Menulis Konten

Menulis untuk Blog Sendiri: Itu Lebih Baik!

menjadi penulis blog

Saya menulis artikel ini untuk mereka yang menghasilkan uang dengan menjadi penulis artikel lepas.

Apakah itu hal terbaik yang bisa dilakukan? Apakah mereka mendapat cukup banyak uang dengan melakukan pekerjaan itu? Apakah dengan cara itu bisa menjamin kebutuhan di masa depan?

Memang tidak ada salahnya menjadi penulis lepas, bahkan saya sendiri masih saja menerima beberapa job content writer sampai sekarang, meski tidak sesering dulu.

Alasannya satu: saya mendapati bahwa full menjadi penulis lepas, bukanlah strategi terbaik yang bisa saya Andalkan sebagai sumber penghasilan. Ternyata ada strategi yang lebih menjanjikan dalam jangka panjang, yang bisa memberi hasil jauh lebih besar dibanding hanya sekedar menulis lepas untuk website atau orang lain.

Sebelum saya membahasnya, ada baiknya saya kemukakan terlebih dahulu: mengapa semua website butuh penulis konten?

Ya, karena search engine menyukai website yang kaya konten. Karena itu, banyak pemilik bisnis rela mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk mendapatkan konten berkualitas dari para penulis konten Kamul, agar bisa bersaing di hasil pencarian dan meraih ranking lebih baik.

Lebih jauh, bukan hanya masalah mesin pencari, website yang kaya konten juga berpeluang lebih besar untuk sukses, apapun jenis bisnisnya.

Maka dari itu, mereka berpikir sederhana. Investasi sekali (dengan membayar artikel Kamu), dan mendapatkan manfaatnya selamanya. Namun dari sisi Kamu sebagai penulis, sekali membuatkan artikel untuk mereka, Kamu tidak memiliki otoritas dari karya Kamu. Dengan kata lain, Kamu telah ‘menjual’ kerja keras Kamu dengan hanya $2 – $20/artikel! Tidak lebih!

Tapi mengapa banyak orang mau melakukannya?

Karena kebanyakan orang menginginkan hasil instan. Inginnya menghasilkan uang dengan cara secepat mungkin. Mereka tidak memiliki kesabaran dan keuletan yang cukup untuk berinvestasi.

Mengapa Kamu tidak menulis di blog sendiri?

Maka dari itu, mengapa Kamu tidak menulis untuk blog sendiri? Kamu tidak perlu membayar penulis seperti mereka membayar Kamu bukan? Menulis artikel di blog sendiri, sama seperti sebuah investasi. Jangan menukar kerja keras Kamu untuk hasil singkat yang tidak seberapa.

Betul, di awal Kamu akan butuh bekerja (sangat) keras. Kamu harus memiliki strategi blogging. Mempelajari segala aspek blogging, mulai dari memilih topik, menentukan nama domain, menyewa hosting, SEO dan banyak lagi.

Kamu tidak boleh memikirkan profit di awal. Cukup bekerja keras membuat konten berkualitas secara teratur, berusaha meraih rank cukup baik di mesin pencari dan seterusnya.

Di awal-awal, Kamu mungkin hanya akan mendapat beberapa sen, jauh lebih kecil dibanding menjadi penulis lepas. Tapi bisa dipastikan, dalam jangka panjang blog Kamu akan memberikan hasil jauh lebih besar dan terus-menerus.

Berikut beberapa hal yang dapat Kamu raih dengan membangun blog sendiri dibanding hanya sekadar menjadi penulis freelance:

  • Popularitas
  • Pendapatan dari Ads-Network (Adsense atau lainnya)
  • Pendapatan dari afiliasi
  • Pendapatan dari iklan mandiri
  • Menjual produk langsung yang berhubungan dengan niche Kamu.
  • Dan ada lebih dari 100 cara lainnya untuk menghasilkan uang dari blog.

Kesempatannya, hampir tidak terbatas!

Kesimpulan
Bila saat ini Kamu menjadi penulis freelance, yang menjual artikel untuk website lain, Kamu harus mulai memikirkan untuk fokus menulis di blog sendiri.

Kamu tidak harus berhenti seketika menjadi penulis freelance, untuk menjaga pendapatan Kamu terhenti secara tiba-tiba. Tapi pastikan bahwa Kamu siap berinvestasi waktu dan kerja keras untuk membangun blog sendiri. Karena itulah aset yang akan memberi hasil jangka panjang sebagai seorang penulis.

Bagaimana pendapat Kamu?

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

8 Komentar

  • Muanteb mas, rencana mau jadi penulis freelance, tapi kalo dipikir – pikir sayang juga ya. Terima kasih advicenya, sangat bermanfaat.

  • saya sepakat dengan tulisan ini. Menulis untuk orang lain hanya akan memberikan keuntungan jangka pendek, sedangkan menulis untuk blog sendiri membuka peluang untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang..

    Artikel yang kita tulis untuk blog lain bisa saja dihargai dengan $20-50 dan tidak memberikan apa-apa lagi. Sedangkan Artikel yang kita tulis sendiri dan dipasang di blog sendiri berpotensi menghasilkan $100 lebih jika memang berkualitas.

  • Memang, menulis untuk blog sendiri itu lebih baik, juga ada rasa puas kalo blog itu menghasilkan uang. Jadi engga sia-sia

  • Setuju mas Gee, menulis untuk blog sendiri itu akan lebih baik bagi kita untuk kedepannya. Yah, meskipun sekarang ini kita harus bekerja keras dan menghabiskan banyak waktu/ biaya, namun tak dapat dipungkiri bahwa kesuksesan nantinya akan tercipta. Bukankah blogger-blogger yang sukses memang harus berjuang dan tertatih-tatih?

  • Sama bang, saya lebih suka nulis di blog sendiri.
    Meski materinya gak fokus atau gado2, ada kepuasan sendiri jika bisa menulis di blog sendiri

  • Benar sekali mas.. apalagi seperti saya yang masih pemula di dalam dunia blogging, karena masih kendala didalam membuat konten, apalagi ketika malas tiba..

    makasih atas artikelnya yg keren 😀