Ingin Blog Tampil Lebih Profesional Lakukan 3 Hal Ini

Bayangankan jika Kamu melihat blog yang isinya tidak teratur mulai menu, isi, tampilan blog dan banyak hal – hal yang mengganggu aktifitas Kamu dalam blog tersebut. Kebanyakan dari Kamu pasti ingin cepat keluar dari blog tersebut dan mencari alternatif lain. Beda jika Kamu mengungunjungi blog yang tertata rapi, isi bermanfaat dan blog nyaman untuk dikunjungi. Pasti Kamu akan lebih berlama – lama diblog tersebut. Blog inilah blog dambaan setiap blogger, blog yang tampil profesional.

Apa saja yang perlu diperhatikan agar blog kita tampil lebih profesional ?

Yang perlu diperhatikan pertama – tama adalah konten blog, lalu tampilan blog, kenyaman blog bagi pengunjung , kebijkan privasi, TOS, tentang blog (about) dan kontak untuk komunikasi antara pengunjung dan pengelola blog. Berikut ini akan saya jelaskan satu persatu beberapa hal yang perlu dilakukan agar blog tampil lebih profesional.

3 Hal Yang Menyebabkan Blog Jadi Tampil Lebih Profesional

1. Konten Blog

Setelah blog kita jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat konten untuk blog kita. Konten yang seperti apa yang dicari pengunjung, konten yang bermanfaat pastinya dan lebih baik lagi yang berkualitas. Di Portal Uang sendiri sudah banyak membahas tentang konten blog. Baik itu cara pembuatan konten sampai menghasilkan konten yang bermanfaat dan bagus. Contoh artikel yang membahas konten atau isi blog adalah 27 pelajaran penting menulis artikel. Dan untuk kualitas konten juga dibahas di cara mengetahui konten blog berkualitas atau tidak. Dan artikel yang terpopuler di Portal Uang ini adalah cara menulis artikel baik, bagus dan berkualitas.

2.Tampilan / Template Blog

Tampilan blog Kamu juga mempengaruhi, apakah blog Kamu profesional atau tidak. Jika Kamu mempunyai blog yang acak – acakan atau tidak tertata secara rapi. Dengan indikasi banyak pengunjung yang bingung waktu mencari konten yang mereka butuhkan di blog Kamu. Itu menunjukan blog Kamu tidak lagi tampil profesional.

Untuk melanjutkan artikel cara membuat blog dari platform blogger. Disini saya akan melengkapi bagaimana cara mengubah tampilan atau template di blog. Pertama – tama pilih template yang menurut Kamu bagus, ditutorial ini saya gunakan template gratisan.  Template yang saya gunakan disini adalah Minima Colored 3 Mag Blogger Template.

Bagaimana cara mengganti tampilan atau template blog ?

Berikut ini cara mengganti tampilan atau template blog dari platform blogger.

  1. Buka halaman admin blog Kamu, caranya buka blogger.com lalu login dengan akun blog yang sudah Kamu buat sebelumnya.
  2. Pilih menu Template      menu blogger    
  3. Klik tombol Cadangkan / Pulihkan. Akan muncul halaman pop up seperti gambar dibawah ini. form ganti template blogger
  4. Silahkan klik tombol Browse… lalu cari template yang sudah di didownload dengan extension .xml kalau belum silahkan cari template terlebih dahulu. Untuk tutorial ini menggunakan template Minima Colored 3 Mag Blogger Template. Jika selesai silahkan klik Tombol Unggah. Untuk mengganti tata letak template serta Gadget silahakn klik menu Tata Letak. Maka tampilan blog Kamu akan berubah, berikut contohnya. cara mengganti template blogger

Sekarang blog Kamu sudah berbeda, sudah terlihat blog yang profesional dari segi tampilan.  Cuma harus diatur dulu untuk menu – menu dan Gadget agar rapi. Untuk mengatur untuk template ini dilengkapi dengan dokumentasi.

3. Menu penunjang agar blog tampil profesional

Blog yang tampil profesional juga diperlukan menu – menu penunjang blog itu sendiri. Menu apa saja agar blog kita tampil profesional. Berikut ini menu – menu penunjang agar blog tampil lebih profesional dimata pengujung dan dimata pengkiklan salah satu contoh adsense. Banyak blog yang ditolak oleh adsense karena dinilai blog kurang profesional.

  • About

Menu about termasuk sangat penting, karena menu about ini adalah halaman blog yang digunakan untuk menjelaskan identitas dan pengelola blog. Blog tanpa identitas akan menyulitkan pengunjung yang ingin mengetahui tentang blog dan pengelola blog. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuat isi dari menu about dan kenapa ada menu about Kamu bisa baca membuat halaman about yang bagus.

  • Ketentuan Layanan atau Term of Service (ToS)

Menu Ketentuan layanan atau TOS berisi tentang ketentuan apa saja yang ada diblog Kamu.  Contoh ketentuan di Portal Uang

Kamu dilarang mengirimkan konten yang bersifat menyerang, melecehkan, merendahkan, merusak nama baik terhadap member lain atau pihak lain tertentu.

Ataupun tentang perubahan ketentuan yang ada pada Portal Uang

PortalUang setiap saat dapat merubah, mengganti, menambah atau mengurangi Ketentuan Layanan ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Member PortalUang otomatis terikat oleh setiap perubahan tersebut.

Jika Kamu memerlukan referensi tentang isi Ketentuan Layanan blog Kamu, Kamu dapat melihat menu TOS  Portal Uang.

  • Kebijakan Privasi

Menu Kebijakan Privasi adalah menu untuk meminta ijin mengakses segala hal pribadi, contoh IP pengunjung, Asal pengunjung dan menyimpang semua itu untuk keperluan sebuah blog. Misal mengetahui statistik pengunjung, mengetahui interaksi pengunjung terhadap blog. Lalu bagaimana cara membuat isi halaman privasi. Untuk halaman privasi sama halnya seperti membuat halaman Ketentuan Layanan. Namun Kamu dapat mencontek halaman Kebijakan Privasi Portal Uang lalu mengedit sesuai kebutuhan Kamu.

  • Kontak

Untuk membuat halaman kontak, contoh disini menggunakan platform blogger Kamu dapat langsung menggunakan Gadget Formulir Kontak. Jika Kamu ingin yang lebih simpel Kamu dapat mencantumkan email, akun fb, google + atau cara lain agar mudah ketika ada pengunjung yang ingin menghubungi Kamu.

Berikut ini saya jelaskan bagaimana membuat menu  about, Ketentuan Layanan / TOS, Kebijakan Privasi dan Kontak. Untuk tutorial kali ini menggunakan platform blogger melanjutkan penjelasan mengubah template pada blogger diatas. Berikut ini cara membuat halaman about, Ketentuan Layanan / TOS, Kebijakan Privasi dan Kontak pada blogger.

  1. Silahkan masuk halaman admin blog Kamu. Caranya buka blogger.com lalu login dengan akun blog yang sudah Kamu buat sebelumnya.
  2. Pilih menu Laman membuat laman blogger
  3. Klik tombol Laman Baru membuat laman baru blogger
  4. Isi Judul Laman sesuai kebutuhan atau (About, Ketentuan Layanan, Kebijakan Privasi dan Kontak) untuk Isi sesuaikan yang Kamu butuhkan.
  5. Jika Kamu menggunakan template yang sama dengan tutorial ini rubah menu seperti gambar dibawah ini. menu penunjang

Untuk mengganti menu tersebut silahkan pilih menu Template lalu klik tombol Edit HTML. Dan temukan Kode menu seperti gambar dibawah ini. kode menu about

Lalu isi kode ahref=’#’ dan rubah about sesuai menu yang ingin ditampilkan. Contoh dirubah seperti dibawah ini. menu penunjang blog profesional

Berikut ini hasilnya

menu penunjang blog profesional lengkap

Itulah tiga (3) hal yang dapat Kamu lakukan agar blog Kamu terlihat tampil profesional dimata pengunjung atau dimata pengiklan. 3 hal diatas hanya sebagian kecil agar blog tampil profesional dan masih banyak yang harus dilkakukan. Misal melakukan branding terhadap blog.

 

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

9 Komentar

  • nice share, menurut saya profesional itu bukan soal tampilan, melainkan isi/konten.
    blog yang membahas 1 topik saja menurut saya sudah pro, sperti portal-uang, yang concern di niche IM/seo/blogging
    mindset pengunjung ttg portal-uang sudah terbentuk, sehingga mendatangkan returning visitor dari pengunjung loyal

    • iya itu bisa gan, tampilan disini bukan masalah bagus desainnya 🙂 tapi userfriendly nya, gak terlalu sederhana dan gak terlalu over 🙂

  • Om bukannya klo udah di page 1, sebisa mungkin jangan ganti background atau halaman ya ? Soalnya bisa jatoh bukannya rank nya?

    • ya mas jangan sering merubah tampilan web / blognya karena itu identitas blognya mas juga. tapi jika dirasa tampilan kurang familiar dihadapan para pengunjung lebih baik di ganti yang lebih familiar.

  • Ulasan yang jelas dan menarik , saya akan mempelajari lagi dan memperbaiki blog sendiri, kalau boleh tanya bagaimana cara merubah judul blog yang telah dikunci… makasih,infonya sangat berguna.