Youtube

Wajib Tahu, Syarat Monetisasi Channel YouTube Terbaru 2019

Monetisasi channel YouTube merupakan salah satu goals para Youtubers. Dengan program ini, Kamu Jika bisa menghasilkan uang dalam jumlah tidak sedikit jika video yang telah di upload kemudian ditayangkan di situs YouTube. Pada tahun 2018 pihak YouTube menetapkan syarat minimal 1.000 view untuk bisa ikut monetisasi, maka tahun ini ada perubahan syarat monetisasi channel youtube yang signifikan dan perlu diketahui oleh seluruh YouTuber pemula.

Baca JugaPanduan Lengkap Cara Menjadi Youtuber

Di tahun 2018 ini, pihak YouTube telah melakukan pembaharuan terhadap syarat kelayakan program monetisasi video. Banyak pihak yang mengaku bahwa persyaratan ini dinilai cukup berat sehingga para Youtubers harus berusaha lebih keras lagi. Beberapa poin utama dari aturan yang diberlakukan oleh YouTube akan dibahas secara detail disini.

Syarat 4000 Jam untuk Waktu Tonton dan 1000 Subscriber

Tepat pada Januari 2018 lalu, pihak YouTube telah menetapkan bahwa syarat terbaru dari program channel di YouTube adalah setelah sebuah channel atau saluran ditonton selama minimal 4.000 jam dan mempunyai sekurang-kurangnya 1.000 subscriber dalam jangka waktu 12 bulan terakhir. Jika telah memenuhi kedua syarat tersebut, maka channel Kamu akan dipertimbangkan untuk bisa ikut dalam program ini.

Pada bulan Februari 2019 pihak YouTube telah menetapkan bahwa syarat terbaru yaitu saluran ditonton selama minimal 4.000 jam dan mempunyai sekurang-kurangnya 10.000 subscriber dalam jangka waktu 12 bulan terakhir.

*)  Saat ini syarat masih saluran ditonton selama minimal 4.000 jam dan mempunyai sekurang-kurangnya 1.000 subscriber. Untuk 10.000 subscriber entah pihak youtube salah tulis atau memang belum direalisasikan.

Meskipun dirasa cukup berat. Namun pihak YouTube menyatakan, bahwa hal tersebut dilakukan supaya pelaku tindak kejahatan dunia maya, spammer dan juga plagiator tidak memiliki ruang untuk berbuat curang dan merugikan pihak lain. Selain itu, hal tersebut juga sebagai bentuk apreasiasi kepada para creator yang sudah bekerja keras guna membuat platform ini sukses.

Mengajukan Permohonan Kelayakan

Apabila Kamu telah memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh YouTube, yaitu 4.000 jam waktu ditonton serta memiliki 1.000 subscriber. Maka Kamu harus mengajukan Permohonan kelayakan program monestisasi karena tidak akan ada pengaktifan secara otomatis. Berikut di bawah ini adalah cara mengajukan permohonan yang bisa menjadi panduan :

• Channel yang pernah mengikuti Youtube Partner Program (YPP)

Karena channel Kamu akan melalui proses evaluasi terlebih dahulu dengan mengikuti kriteria dan ketentuan baru, maka yang harus Kamu lakukan adalah: Check Creator Studio, klik Channel dan kemudian pilih Monetisasi.

• Channel yang belum pernah mengikuti Youtube Partner Program (YPP)

Jika channel YouTube Kamu belum pernah mengikuti program YPP berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan: Log-in akun YouTube, klik Creator Studio, klik Channel, pilih Status dan Fitur, pilih Monetisasi dan Aktifkan. Setelah itu tinggal ikuti intruksi yang tertera pada layar.

Peninjauan Ulang

 

Jika Kamu telah mengajukan permohonan kelayakan untuk ikut dalam syarat monetisasi channel youtube yang baru, maka Kamu harus bersabar menunggu hasil tinjau ulang yang dilakukan. Dalam situasi normal, Kamu akan mendapatkan informasi dalam jangka waktu singkat, tapi jika sedang ada perubahan sistem dan sebagainya, maka bisa memakan waktu cukup lama.

Jika pertanyaan yang muncul kemudian adalah mengapa peninjauan ulang diperlukan padahal channel sudah memenuhi persyaratan? Hal ini dilakukan guna memastikan validitas dari suatu channel. Selain itu, juga untuk memastikan ketaatan channel Kamu terhadap kebijakan dari iklan maupun komunitas.
Kebijakan Menonaktifkan Secara Otomatis

Dalam persyaratan monetisasi yang telah diberlakukan YouTube, terdapat kebijakan untuk menonaktifkan sebuah channel secara otomatis (mengikuti aturan baru). Oleh karena itu, jika sebelumnya channel Kamu sudah di monetasasi secara namun belum memenuhi kriteria (4000 jam waktu tonton dan 1000 subscriber) maka akan dinonaktifkan. Sedangkan yang sudah memenuhi syarat maka akan ditinjau ulang.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

13 Komentar

  • misalnya klu dalam 12 bulan account kita belum memenuhi syarat monetisasi,,apakah monetisasina akan di nonaktifkan permanen,,maksudnya apa kah selanjutnya kita tidak bisa mengajukan lagi

    • Kalau uplout Vidio orang lain tapi ga kena copyright /langgar hak cipta apa nanti monetisasi nya berhasil mas

      • tetep saja mas kalau orangnya gak terima nanti kedepan kena juga, saran sih buat video sendiri, rekam aja acara jalan jalan di wisata terdekat atau anak sedang maen dll

  • kemungkinan besar yg nerjemahin bhs Indonesia syarat ke 10k subs itu typho. karena kalo kita jeli melihat dari terjemahan lain misalnya inggris, perancis, rusia, dll… syaratnya masih sama 1000 sub. fitur untuk perubahan bahasa ada di bagian bawah halaman syarat monetisasi youtube. udah saya lihat sendiri di terjemahan bhs lain dan belum berubah. hanya di halaman bhs Indonesia aja yg beda sendiri

  • Selamat malam
    saya ingin bertanya barangkali bisa dpt pencerahan, channel youtube saya sudah memenuhi syarat monetisasi, video ori, blm prnh dpt pelanggaran, musik dr perpustakaan yt. Stlh lama menunggu peninjauan akhirnya datang jg keputusan dr youtube.
    Tepat tggl 30nov2018 Jawaban dr youtube krglbh demikian,
    stlh tim kami meninjau permohonan anda kami tdk memiliki informasi yg cukup terkait permohonan anda, channel anda kami tangguhkan untuk sementara waktu utk ditinjau lbh scr berkala. Dan sampai skrg blm jg dpt email dr youtube.

  • creator lama tambah mantap nih kalau seperti ini, terlindung youtuber dadakan melemah