Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan di Depan Mata

Banyak orang yang enggan berbisnis dengan alasan modal yang tidak cukup. Padahal, sekarang ini ada banyak sekali usaha modal kecil yang bisa dicoba. Meskipun menggunakan modal yang minim, keuntungan yang didapatkan cukup besar asalkan Anda tahu bagaimana memanajemen dan mengelola setiap pemasukan dan pengeluaran keuangan bisnis dengan baik. Berikut ini adalah 5 jenis usaha dengan modal kecil yang patut untuk Anda pertimbangkan.

5 Usaha Modal Kecil yang Patut untuk Anda Pertimbangkan

1. Menyediakan Jasa Servis Komputer

Anda memiliki kemampuan untuk memperbaiki komputer atau laptop yang rusak? Maka keahlian tersebut bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Pasalnya sekarang ini banyak sekali orang yang mencari layanan atau teknisi yang bisa memperbaiki komputer. Oleh karena itu, usaha modal kecil bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memulai bisnis. Apalagi, peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak dan berat sehingga modal yang dikeluarkan pun tidak akan besar.

2. Layanan Jasa Pengetikan

Usaha modal kecil selanjutnya adalah jasa pengetikkan. Meskipun terdengar sepele, nyatanya banyak orang mulai dari mahasiswa, karyawan hingga pegawai negeri yang mencari jasa pengetikkan untuk mengetik dokumen. Modal yang diperlukan juga sangat sedikit. Dimana Anda hanya perlu mempersiapkan komputer atau laptop yang bisa dipakai untuk mengetik. Untuk jenis usaha ini, Anda harus lebih teliti dalam mengetik. Jangan sampai ada typo atau kesalahan dalam pengetikan karena hal tersebut bisa klien enggan menggunakan jasa Anda kembali.

3. Layanan Jasa Desain Grafis

Sekarang ini jasa desain grafis sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis. Desain grafis bisa dipakai untuk membuat logo perusahaan, branding, iklan pamflet, banner dan lain sebagainya. Tak hanya pengusaha, banyak pula instansi dan organisasi yang membutuhkan jasa desain grafis untuk menunjang setiap kegiatannya. Banyaknya permintaan jasa desain grafis ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi Anda yang ingin memulai usaha. Modal yang harus Anda miliki hanyalah skill mendesain dan komputer atau laptop yang sudah diinstall aplikasi Corel, Photoshop, atau Adobe Illustrator. Tertarik dengan usaha modal kecil sebagai jasa desain grafis ini?

4. Menyediakan Jasa Percetakan

Usaha modal kecil selanjutnya adalah jasa percetakan. Bisnis ini akan semakin menguntungkan jika Anda membukanya di lokasi-lokasi yang memang strategis seperti dekat dengan sekolahan, kampus, perusahaan atau kantor instansi. Mengapa? Karena target untuk bisnis percetakan adalah mereka yang selalu bergelut dengan dokumen, laporan, cetak foto dan lain sebagainya. Mahasiswa biasanya akan menghabiskan banyak uangnya untuk mencetak laporan, skripsi, tugas dan lain-lain. Sementara pegawai instansi atau swasta biasanya akan pergi ke percetakan untuk menggandakan dokumen, mencetak laporan dan tugas lain. Bayangkan, hanya dengan modal printer, kertas dan tinta berapa banyaknya keuntungan yang bisa Anda peroleh? Sangat banyak bukan?

5. Membuka Usaha Pangkas Rambut

Usaha modal kecil selanjutnya adalah usaha pangkas rambut. Usaha pangkas rambut akan selalu diminati orang karena kepala manusia tidak akan pernah berhenti menumbuhkan rambut. Meskipun dianggap remeh, keuntungan yang didapatkan dari usaha ini sangatlah menggiurkan. Bisa Anda hitung sendiri, hanya dengan memotong rambut satu orang Anda sudah bisa mendapatkan Rp 10 ribu. Jika satu hari Anda berhasil memotong rambut 10 orang saja, maka penghasilan yang diperoleh adalah Rp 3 juta per bulannya. Padahal modal yang dibutuhkan tidaklah semahal itu bukan? Cukup dengan alat pencukur rambut, sisir dan keahlian maka usaha ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Berikut tadi merupakan 5 usaha modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda yang berencana untuk memulai suatu bisnis.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar