Cara Meningkatkan Earning Adsense dari Pakar Google Singapura

Anda blogger? Pastinya Anda dan saya ingin sekali meningkatkan earning Adsense dari blog. Sudah banyak cara dan tips yang kita peroleh, baik itu hasil eksperimen maupun dari blog-blog lain namun hasilnya masih nihil. Banyak sekali sebab kenapa earning Anda tak kunjung naik, selain faktor utama yaitu trafik, hal lainnya  pun gak kalah penting, salah satunya adalah penempatan iklan.

Nah untuk itu saya akan sedikit berbagi cara meningkatkan penghasilan Google Adsense yang saya peroleh dari pakar Google Adsense Singapura. Cara ini saya peroleh langsung dari email pegawai Google Singapura bagian monetisasi. Mungkin sebagian besar para blogger juga pernah mendapatkan email macam ini.

Awalnya saya dihubungi pihak Google lewat jalur telepon. Namun karena kebetulan nomor HP sudah diganti pada Dashboard akun Google Adsense milik Saya, panggilan telepon pun tak kunjung berdering. Akhirnya email lah menjadi jalan terakhir.

Pada awalnya saya sendiri cukup terkejut mendapat email masuk dari tim monetisasi Google Adsense. Saya kira akun saya bermasalah dan bakalan segera dieksekusi untuk dibanned. Tapi ternyata itu dari Mbak Cristalita Sujudi kalau gak salah namanya. Salah satu orang Indonesia yang bekerja di Google Singapura bagian Monetisasi. 😀

Tujuannya pun bukan untuk mengeksekusi akun saya, namun untuk membantu saya meningkatkan penghasilan Adsense. Uwauu… mantap 😀

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, pastinya banyak blogger yang sudah mendapatkan email demikian termasuk Bos Gee sendiri. Namun tidak salah juga kan saya share pengalaman dan tips buat Anda yang belum sempat dapat email demikian. Ya, karena berbagi itu indah…

Tapi sayang beribu sayang, Saya tidak sempat mendengarkan suaranya langsung dari sang master. Kemungkinan saat panggilan telepon kedua, HP saya error apa bagaimana juga tidak tahu. Haduh Nasib-nasib…. 🙁

meningkatkan earning adsense dari pakar google

Tapi sebagai gantinya email “ajian-ajian mbah” pun masuk yang isinya tips meningkatkan penghasilan Adsense Saya. Dan berikut tips yang disarankan:

Peletakan iklan:

  1. Saran saya adalah untuk menggunakan 1 unit iklan responsive di bagian bawah menu bar navigasi, serta 2 unit ukuran 336×280 di bagian tengah artikel dan bawah artikel.
  2. Untuk website Anda yang eruidisi.com sudah eligible untuk menggunakan Matched Content Unit, yaitu fitur yang baik digunakan untuk dapat meningkatkan pageview pada website. Untuk posisinya biasanya baiknya diletakkan di bagian bawah artikel.
  3. Saya sarankan juga untuk Bapak mencoba menggunakan sampai dengan 3 unit iklan tautan / link ad unit per halamannya dengan ukuran responsive.

Peningkatan pageview:

  • Untuk selalu melakukan update content website Anda secara konsisten dan teratur. Dan juga untuk terus memiliki konten yang original dan unik.
  • Untuk menggunakan video dan foto untuk menarik minat pengunjung website.
  • Saran ketiga ini adalah untuk selalu memiliki mobile friendly website (seperti mobile optimized site/responsive web design). Untuk ini website Anda sudah memiliki responsive web design.
  • Anda dapat melakukan promosi website Anda melalui social media seperti Facebook dan/atau messaging media seperti LINE. Untuk Facebook, dapat melakukan sharing video di timeline fanpage agar dapat menarik minat pengunjung untuk melakukan like dan sharing.
  • Untuk cara terakhir Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk memahami lebih lanjut mengenai pengunjung website Anda. Anda dapat mengerti lebih lanjut mengenai demografi, waktu di website, laman mana yang ditinggalkan oleh pengunjung paling cepat dan laman mana yang paling sering dikunjungi. Dengan informasi ini Anda dapat melakukan targeting, perbaikan pada content website Anda atau melakukan promosi dengan lebih baik dan benar.

Setelah saya menerapkan dan mengamalkan wejangan dari mbah tersebut, Alhamdulillah pendapatan saya naik menjadi 300%. Mantaaappp…. Bagaimana ikut mencobanya juga?

Tentang penulis

Captain Iwan

Captain Iwan

Blogger cantik itu infoku. Dahh itu aja,, :-D

99 Komentar

  • terimak kasih admin, saya akan mencoba menerapkan cara peletakan iklan dan trik meningkatkan pageview blog yang dipaparkan di blog ini. Yang menjadi kendala harus belajar banyak adalah meningkatkan pageview, karena pageview adalah penentu dalam keberhasilan peningkatan pendapatan google adsense, Thanks admin. Allah Memberkati Sekeluarga

  • Mantap informasinya gan, tapi memang untuk umur blog yang masih sekitar 1,5 bulan page view belum konstan 200 gan, mungkin harus bersabar beberapa bulan lagi ya gan hehe

  • Apakah cara diatas masih bisa digunakan saat ini ? mengingat sekarang para pembaca sudah pintar mengetahui mana postingan dan mana iklan.

  • waaa. coba dulu mantrane mbah dari singapura nih.. doain berhasil kang … pengen cepet po nih

  • semua itu sudah dilakukan, hasilnya tetep segede uvil, itulah adsense indo, mudah2 dimasa depan adsense indo bayaran manusiawi, aamiin.

  • saya buka page ini pake semarprek kok iklannya gak keluar ya
    tapi kalo saya buka pake isp lain kok iklan bisa keluar

    apa yang terjadi sama semarprek

  • cara meningkatkan earning adsense tentunya butuh Artikel Yang berkualitas SEO kan gan?
    tapi mengapa ada situs mengatakan bahwa kita harus lupakan SEO, sementara hal tersebut adalah hal yang paling diunggulkan dihalaman google.
    sementara SEO lah yang paling kita utamakan sebagai penulis blogging, masalah trafik itu baru bisa belakangan.

    ada yang berkata “Fokus untuk menulis”. Pertanyaan…
    apakah fokus menulis sama SEO itu berkaitan erat mas?

    salam

    • istilah SEO sendiri kerap dipandang terlalu sempit. menulis banyak artikel, itu juga merupakan upaya SEO. menulis artikel yg baik, yg dibagikan scr sukarela oleh pembaca (krn mereka puas, terhibur dan senang), itu upaya SEO.

      jadi menurut Anda, SEO itu apa?

      • seo adalah Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization yang dilakukan oleh pengunjung.

        tapi kenapa sekarang ini, situs – situs berkata bahwa untuk lupakan SEO? sementara menulis artikel yang menarik dan berguna untuk orang itu disebut seo juga.

    • Benar, SEO adalah optimasi mesin pencari. TAPI!! ohh ada tapinya, banyak pemula yang salah dalam penerapan SEO, dan web yang berkata demikian itu ditujukan untuk pemula.

      Anda merasa Expert??? ya gak usah dengar kata orang,

  • wah mantap sekali informasinya, saya sering baca artikel di blog ini. smoga kedepannya ada informasi yang lebih menggigit lagi

  • maknyus mas john portal uang. semoga setelah saya ditrima ga bisa ikuti jejak mas..
    thanks tipsnya

  • okeyy informasi mantap.. memang sangat benar yang terutama adalah content dan kualitas website agar visitor betah lama dan banyak action klik serta pageview pada website kita agar earning meningkat

  • Mas mau tanya…kan aku sudah sincron kan Youtube saya di google adsense..
    apakah nantinya pendapatan dari youtube di gabung sama pendapatan dari blogger kita di adsense???

    salam

  • saya daftar adsense lewat blog gak diterima, tetapi pake akun youtubeku diterima.. apakah itu bisa untuk blog juga ya?? ada yang tahu??

  • kalo kita bikin artikel copy gambar dari blog/website orang lain tapi menyertakan alamat blog/website mereka itu termasuk pelanggaran hak cipta bukan ya? terimakasih

  • wah,,sampai skarang saya belum pernah dapat akun adsense,,semoga kali ini berhasil amin ya Allah

  • sekarang main google adsense susah banget ya… dulu sebelum ada google panda gampang banget

  • Update konten apakah berpengaruh signifikan mas? berapa minimal artikel yang harus kita punya, agar adsense stabil? mohon pencerahannya

    • ya betul bos, bagaimanapun konten baru adalah satu yg membuat orang kembali lagi. klo masalah jumlah artikel tuk stabil, sy kira ada di angka 1000-an.

  • Ukuran size iklan juga berpengaruh yah gan, tambah ilmu lagi nih ane.. makasih banyak 🙂

    • cpc memang lagi melorot bos, dan kalau dari pengalaman sy, umur akun, trafik, dan popularitas blog itu faktor2 yg menentukan nilai cpc.

  • Update konten memang sangat krusial bagi keberlangsungan blog dan adsense. Namun semua blogger masih belum pasti berapa baiknya update konten. Menurut Portal-Uang bagaimana bagusnya masalah update konten?

    • tuk awal2, krn butuh akselerasi maksimum tuk perkembangan blog, 3 – 5 artikel per hari itu bagus. setelah trafik organik mulai diraih, bisa turunkan 1 hari 1, dan kalau bisa itu dipertahankan seterusnya. Tapi paling tidak, 1 bulan sekali harus ttp update.

      • Terimaksih atas jawabannya bang gee…tapi apakah update seminggu sekali akan berpengaruh juga pada rangking alexa dan indekk di google? mohon pencerahanya juga,

      • Terimaksih atas jawabannya bang gee…tapi apakah update seminggu sekali akan berpengaruh juga pada rangking alexa dan indekk di google? mohon pencerahanya juga. Oya sampai jumlah berapa ya mas stabilnya?

  • Bagi saya sih yang paling baik itu adalah meningkatkan pageview dan kualitas konten…

  • trik trik diatas memang benar sangat efektif, saya juga pernah menerapkannya dan hasilnya sangat memuaskan,terimakasih

  • Artikelnya membantu nih. Btw saya minta izin untuk ditulis ulang di blog saya ya mas, untuk mendokumentasikan pengetahuan saya. Untuk sumber referensi, akan saya beri backlink blog dari seo killer.

    Saya tunggu persetujuannya. Kalo sudah disetujui, baru saya posting 🙂

  • Bahagianya yang sudah sampai pada tahap Meningkatkan Earnign Adsense, saya punya akun saja masih belum. Keep making good post saja lah semoga nanti bisa menyusul teman-teman yang sudah sukses memonetisasi blog/web nya 🙂

  • Oohh..jadi ada aturannya juga ya…
    Makasih gan..pantesan pendapatan adsense saya kecil banget

  • terimaksih atas artikelnya….masih setia diposisi iklan: atas, bawah dan samping. itupun iklan gambar dan teks tanpa menambahkan iklan link

  • Wah saya mah daftar adsense saja belum gan! tombol daftarnya tidak bisa diklik, mohon bantuannya gan.

  • Kalau si boss enak ya dapet telepon/email langsung dari pihak adsense nya , kalau saya justru sebaliknya daftar adsense puluhan kali tapi selalu dapetnya penolakan 🙁

    • hehe sabar bos, pasti pada saatnya juga akan mengalami sendiri. saya atau penulis artikel ini, CUMA lebih dulu saja menjalankannya.

  • Mau tanya donk, bagaimana cara membuat unit iklan adsense responsive namun tingginya kita tentukan juga, seperti yang ada di paragraph 2 di setiap postingan portal-uang.com ini?

    Itu pasti kodenya diubah ya? boleh minta trik nya?

    Terima kasih…

  • wah, sangat bermanfaat banget tipsnya, oh iya sekalian nanya, apa blog saya udah memenuhi syarat daftar adsene atau belum ya mas ? soalnya saya sudah dua kali daftar dan ditolak semua.

  • Meletakkan unit iklan di bawah menu bar navigasi, belum saya terapkan…
    Jadi kepingin coba nih…
    Semoga earning semakin naik…
    Salam,

  • sangat membantu membuat strategi konten yg lebih baik. dan bisa meningkatkan pendapatan adsense.

  • Masukan yang bermanfaat. selain dari penempatan iklan yang tepat, untuk tips meningkatkan pegeview diatas saya kira sangat bagus.. content memang harus update rutin dan harus di perhatikan juga bahwa bahwa template seharusnya mobile friendly. Makasih bos sudah posting artikel ini.

  • Kalo kantor google di indonesia apakah tidak ada, sehingga harus jauh jauh telpon ke singapore?

  • sayangnya blog saya belum diterima sama mbh google mbak, hehehe… disimpen dulu deh tips2nya,,, :v

  • kalo untuk gogel analitycs adsense yutub gimana setinganya yah mas ? soalnya diakun adsense sya sudh ada pemberitahuan untuk pengoptimalan menggunakn gogel analiys

    • itu hanya menyarankan untuk mengaitkan akun adsense dg google analytic, agar lebih lengkap statistiknya, mulai demografi, lokasi, dan sebagainya. Dg mengetahui hal. mana yg paling banyak memberi pemasukan, kategori apa dan seterusnya diharapkan dapat membantu membuat strategi konten yg lebih baik. yg ujung2nya bisa meningkatkan pendapatan adsense.

  • maaf gan, ada kalimat diatas “1 unit iklan responsive di bagian bawah menu bar navigasi” maksudnya iklan adsensenya ditaruh dibawah menu dropdown yg dibawah header itu ya gan? Kalo betul apa gak bertentangan dengan ini “Hati-hati ketika menempatkan tautan, tombol putar, tombol unduh, tombol navigasi (misalnya, “Sebelumnya” atau “Berikutnya”), jendela game, pemutar video, menu tarik-turun, atau aplikasi di dekat iklan karena dapat menyebabkan klik tidak disengaja. Bahkan jika tata letak secara tidak sengaja menyebabkan klik tidak disengaja, penayang tetap dapat menerima pemberitahuan pelanggaran.” (sumber : support.google.com/adsense/answer/1346295?hl=id#top )

  • mas Gee maaf OOT, aku ingin balas di forum kok gak bisa ya???
    ada pesan “GALAT:balasan Anda tidak dapat diciptakan saat ini” 🙁

  • Adsense saya juga sudah mendapat bimbingan dari pihak google, sama persis sarannya seperti diatas cuman saya tidak disuruh tambahin iklan tautan , terima kasih atas tambahan info dari mastah diatas…kalo boleh minta alamat Google+ mastah ada yang saya mau tanyakan

  • waw cuckup mengesankan dan mnginspirasi tips dari mbk google tsb namun sayng adsense tak kunjung mang aprop blog saya haaha

  • Setelah saya terapkan, kalau saya ada peningkatan naik 40 ribu atau $ 4 masih kejar target gajian tiap bulan belum sampe-sampe.