4 Manfaat Guest Blogging yang Tidak Anda Dapat dengan Berkomentar

menulis artikelSetiap blog baru, perlu akselerasi maksimum demi perkembangan blog ke depannya. Mengisinya dengan konten berkualitas adalah hal utama. Tapi konten sendiri tidak akan berbicara banyak tanpa upaya promosi yang intens. Tanpa promosi, blog Anda hanya akan terkubur di antara ribuan blog gagal lainnya.

Salah satu media promosi blog baru, dan juga cara ‘memperkenalkan diri’, adalah dengan berkomentar di blog lain. Dan ya, berkomentar adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan diri dan meraih trafik.

Baca: Manfaat berkomentar.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada kegiatan blogging yang jauh lebih efektif dibanding berkomentar di sana-sini?

Ya, ada. Yaitu dengan menjadi penulis tamu. Yaitu Anda menulis artikel untuk blog lain. Dan berikut adalah 4 manfaat yang Anda dapatkan dengan menjadi penulis tamu, yang tidak bisa Anda dapatkan dengan cara berkomentar.

1. Trafik yang bagus

Jika Anda berhasil memilih blog yang tepat untuk menjadi penulis tamu di sana, Anda akan meraih trafik yang bagus. Bagusnya lagi, trafik ini adalah trafik yang sangat tertarget, karena mereka berkunjung ke blog Anda karena tertarik dengan tulisan Anda sebelumnya.

Meski berkomentar di blog lain, juga bisa mendatangkan trafik, tapi jika dibandingkan dengan guest blogging, jumlah dan kualitasnya jauh lebih rendah.

2. Kredibilitas

Manfaat lain dengan menjadi penulis tamu yang tidak bisa Anda dapatkan dengan berkomentar adalah kredibilitas.

Pembaca pada umumnya tidak begitu menaruh perhatian terhadap komentar, tapi mereka pasti akan memberi perhatian lebih terhadap konten. Jika Anda berhasil menulis artikel hebat dan dipost di blog yang telah cukup populer, kredibilitas Anda akan mulai diperhitungkan.

3. Jaringan

Saat memulai, hampir semua blogger merasa mampu melakukannya sendiri. Tapi seiring waktu, mereka mulai merasa perlu membangun jaringan atau melakukan kerjasama dengan blogger lainnya, dalam skala dan bentuk seluas-luasnya.

Anda tidak akan bisa meraih sukses besar sebagai blogger, jika bekerja sendirian. Dan peluang kerjasama itu dapat dimulai dari menjadi penulis tamu.

4. Eksposur

Blog Anda akan sukses jika ia mampu terekspos seluas-luasnya, kepada sebanyak-banyaknya orang. Dan tidak ada yang lebih memberi eksposur secara luas dengan lebih baik dibanding dengan menjadi penulis tamu, terutama menulis untuk blog yang telah memiliki basis pembaca yang besar.

Nah, dengan segala keuntungan dan manfaat menjadi penulis tamu, sudahkah Anda menjalankannya? Jika belum, apalagi saat ini Anda merasa perkembangan blog Anda masih tertatih-tatih, maka rencanakanlah sekarang juga untuk menulis tamu di blog lain. Dan rasakan sendiri manfaatnya.

Saran bacaan:
– Menulis Artikel Tamu di Tempat Orang, Rugi! Benarkah?
– Tips Menulis Artikel Pertama sebagai Penulis Tamu

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

22 Komentar

  • Setelah baca baca sedikit tentang manfaat menjadi penulis tamu,, saya melihat besar sekali manfaatnya mas. tetapi untuk memulai menjadi penulis tamu itu agak sulit mas.. pertama karna tulisan masih belum teruntut padu, masalah topik yang dibahas, kadang sulit mencari blog yang sesuai dengan basic keilmuan kita untuk yang akan ditulis sebagai penulis tamu.
    itu yang saya rasakan sih mas..

    tapi trimakasih mas.. artikelnya sangat bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan

  • siip gan Gee infonya trims,lama gk berkunjung ke salah satu blog fav,ku ini..sukses selalu tuk portal uang.

  • Wahh… semalem kepikiran jadi penulis tamu…
    Tapi masalah utama saya dan blogger2 pemula lainnya adalah rasa minder dan takut ditolak.
    nice share bang! Dampak penulis tamu emang lebih mantab dari komentar..
    rencana meh tak coba beberapa hari kedepan.. 🙂

    • guest blogging bukan mengejar link bos. sy ratusan kali menulis artikel di tempat orang, gak pernah memberi link ke blog saya di dalam artikel. tp sy berniat mengenalkan diri pada dunia, dan klo pun ada link, link itu berasal dari link author, beserta ket. web penulis.

  • Kadang kalo mau jadi penulis tamu sering mikir” bos. . .
    Apalagi kalo artikel ny bagus pasti mikir kenapa gak di posting di blog pribadi aja. . .
    Tapi kalo artikel nya jelek nanti malah reputasi kita jadi jelek 😀

  • thanks tips2 nya kang..

    sy juga kurang pede menjadi penulis tamu..
    karena emang merasa belum sempurna dalam merangkai kata perkata..

  • contohnya situs agan ini, artikel bagus, bermanfaat dan cocok buat tamu yang memang ingin mengembangkan blognya. hehhee

  • Masuk akal juga sih, tapi untuk menjadi penulis tamu yang handal, juga tidak mudah. Kita harus lebih giat belajar bagaimana cara menulis yang bagus. Saya rasa dengan membuat jaringan sesama blogger adalah ide yang sangat briliant. Mengingat kita mempunyai sisi sejarah yang sama

  • Sangat memberikan manfaat sekali gan. Tapi kadang mau menjadi penulis tamu masih malu gan, sebab masih belepotan.

  • apakah portal uang masih menerima guest blogging pak ge? dulu ane pernah lihat gitu,, mau gabung cuma belum punya akun non hosted waktu itu.. 😀

  • Hem… Menjadi penulis tamu bagi saya masih sangat kabur di mata saya…..

    Sebenarnya sudah banyak membaca tentang penulis tamu….

    Rasanya berat mas mau mulai action…..