3 Kesalahan Seorang Blogger Pemula yang Wajib Dihindari

Full time blogger

Manusia itu memiliki sifat akan lupa dan salah, itu memang bisa dimaklumi karena sudah jadi kodrat manusia seperti itu. Namun kita juga tidak boleh tinggal diam dalam kesalahan terus menerus.

Itu artinya kita harus bisa bangkit dari kesalahan, dengan cara memperbaiki setiap kesalahan yang ada pada diri kita. Karena sebaik-baik orang ialah yang belajar dari kesalahan dan tidak lagi mengulangi kesalahan tersebut.

Demikian pula dengan seorang blogger, tentunya punya kesalahan yang sering kali dilakukan sehingga kadang kali itu membahayakan dirinya.

Lalu apa sajakah kesalahan seorang blogger pemula yang wajib dihindari? Silakan simak pembahasannya di bawah ini.

1. Banyak tanya sedikit tindakan

Kalo tanya sih ini dan itu ditanyain ke orang yang sudah expert Secara bertubi-tubi, selain itu beli e-book dimana-mana, ikut training ini dan itu, tapi mereka takan pernah mau bertindak.

Seolah olah ilmu yang telah dipelajari itu tak berguna, karena baru minim praktik dan belum ada hasil sudah menyerah tak berdaya.

Tipe orang seperti inilah yang bisa membuat orang gak bisa berkembang. Karena ilmu itu untuk digunakan bukanlah hanya dipelajari saja. Manfaatkan dengan baik orag yang sudah mau untuk mengajari kalian ngeblog hingga dapat duit.

2. Cari backlink kemana-mana dan promosi spam

Kesalahan Seorang blogger pemula selanjutnya adalah hobi nyari backlink tanpa mengurus membuat artikel berkualitas.

Kalo cari backlink sih kemana mana disaut, entah yang baik ataupun kurang baik. Nah semua itu biasa menjadi kebiasaan blogger pemula.

Backlink emang penting tapi jangan serakah, saya pernah menemui blog yang gak punya backlink tapi mereka memiliki banyak sekali visitor hingga ratusan ribu perharinya.

Itu tidak satu tapi banyak, mereka hanya mengandalkan kualitas artikel saja, dan hasilnya pun meraih tingkat pertama di Search engine.

Jadi jangan terlalu berpaut untuk mencari backlink kemana-mana, namun buatlah artikel sebaik-baiknya saja ya.

Selain itu promosikan blog Anda secara tepat dan tertarget agar bisa mendapatkan pengunjung yang loyal. Jangan pake bot auto post grup FB ya…

3. Terlalu mementingkan blog orang lain

Istilahnya itu memata-matai saingan, lihat backlink nya berapa, artikel berapa dan visitor nya banyak atau tidak, SEO nya bagus atau tidak dan sebagainya.

Itu sangat tidak baik. Lebih baik urus blog sendiri agar bisa menjadi besar seperti mereka. Karena terlalu berpaut kepada blog orang lain seringkali membuat kita gagal di tengah jalan.

Sekian penjelasan mengenai kesalahan seorang blogger pemula. Semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

Tentang penulis

Syarif Maulana

Maulana

Perkenalkan, Syarif Maulana dan biasa dipanggil Syarif. Saya hobi banget untuk writing. Selain itu saya juga mengelola Situs Belanja Online.

10 Komentar

  • Sebenarnya ada banyak lagi sih. Misal yang teknis:
    1. Sering gonta ganti template
    2. Copas
    3. Update tidak konsisten
    dll 😀

  • masukan Pak Bos biar lengkap diakhir artikel kasih kesimpulan apa yang benar yang dilakukan blogger pemula.
    biar kaya saya yg masih newbi tahu yang salah seperti itu yang benar seperti ini

  • Hallo Mas Gee Jhon ,

    Seperti biasa, artikelnya selalu menarik apalagi untuk seorang pemula seperti saya.
    Semoga blognya semakin maju dan selalu memberikan ilmu yang dahsyat!

    Salam hangat.

  • kalo membuat backlink dari blog dummy gimana mas gee? apakah sekarang masih ampuh?? mohon tips nya

  • sedikit tips, tapi ngena banget bang,,,jadi kalo kita terlalu mikirin orang lain enggak bakal fokusw kita ngeblog. meding nikmati tiap prosesnya….

  • banyak sekali akhi kejadian ky gitu, blog saya malah jarang diurus, mau bikin artikel, kepala agak nyut-nyutan, apalagi banyak komen, cuma sekedar buka – buka aja, ajarin sya akhi, hehe..akhi asli mana?.