Cara Merubah Blogspot ke Domain TLD (.com)

Bagaimana cara merubah Blogspot ke domain TLD (.com)? Ya, bagi Kamu yang ingin mulai serius mengelola sebuah website dengan CMS Blogspot, maka sebaiknya mengganti domain tersebut dengan domain TLD atau domain berbayar. Pasalnya, jika dibandingkan dengan menggunakan domain gratisan seperti Blogspot, maka sudah tentu lebih banyak keuntungan saat Kamu menggunakan domain berbayar.

Cara Merubah Blogspot ke Domain TLD (.com)

Dan hal tersebut diketahui sudah banyak dilakukan oleh para webmaster yang sukses di bidang ini. Dalam hal ini, untuk menggunakan nama domain TLD atau TopLevel Domain ini maka Kamu harus menyewanya dari sebuah perusahaan yang memang khusus menyediakan hosting dan juga domain. Harganya sendiri tidaklah mahal, karena sewa domain pertahun biasanya hanya akan membutuhkan kocek antara Rp. 100.000 hingga Rp. 140.000 saja.

Cara Merubah Blogspot ke Domain TLD (.com)

Namun dengan kisaran harga sewa tersebut, Kamu akan mendapatkan cukup banyak keuntungan. Beberapa diantaranaya adalah :

  • Nama domain menjadi lebih pendek, sehingga lebih mudah diingat.
  • Memiliki kesan yang lebih profesional dan tidak pasaran.
  • Dapat dipindahkan ke CMS WordPress tanpa harus takut kehilangan visitor atau pengunjung.
  • Hingga dapat meningkatkan harga jual blog tersebut pada nantinya.

Lalu, bagaimana cara merubah domain standar Blogspot menjadi domain berbayar atau domain TLD seperti .com? Bagi Kamu yang membutuhkan referensinya, maka inilah beberapa cara merubah blogspot ke domain TLD (.com) yang dapat Kamu coba dan ikuti.

Register Domain

Jika Kamu sudah memiliki sebuah blogspot yang sudah berjalan dengan berbagai konten yang ada di dalamnya, maka langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah melakukan register domain pada sebuah perusahaan hosting dan domain hingga Kamu mendapatkan nama domain TLD yang diinginkan. Pilihlah sebuah perusahaan domain dan hosting yang terpercaya agar Kamu mendapatkan pelayanan yang optimal.

Lakukan Pengaturan di Akun Blogger

Setelah Kamu berhasil melakukan registrasi dan mendapatkan nama domain TLD yang di inginkan, maka langkah selanjutnya yakni melakukan pengaturan di akun Blogger Kamu. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain seperti :

  • Setelah masuk di Dashboard Blogger, maka pilihlah opsi setelan/setting.
  • Setelah itu pilih opsi Dasar, kemudian lihatlah pada opsi Penerbitan, khususnya pada opsi Alamat Blog.
  • Kemudian, pilihlah opsi “+Siapkan URL Pihak Ke Tiga untuk Blog Kamu”.
  • Setelah Kamu mendapatkan tampilan yang baru, pada kolom Alamat Blog, masukan nama domain disertai dengan www pada bagian depannya. Seperti contohnya www.namabloganda.com.
  • Pililah opsi Simpan/Save yang terdapat pada bagian bawah kolom opsi tersebut dan tunggulah beberapa saat.
  • Selanjutnya, akan terdapat peringatan “Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Kamu untuk domain ini, Kesalahan 12” dengan warna tulisan merah. Abaikan tulisan tersebut namun fokuslah pada kode atau tulisan yang ada dibawahnya.
  • Terakhir, akan keluar dua kolom dan juga dua baris CNAME yang harus Kamu catat semuanya. Karena kode tersebut pada nantinya akan digunakan untuk konfigurasi DNS pada domain TLD.

Lakukan Konfigurasi Domain TLD

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, maka saatnya kini Kamu melakukan konfigurasi pada akun Domain dari penyedia layanan. Adapun beberapa caranya adalah sebagai berikut :

  • Lakukan login pada member area/client area pada layanan domain yang dipilih menggunakan email yang telah Kamu daftarkan.
  • Setelah sukses, pilihlah opsi My Domains lalu pilih kembali opsi Manage Domain.
  • Setelah itu, pilihlah opsi Blogspot Domain dalam opsi Management Tools maka saat itu Kamu akan menemukan dua kolom opsi.
  • Isilah kolom tersebut dengan kode CNAME yang telah Kamu catat sebelumnya lalu Simpan/Save pengaturan tersebut.
  • Pilihlah opsi menu A Record dan masukan beberapa DNS berikut ini :
  1. 239.32.21
  2. 239.34.21
  3. 239.36.21
  4. 239.38.21
  • Terakhir, pilih opsi Simpan/Save, namun pastikan seluruh DNS tersebut sudah berhasil ter-record dengan baik.

Redirect Domain

Ini adalah langkah terakhir dalam proses penggantian domain gratis Blogspot ke domain TLD. Pada langkah ini, kembali masuk pada akun Blogger Kamu, kemudian kembali pada kolom penerbitan di awal pengaturan tadi. Pilihlah tombol Simpan/Save dan tunggu prosesnya selama beberapa saat.

Setelah sukses tersimpan, masuk kembali pada opsi Penerbitan tersebut. Setelah itu, pilihlah opsi Edit yang terdapat pada Domain yang telah tersimpan dan centang kolom yang bertuliskan opsi “teruskan namabloganda.com ke www.namabloganda.com. Terakhir, Simpan/Save pengaturan tersebut dan kini domain Kamu telah berhasil menggunakan domain TLD.

Bagi Kamu yang masih bingung terhadap beberapa cara merubah blogspot ke domain TLD (.com) di atas tadi, maka sebaiknya lakukan secara perlahan dan juga teliti. Semoga informasi cara optimasi website terbaik di atas dapat menjadi sumber refernsi yang membantu dan bermanfaat untuk Kamu semua.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

6 Komentar