Tantangan #12: Mengedit Posting Lama secara Acak

Posting lama, sama pentingnya bagi pembaca yang baru pertama kalinya berkunjung ke blog Kamu. Karena itu, ia sama  bernilainya dengan posting yang lebih baru.

Nah, jika Kamu sudah ngeblog beberapa lama atau mungkin bertahun-tahun lalu, tentunya ada banyak hal di mana Kamu mendapatkan informasi terbaru, kemampuan baru, keterampilan baru atau bahkan gaya dan cara Kamu menulis pun sudah jauh lebih meningkat dibanding  2 tahun lalu.

Dan hari ini, ketemu lagi dengan seri Tantangan Blogging PortalUang, yang menantang Kamu untuk melakukan editing 3 pos lama secara acak dalam waktu 1 minggu.

Kamu bisa meneruskannya di minggu kedua, ketiga dan seterusnya, jika mau. Atau menjadikan itu sebuah kebiasaan, di mana Kamu meluangkan waktu untuk menengok dan memperbaiki 3 posting lama dalam seminggu. Sungguh ini sebuah kebiasaan baik yang akan mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas blog Kamu dari waktu ke waktu.

Kamu bisa memulai dengan memanfaatkan kotak pencarian di blog Kamu sendiri, ketik saja apa yang terlintas di pikiran. Lalu ambil salah satu artikel di hasil pencarian. Bacalah dengan teliti lalu editlah untuk alasan-alasan seperti di bawah ini:

1. Tata bahasa
Bacalah dengan teliti seluruh teks untuk menemukan salah ketik (typo). Gunakan spelling checker bila perlu. Temukan ejaan atau tanda baca yang tidak sesuai, dan sebagainya.

2. Perbaiki link
Klik semua link yang ada di artikel, dan lihat apakah masih seperti semula. Jika ada link mati atau halaman yang ditautkan telah berubah tidak seperti saat awal Kamu menautkannya, perbaikilah.

3. Bersih-bersih
Tidak ada sesuatu yang sempurna sehingga tidak bisa dibuat lebih baik lagi. Lakukan perbaikan kecil di sana-sini. Ganti kata yang lebih baik. Mungkin ada kalimat yang bisa diringkas. Pindahkan paragraf agar lebih sistematis dan ringan, atau pecah paragraf panjang menjadi beberapa bagian.

4. Perhatian lebih pada pembukaan
Waktu awal-awal belajar menulis, saya sangat sering tergoda untuk membuat pembukaan yang panjang, bertele-tele untuk sampai langsung ke poin utama. Seiring pengalaman menulis Kamu, jika bisa, buatlah pembukaan yang simpel, agar lebih cepat sampai ke poin utama.

5. Apakah poin utama tersampaikan dengan jelas?
Lagi-lagi, seiring keterampilan dan pengalaman menulis, Kamu saat ini tentu lebih mampu menuangkan ide pokok tulisan dengan cara lebih ringkas dan jelas. Nah, gunakan itu untuk memperbaiki posting lama Kamu.

6. Tambahkan link
Saat awal-awal menulis, Kamu mungkin tidak memiliki banyak posting lain yang bisa ditautkan, atau mungkin malas dan tidak menyadari betapa pentingnya membuat internal link. Nah, saatnya Kamu memperkaya posting lama dengan menambahkan link yang relevan.

7. Menambahkan atau mengganti gambar
Apakah gambar yang digunakan di dalam posting masih relevan dan sesuai? Jika saat itu Kamu hanya asal menambahkan gambar tanpa pertimbangan khusus, saat ini Kamu sudah lebih matang dan mungkin memiliki ide yang lebih brilian untuk memperkaya artikel dengan gambar yang lebih baik. Tambahkan, ganti, atau mungkin buang saja gambar yang tidak berguna.

8. Relevankah artikel ini?
Apakah artikel ini masih relevan dengan topik blog Kamu? Mungkin di awal-awal Kamu menulis tentang apa saja, kemudian mulai memikirkan niche blogging. Apa harus dibuang saja? Diperbaiki, diperbarui dengan informasi terkini?

9. Apakah ia masih menyampaikan apa yang benar-benar ingin Kamu sampaikan?
Seiring waktu, mungkin saja Kamu merubah cara dan gaya blogging Kamu. Periksa, apakah artikel ini masih mencerminkan pribadi Kamu saat ini? Apakah bisa dibuat lebih baik sesuai ‘gaya’ Kamu saat ini?

Itulah beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan saat Kamu mengedit posting lama. Setiap orang mungkin punya daftar alasan berbeda dan tak terbatas untuk memperbaiki tulisan Kamu 2 hari lalu, atau 2 tahun silam. Pastikan bahwa seluruh konten Kamu tampil dengan performa terbaiknya.

Nah, bagaimana sudah menangkap apa yang saya maksud dan siap menerima tantangan ini?

Ayo, blogging itu menyenangkan dan akan lebih menyenangkan lagi, bila Kamu bermain-main dengan tantangan. Sukses selalu.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

11 Komentar

  • mau usul saran kalo boleh. Sekali waktu buat lomba “cek kesalahan penulisan”, misalnya di blog agan ini, agan buat lomba siapa aja boleh ikut untuk cek kesalahan penulisan artikel2 yg ada dalam blog ini. Yang paling banyak menemukan kesalahan (sekecil apapun kesalahan penulisan itu) dialah pemenangnya, tentunya dalam kurun waktu tertentu….

  • Yang point nomor 2 Mas Gee…
    Ingin memperbaiki link (dahulu link inbound-nya saya hapus semua)…
    Pengen di cicil sedikit-sedikit…
    Salam,

  • Boleh juga nih mas gee,,, tantangannya….oke saya akan ikut tantanganya. Saya juga ingin tau seberapa kemampun saya dalam otak atik pos lama.

    Oh ya mas gee, cara daftar keforum portal uang bagaimana caranya.?

    • Ok silakan bos, ikuti jg tantangan lainnya. Tuk gabung ke forum, langsung aja daftar bos, linknya ada di top bar, plih member tuk jenis akunnya. Konfirmasi email dan langsung login dan berpartisipasi di forum.

      • saya belum berhasil nih mas gee dalam menjalankan tantangannya.

        Ternyata cukup sulit… Saya cuman bisa mendaur ulang 1 postingan saja….

  • Wah ini memang sering saya lakukan mas demi menajaga relevansi setiap artikel blog saya guna mencapai target yaitu kepuasan dan kenyamanan bagi sipembaca thanks mas gee salam.

  • Saya kira penjelasan dalam artikel ini cukup jelas dan saya selalu melakukan editing atas posting lama agar semakin terlihat rapi dan up todate informasinya…sebab ada posting yang udah lebih 1 tahun malah masuk page one google, jadi bahasanya masih acak2an dan sekarang udah lumayan.

    Makasih atas sharingnya