Pentingnya Integrasi Antara Adsense dengan Analytics

Google adsense dengan google analytics merupakan dua hal yang saling terpisah satu sama lain dan memiliki fungsi lain pula. Tapi keduanya merupakan produk google yang memang diciptakan bagi para blogger.

Namun kita bisa menggabungkan atau mengintegrasikan antara keduanya sehingga bisa menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan berguna bagi kita selaku blogger.

Perbedaan antara adsense dengan analytics secara singkat yaitu:

*. Adsense memiliki berbagai jenis sarana iklan, seperti kode iklan, tab penghasilan, melihat iklan dan sebagainya serta memiliki alat penghitung atau analytics sendiri secara sederhana.

*. Analytics yaitu tools yang memberi kita tahu akan blog kita secara lengkap, namun tidak bisa membuat kode iklan seperti adsense, tapi hanya bisa melihat dan menganalisis blognya apabila sudah terintegrasi dengan adsense itu sendiri.

BACA JUGA:  Adsense Akun Hosted: 68% - 32%, Non-Hosted 100% Milik Kita. Benarkah?

Lalu apa saja sih manfaatnya mengintegrasikan antara adsense dengan analytics?.

Bagi kalian yang memang sudah memiliki akun adsense aktif, hal ini bisa disatukan, sehingga semua pelaporan adsense bisa kalian deteksi di dashboard Google analytics.

Yang mana itu memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan penghasilan dari adsense. Jadi kita bisa melakukan optimasi bila melihat statistik dari analytics.

Seberapa pentingkah Integrasi keduanya?

Adsense to analytics

Adsense to analytics

Menurut saya itu sangat sangat penting, mengingat keduanya adalah tools gratis yang bisa kita manfaatkan untuk meraih pundi-pundi uang dari internet.

Entah di email ataupun di tab pengoptimalan adsense saya sering dapat pemberitahuan kalo saya harus mengintegrasikan keduanya, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

BACA JUGA:  Cara Mengatur Ukuran Iklan Adsense Sesuai Layar

Kita dari analytics bisa mengetahui berbagai hal seperti berikut:

*. Artikel mana yang paling mendapatkan banyak klik
*. Artikel mana yang paling besar bounce rate-nya
*. Tipe artikel seperti apakah yang disukai pengunjung dan mendapatkan banyak klik
*. Mengetahui seberapa dampak visitor terhadap perkembangan earning adsense
. Dan masih banyak lagi sebenarnya yang bisa kita dapatkan.

Dari situ kita bisa mempelajari tipe pengunjung kita seperti apa, suka artikel apa, suka klik iklan jenis apa dan sebagainya secara tepat.

Jadi kedepannya itu bisa menjadi patokan bagi kita untuk membuat artikel yang memang menghasilkan banyak klik dan di sukai oleh pengunjung.

Dengan selalu memperhatikan analytics blog kita, kita jadi bisa benar-benar memahami blog kita sendiri hingga memahami perilaku pengunjung di blog kita.

BACA JUGA:  7 Tips Utama Meningkatkan Pendapatan Adsense bagi Pemula

Dari situlah kita bisa mendapatkan penghasilan yang lebih karena berbasis minat pengunjung.

Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya Integrasi Antara adsense dengan analytics. Semoga bermanfaat bagi kita semuanya.

Tentang penulis

Syarif Maulana

Maulana

Perkenalkan, Syarif Maulana dan biasa dipanggil Syarif. Saya hobi banget untuk writing. Selain itu saya juga mengelola Situs Belanja Online.

Tulis komentar

17 Komentar

  • gan mau nanyakl ni.. di google ad kok gk ada ya mode pembayarn WU apa udah kgk ada lagi ya gan
    padahal saya udah verifikasi pin tpi saldo sya masik 20 dolar gan

  • bang saya mau nanya soal template. kalau saya ganti template apakah harus submit sitemap ulang di webmaster?. terus kalau meta tag di template yang lama saya kombinasikan di template baru apakah tidak apa-apa?trims.

      • oke bang, terus kalau iklan page level tu harus diparse dulu ga kalu mau dipasang?. sama kalu ngeblock iklan cpc kecil apakah bahya buat akun adsense?thanks

      • ya, betul harus diparse jika ditempatkan di dalam template. untuk blok iklan, boleh2 saja. dan sama sekali gak bahaya, kan fiturnya emang disediakan oleh google.

  • Sementara ini Analitycs masih menjadi yang terbaik untuk melihat lalulintas visitor…
    Selain itu juga Analitycs merupakan bawaan dari Google…
    Salam,

  • benar-benar sangat membantu sekali mas..
    saya dulu kurang ngeh fungsi Google Analytics, namun setelah membaca artikel ini saya jadi ngeh

    makasih banyak mas

  • Menargetkan sesuatu dari blog, google analitytics ini menurut saya memang penting, ada data-data penting seperti kata kunci yang masuk ke blog kita, dan itu dibutuhkan oleh blogger, google cermat pakai google analytics

  • Sya sendiri kurang paham dengan google analytics, ternyata bisa ngasi tau artikel yang disukai pengunjung.