-blog yang rame. Biasanya kalau kita menulis di blog tamunya, akan meningkatkan trafic blog kita juga. Tapi minta penilaiannya donk tentang blog saya yang ini…. konsultasipeternakan.blogspot.com

    Thank’s Before

  • Saya blm paham apa maksud dari tamu di blog orang, apakah itu sama halnya dengan meninggalkan jejak di blog tersebut ?

    • Semua pengunjung adalah tamu. TP yg dimaksud oleh bos Juan di artikelnya ini, adalah menjadi penulis tamu. Artinya sebagai tamu, anda menulis artikelnya di blog ini.

  • Trimakasih Mas,, Website ini asyik dan enak buat belajar, terutama tips SEO nya krena saya suka nulis tapi baru akhir2 ini saja belajar tentang CEO. dan mulai nulis dengan tuntutan CEO.
    Berminat kalau boleh jadi kontributor.
    Trimakasih

    • Sama2 bos. Terima kasih pula atas apresiasinya. Tuk menjadi kontributor/author, silakan buat akun di PU, pilih kontributor tuk jenis akunnya. Setelah bisa langsung menulis di PU.

  • Saya belum pernah jadi penulis tamu mas. Tapi ada rencana juga sekali-sekali mau coba. Namun masalahnya masih belum PD karena tulisan saya masih acak-acakan

    • Ilmu SEO opo… Menulis di blog orang dan mendapat link itu juga sudah bagian dari ilmu SEO, yaitu menghasilkan backlink.

      Kalau penargetan kata kuci ya itu plus saja.

      Yang dicari itu sebernanya adalah paparan. Sehingga dari paparan, itu Anda bisa dapat trafik. Kalau sudah lebih profesional Anda siapkan mailing list. Agar saat mereka datang, mereka subscribe/berlangganan, email mereka bisa ditangkap. Berikutnya Anda buat artikel, Anda bisa kirim ke mereka lewat mailing list, dan trafik itu kembali lagi.

  • Bukannya tidak mau menjadi penulis tamu….tapi masih belum PD menjadi seorang penulis tamu. Tulisannya masih kayak anak SD…..he…he

    • Hehe.. yaa memang sih untuk menulis di tempat orang itu harus ada pengetahuan dan skill tertentu yang cukup layak untuk dibagikan ke orang. Saya juga pernah nyoba nulis untuk blog bule problogger. Tidak dapat tanggapan :D. Setidaknya saya sudah coba.