Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Tanpa Upload Video

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube tanpa upload video? Pertanyaan tersebut mungkin kerap membuat Kamu merasa penasaran. Karena pada umumnya, sebagian besar orang hanya mengetahui monetize video di Youtube dilakukan dengan cara mengupload video terlebih dahulu. Padahal sebenarnya tidak harus selalu begitu.

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Tanpa Upload Video

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Youtube sendiri adalah sebuah situs berbagi video yang hingga kini memiliki jumlah pengunjung yang sangat tinggi. Tidak berbeda jauh dengan blog atau website, konten video yang di upload di Youtube juga dapat di monetize hingga menghasilkan keuntungan bagi uploadernya.

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Tanpa Upload Video

Namun belakangan ini diketahui terdapat beragam cara yang dapat dicoba untuk memperoleh keuntungan dari Youtube tanpa harus memiliki konten video yang unik. Salah satunya yakni dengan mode remix video CC atau creative commons. Remix video sendiri merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Youtube untuk membernya.

Dengan fitur tersebut, para member dapat menggabung-gabungkan video menjadi sebuah listing untuk ditonton tanpa harus repot memilih-milih video terlebih dahulu. Uniknya, remix video tersebut dapat di monetize dan menjadi cara mendapatkan uang dari youtube tanpa upload video yang praktis. Daripada penasaran, langsung saja inilah beberapa tahapan yang dapat dicoba.

  1. Tentukan Niche

Sebelum membuat list atau remix video di Youtube, maka sebaiknya Kamu tentukan terlebih dahulu niche atau kategori video apa yang akan Kamu buat menjadi list remix tersebut. Karena akan lebih baik jika video yang berada di dalam list remix tersebut memiliki niche atau kategori yang sama antara satu dengan lainnya.

  1. Login/Membuat Akun Youtube

Setelah menemukan niche yang dirasa cocok, maka langkah selanjutnya adalah login ke Youtube dengan akun pribadi Kamu jika Kamu sudah memilikinya. Jika belum, maka Kamu dapat membuatnya terlebih dahulu sebelum membuat video remix di Youtube. Disarankan menggunakan email yang valid atau tidak asal-asalan karena untuk proses monetize.

  1. Mencari Konten Video CC (Creative Common)

Sebelum ke tahap selanjutnya, Kamu juga perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa video yang dapat dibuat list remix dan menghasilkan keuntungan adalah jenis konten video yang sudah memiliki lisensi CC atau Creative Common. Karena pada dasarnya terdapat dua macam lisensi pada konten video Youtube yang berlaku hingga saat ini yakni :

  • Standart Youtube

Standart Youtube adalah lisensi konten video yang tidak diperbolehkan untuk disebar luaskan atau dipublikasi ulang oleh member lain.

  • Creative Common (CC)

Sedangkan CC atau Creative Common adalah konten video yang dapat atau diperbolehkan disebar luaskan atau di dipublikasi ulang oleh member lain.

Untuk menemukan konten video dengan lisensi CC atau Creative Common maka dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini :

  • Pilih opsi pencarian atau search yang terdapat di Youtube
  • Kemudian gunakan menu filter dan pilihlah opsi untuk konten yang berlisensi CC.
  • Setelah itu, buka video tersebut dan pilihlah opsi Description kemudian pilih opsi Remix Video.
  • Saat memilih opsi tersebut, Kamu akan menemukan halaman video editor.
  • Judul konten video tersebut dapat Kamu ubah sesuai dengan keinginan, kemudian Kamu juga dapat mengedit sedikit video tersebut sebelum akhirnya di publikasikan kembali.
  • Jika sudah dirasa pas, maka Kamu dapat mempublikasikan konten video tersebut.
  • Selama menunggu proses editing dari Youtube, lengkapi kolom Description dan juga berikan Tag pada konten video tersebut agar mudah ditemukan.
  1. Monetize dan Promosi

Jika tahapan atau langkah pada point nomor tiga tadi sudah Kamu lakukan dengan benar, maka kini saatnya Kamu melakukan monetize pada konten video tersebut. Setelah itu, langkah penutup yang dapat dilakukan adalah mempromosikan konten agar memiliki banyak penonton. Tentunya semakin banyak jumlah penontonnya, maka semakin besar juga kesempatan Kamu mendapatkan keuntungan.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Youtube tanpa upload video yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang. Selain itu, cara mendapatkan uang dari Youtube tersebut juga dapat dikatakan sebagai salah satu cara atau langkah yang paling mudah untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari Youtube. Semoga informasi teknologi terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu dan bermanfaat.

Tentang penulis

Aina Khinan

Aina

Aina adalah penulis baru di Portal Uang. Salam kenal :)

8 Komentar

    • Kalau Video (Creative Common) tidak gan tapi saran lebih baik bikin yang ori, sekarang gampang kok rekam aja kejadian sehari – hari.
      nanti lama – lama banyak juga yang nonton

  • numpang tanya gan vedio youtube telah di monetize dan dalam tempo 3 bulan sudah gajian dan memasuki bulan berikutnya tinggal tunggu tgl 21 untuk gajian lagi tahu2 adsense di banned,telang banding tapi juga belom ada respon.
    pertanyaanya nasib vedio yang sudah di banned gimana?apakah masih bisa di monetize lagi?
    terima kasih gan

  • masa bisa mbak? 😀 wahh ilmu baru.
    terimakasih mbak. btw niche bule apa yang bagus di remix mbak ?