Jumlah Iklan Adsense Tidak Lagi Dibatasi, Haruskah Pasang Iklan Sebanyak-banyaknya?

Perubahan Kebijakan Adsense: jumlah iklan dalam satu halaman tidak lagi dibatasi.

Sebelumnya, seperti yang pernah saya tulis dalam artikel jumlah maksimal iklan adsense, Google Adsense membatasi jumlah maksimal unit iklan dalam satu halaman, yaitu:

  • 3 unit Adsense untuk konten
  • 3 unit tautan teks, dan
  • 2 unit penelusuran

Selain itu, juga ada batasan maksimal 1 buah unit berukuran besar, seperti misalnya 300×600, 300×1050 dan 970×250, 750×200 dan 580×400.

Namun sekarang, ketentuan-ketentuan di atas sudah berubah dan tidak berlaku lagi. Silakan lihat screenshot halaman resmi bantuan Adsense di bawah ini:

Kebijakan sebelumnya, ada tertulis “Batas iklan per laman”.

batas iklan per laman

Sedangkan pada perubahan kebijakan baru, tidak ada lagi batas iklan per laman, namun diganti dengan sub-judul “Inventaris Berharga”.

inventaris berharga

Sekarang, bandingkan isi dari kebijakan lama dengan kebijakan yang baru:

Tampilan kebijakan lama

kebijakan adsense yang lama

Tampilan kebijakan baru

kebijakan baru adsense

Anda bisa melihat teks selengkapnya di laman bantuan Adsense. Untuk melihat kebijakan yang lama, Anda bisa memanfaatkan waybackmachine.

Rangkuman perubahan kebijakan Adsense

Nah, dengan dengan demikian, berikut rangkuman tentang perubahan kebijakan Google Adsense mengenai jumlah unit iklan maksimum dalam satu laman.

1. Kini Anda boleh menempatkan lebih dari 3 unit iklan dalam satu laman.

2. Kini Anda juga boleh memasang lebih dari satu unit iklan berukuran besar (>300×600) dalam satu laman

3. Anda tetap hanya dibolehkan unit 320×100 di bagian paruh atas pada tampilan mobile, sedangkan untuk paruh bawah, tidak ada ada batasannya.

Apa manfaatnya buat kita: publisher Google Adsense?

Ya, tentu saja, ini adalah salah satu perubahan besar dalam kebijakan penempatan iklan oleh Adsense, yang boleh saya katakan sangat ditunggu-tunggu dan diharapkan oleh banyak penayang Adsense. Apalagi bagi mereka yang memiliki konten web yang cukup panjang.

Rupa-rupanya, Google ingin mencegah para publisher-nya terpaksa menambahkan ads-network lainnya, karena adanya batasan jumlah maksimum unit iklan dalam satu laman ini.

Namun di sini juga perlu diingat, meski Google menghilangkan sama sekali batasan pasti berapa jumlah iklan maksimal dalam satu halaman, tapi mereka juga sangat menekankan kalimat:

“Iklan dan materi promosi berbayar lainnya yang ditambahkan ke laman tidak boleh melebihi konten. Selain itu, konten yang Anda sediakan harus memberi nilai tambah dan menjadi titik fokus bagi pengguna yang mengunjungi laman.”

Artinya, Anda harus tetap mempertimbangkan rasio konten dan iklan, dan menitikberatkan pada manfaat dan fokus terhadap konten bagi pengunjung. Bahkan Google juga menjelaskan bahwa mereka tetap bisa “menonaktifkan penayangan iklan di laman yang tidak memberikan manfaat atau hanya sedikit manfaat dan/atau memiliki iklan berlebihan” sampai Anda merubah laman tersebut. Namun demikian, paling tidak Anda tidak melanggar ToS dan tidak akan berakibat banned pada akun.

Saran PortalUang

Hanya karena sekarang tidak lagi ada batasan jumlah iklan dalam satu laman, bukan berarti Anda harus menjejali seluruh laman dengan sebanyak-banyaknya iklan. Karena itu tidak akan membuat Anda berhasil.

Pilih halaman-halaman dengan konten cukup panjang untuk memasang lebih dari 3 unit iklan pada laman tersebut.

Ingatlah, bahwa cara paling efektif untuk meningkatkan pendapatan Adsense, adalah tetap melakukan eksperimen dengan tata letak dan penempatan serta gaya iklan, alih-alih membabi buta menambah lebih banyak unit iklan dalam satu laman.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

54 Komentar

  • Mas Gee Jhon iklan di blog anda pada bagian content atau artikel setelah saya hitung ada 6 buah iklan, walaupun GA sudah tidak membatasi jumlah iklan yg di pasang namun dengan jumlah segitu apakah itu aman?
    terimakasih

  • gan mau nanyak nih, kan sudah gk dibatasi lagi untuk pemasangan ikannya. trs ada dampaknya gk denga nilai bpk/cpc jika iklan lebih dari 3? denger2 semakin banyak iklan dipasang maka nilai klik jadi kecil. benarkah itu?

  • Intinya tetap mengutamakan
    kenyamanan pengunjung
    ya..
    akhirnya tak dibatasi lg..
    mantab GA

    tapi saya belum diterima GA

  • Mas John bisa dijelaskan yang dimaksud dengan penempatan unit ads di bagian paruh atas itu seperti apa? Terima kasih.

  • Mas Gee saya mau tanya jumlah iklan di blog saya
    di header saya pasang 1buah:
    720×90

    Disidebar 3buah
    300×600 (responsive)
    200×90 link
    300×250

    di artikel saya pasang 3 buah
    300×250
    resvosive
    328×300

    jadi total 7 iklan saya pasang, kira kira itu melanggar gak ya mas ? mohon info nya terimakasih sebelum nya

    • kalau untuk jumlah sudah tidak dibatasi gan yang penting gak terlalu mengganggu pengunjung, tapi setelah berkunjung ke blog agan lebih baik iklan dibawah judul diganti ukuran jangan 300×250 , ganti unit 320×100 atau yang lain yang penting ketika dibuka di mobile tidak menggeser banyak konten sampai konten tidak terlihat. tapi pertanyaannya ? apakah dengan unit konten yang seperti itu di agan aman, soalnya sudah banyak yang dapat peringatan tentang itu.

  • Saya pernah mampir di website anime2 bgtu mereka pasang adsensenya di website safelink sendiri bgitu.. apakah yg sprti itu aman.. malah kebanyakan menjebak semua supaya suruh klik. pengen buat begitu sulit sekali adsense selalu menolak

  • masbro, mau tanya lg, saya punya akun adsense dari blogspot, lalu saya mau bikin chanell youtub. apakah akun adsense tinggal langsung kaitkan aj ke youtube?atw direview lagi atau gimana langkahnya?. thanks

  • wah bagus sekali pakde infonya 😀
    oh iya bagaimana cara pasang iklan di post yang konten panjang dengan banyak unit iklan, sedangkan konten yang isinya sedikit di pasang iklan yang dikit 😀 kalo saja ada script buat pasang iklan begitu pasti keren 😀

  • Well, menurut saya kebijakan google ini harus dimanfaatkan secara bijak oleh para user mas.

    Google tidak membatas iklan bukan untuk memasang iklan sebanyak-banyaknya di sebuah website. Tapi akan lebih bijak kalau iklan itu disebar ke beberapa blog yang kita punya.

    Kalau saya pribadi sih dalam sebuah page, paling banyak 3 iklan agar pengunjung tetap nyaman membaca isi artikel kita.

  • Makasih infonya mas, saya pny akun GA tp ga pernah ngecek info diatas karena pendapatan saya kecil. hehe

  • Kebijakan adsense terbaru ini ada kelebihan dan kekuranganya ya mas , Kelebihan kita bisa pasang iklan sebanyak2 banyaknya agar mendapatkan CTR yang stabil dan baik . Kekurangan bisa saja blogger iseng pasang iklan berlebihan hingga 10 lebih walhasil pengunjung malah tidak nyaman dan akhirnya meninggalkan blog . Kalau saya pasang 1 iklan lagi jadi total ada 4 iklan konten . Mau terlali banyak takut loading blog jadi berat 🙂

  • Kalau memasang iklan kaya di blog2 orang lain mas, jadi tiap sembarang klik pasti ngekliknya ke iklan, apa itu melanggar?

  • Wah mantap nih infonya, jadi bebas ya bisa pasang banyak iklan, tapi kebanyakakan iklan bikin berat. Lagian ahir-ahir ini banyak iklan video jadi makin berat. harus mikir2 juga ya pasang banyak iklan…takut terlalu berat blognya

  • artinya saya boleh pasang 3 unit iklan konten di halaman artikel dan 1 unit konten di sidebar gtu bos?atau boleh lebih lagi?

  • Masih mencoba untuk mempelajarinya dulu dan melihat hasilnya apakah bagus atau tidak dengan memperbanyak jumlah iklan AdSense…
    Tapi sepertinya untuk jenis artikel yang panjang atau lebih dari 2rb atau 3rb kata bisa ditambahkan dengan secara manual, itu kalau menurut saya…
    Salam Mas Gee… 😀

  • Mungkin kebijakan ini merupakan imbas dari beberapa faktor perubahan dari Google sendiri. Misalnya mengenai “In-depth article”. Maka dari itu, sebaiknya blogger lebih memperhatikan konten – karena sudah pasti Google selalu mencari jalan agar konten terbaik muncul di halaman terdepan.

  • Kabar baik nih jadi kita nggak takut lagi melanggar TOS gara gara pasang iklan kalau saya sih pasang secukupnya aja biar nggak terkesan banyak iklan

  • Terima kasih mas ,
    info kebijakan Google ini sangat perlu bagi kita semuanya.
    Semoga membawa perubahan bagi kita yang berharap earning dari Adsense Google.

    Salam sukses.

  • wah baru tahu saya, hem.., berarti kalau saya baca kebijakan ini. sepertinya google resah dengan banyaknya pesaing iklan ads dari perusahaan lainnya. makanya sekarang Iklan google Adsense bisa di pasang melebihi 3 unit.

    hem.., sepertinya keren juga kebijakan ini 😉

    Terima Kasih mas untuk Artikelnya.

  • Mantap gan… memang saya sendiri mengamagi situs besar sekarang tampil baru dengan banyaknya iklan adsense, thank gan…

  • alih alih mau nambah penghasilan,
    bisa jadi malah bikin PV blog menurun atau malah bikin sebal visitor.

    btw … kayaknya layak dicoba boz Gee jhon … thanks 4 info …
    moga aja bisa nambah CTR 🙂

  • Wah ini bagus sih…
    Tp masalahnya apakah jika kita menempatkan banyak unit iklan dalam satu halaman namun ada beberapa iklan yg sepi klik, apakah itu akan mempengaruhi nilai CPC seluruh unit iklan?