Twitter Marketing Strategy

strategi marketing twitter

Kamu mungkin sudah mengenal Twitter cukup baik sebagai media jaringan sosial. Namun saat ini, penggunaan Twitter tidak terbatas pada aktivitas sosial, seperti chatting, mencari teman atau mengekspresikan pendapat saja, tetapi dunia bisnis juga menggunakan Twitter sebagai alat marketing.

Tidak seperti halnya menggunakan Twitter untuk kepentingan pribadi dalam beraktivitas sosial di dunia maya, penggunaan Twitter untuk bisnis diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk meraih pasar yang profitable.

Berikut strategi marketing untuk suksesnya kampanye pemasaran menggunakan Twitter:

Strategi Pemasaran Twitter

Identifikasi Profitable Keyword

Diperlukan riset kata kunci yang matang untuk menemukan profitable keyword. Tidak semua kata kunci akan memberi keuntungan kepada Kamu. Misalnya saja high paying keywords, kenapa advertiser berani membayar mahal untuk kata kunci tersebut?

Lakukan riset pasar pada setiap kata kunci yang Kamu temukan untuk mengetahui persaingan, kebutuhan pengguna dan peluang pemasaran Kamu. Ini wajib dilakukan agar kampanye pemasaran Kamu tidak menemui jalan buntu dan tidak menghasilkan apapun yang tidak sesuai dengan harapan.

Kembangkan Jaringan Twitter Kamu

Untuk menjangkau pasar berdasarkan hasil riset kata kunci yang Kamu dapatkan, langkah berikutnya adalah mengembangkan jaringan Twitter Kamu. Mulailah terlibat dengan berbagai percakapan, re-tweet, berbagi konten, foto dan aktivitas sosial lainnya.

Kamu dapat menargetkan pasar Kamu berdasarkan lokasi, gender, pekerjaan dan sebagainya. Untuk melakukan hal tersebut dengan benar, Kamu mungkin membutuhkan seorang Social Media Consultant yang profesional, yang akan memudahkan langkah Kamu menangani masalah pemasaran sosial media.

Membangun Reputasi dan Kredibilitas

Bedakan antara akun pribadi dan bisnis. Batasi keterlibatan Kamu dengan menghindari hal-hal yang menimbulkan konfrontasi. Pelajari dan hindari apa saja kesalahan dasar pemasaran yang paling sering dilakukan para marketer.

Meskipun tujuan Kamu adalah bisnis, tetapi jangan hanya posting tentang penawaran produk setiap hari, itu akan membuat follower Kamu muak dan kemudian un-follow Kamu, karena orang semakin pintar, mereka tidak suka disuruh dengan terang-terangan untuk membeli produk.

Pelajari perilaku konsumen untuk mengetahui lebih dalam tentang konsumen. Oleh karena itu, terlibat langsung dan berikan informasi yang bermanfaat kepada mereka untuk menstimulasi minat mereka untuk bertransaksi dengan Kamu. Selain itu, jangan hanya bicara tentang Kamu, tetapi luangkan waktu Kamu untuk memahami target konsumen Kamu.

Monitoring

Pelacakan sangat penting untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan strategi yang Kamu terapkan. Beruntungnya, Kamu tidak perlu berjibaku untuk memeriksa dan aktif di Twitter setiap hari. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Kamu untuk mengelola akun bisnis Kamu dan melakukan pelacakan otomatis, sehingga mempermudah sekaligus menghemat waktu Kamu.

Semua itu adalah beberapa poin penting dalam membangun strategi marketing dan Kamu harus berpikir sangat hati-hati sebelum Kamu memulainya. Cari tahu target pasar Kamu, buat akun yang dirancang dengan baik, terlibat dengan audiens, dan pada gilirannya bisnis Kamu akan menjadi lebih menguntungkan.


Tentang Penulis
Jonathan adalah seorang Web Manager, yang lingkup kerjanya meliputi SEO onpage dan offpage. Ia telah sudah menerapkan berbagai strategi pemasaran online, yang saat ini diterapkan pada sebuah toko online yang menjual bibit buah.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

3 Komentar

  • Hem… Twitter memang bisa di jadi kan tempat yang tepat….

    Haha tapi saya sendiri nggak terlalu aktif di twitter….

    Karena jarang saya punya temen yang aktif di twitter…

close