Lain-lain Tips Youtube

Wajib Tahu, Syarat Monetisasi Channel YouTube Terbaru 2018

Monetisasi channel YouTube merupakan salah satu goals para Youtubers. Dengan program ini, Anda Jika bisa menghasilkan uang dalam jumlah tidak sedikit jika video yang telah di upload kemudian ditayangkan di situs YouTube. Pada tahun sebelumnya pihak YouTube menetapkan syarat minimal 10.000 view untuk bisa ikut monetisasi, maka tahun ini ada perubahan syarat monetisasi channel youtube yang signifikan dan perlu diketahui oleh seluruh YouTuber pemula.

Baca JugaPanduan Lengkap Cara Menjadi Youtuber

Di tahun 2018 ini, pihak YouTube telah melakukan pembaharuan terhadap syarat kelayakan program monetisasi video. Banyak pihak yang mengaku bahwa persyaratan ini dinilai cukup berat sehingga para Youtubers harus berusaha lebih keras lagi. Beberapa poin utama dari aturan yang diberlakukan oleh YouTube akan dibahas secara detail disini.

Syarat 4000 Jam untuk Waktu Tonton dan 1000 Subscriber

Tepat pada Januari 2018 lalu, pihak YouTube telah menetapkan bahwa syarat terbaru dari program channel di YouTube adalah setelah sebuah channel atau saluran ditonton selama minimal 4.000 jam dan mempunyai sekurang-kurangnya 1.000 subscriber dalam jangka waktu 12 bulan terakhir. Jika telah memenuhi kedua syarat tersebut, maka channel Anda akan dipertimbangkan untuk bisa ikut dalam program ini.

Meskipun dirasa cukup berat. Namun pihak YouTube menyatakan, bahwa hal tersebut dilakukan supaya pelaku tindak kejahatan dunia maya, spammer dan juga plagiator tidak memiliki ruang untuk berbuat curang dan merugikan pihak lain. Selain itu, hal tersebut juga sebagai bentuk apreasiasi kepada para creator yang sudah bekerja keras guna membuat platform ini sukses.

Mengajukan Permohonan Kelayakan

Apabila Anda telah memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh YouTube, yaitu 4.000 jam waktu ditonton serta memiliki 1.000 subscriber. Maka Anda harus mengajukan Permohonan kelayakan program monestisasi karena tidak akan ada pengaktifan secara otomatis. Berikut di bawah ini adalah cara mengajukan permohonan yang bisa menjadi panduan :

• Channel yang pernah mengikuti Youtube Partner Program (YPP)

Karena channel Anda akan melalui proses evaluasi terlebih dahulu dengan mengikuti kriteria dan ketentuan baru, maka yang harus Anda lakukan adalah: Check Creator Studio, klik Channel dan kemudian pilih Monetisasi.

• Channel yang belum pernah mengikuti Youtube Partner Program (YPP)

Jika channel YouTube Anda belum pernah mengikuti program YPP berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan: Log-in akun YouTube, klik Creator Studio, klik Channel, pilih Status dan Fitur, pilih Monetisasi dan Aktifkan. Setelah itu tinggal ikuti intruksi yang tertera pada layar.

Peninjauan Ulang

 

Jika Anda telah mengajukan permohonan kelayakan untuk ikut dalam syarat monetisasi channel youtube yang baru, maka Anda harus bersabar menunggu hasil tinjau ulang yang dilakukan. Dalam situasi normal, Anda akan mendapatkan informasi dalam jangka waktu singkat, tapi jika sedang ada perubahan sistem dan sebagainya, maka bisa memakan waktu cukup lama.

Jika pertanyaan yang muncul kemudian adalah mengapa peninjauan ulang diperlukan padahal channel sudah memenuhi persyaratan? Hal ini dilakukan guna memastikan validitas dari suatu channel. Selain itu, juga untuk memastikan ketaatan channel Anda terhadap kebijakan dari iklan maupun komunitas.
Kebijakan Menonaktifkan Secara Otomatis

Dalam persyaratan monetisasi yang telah diberlakukan YouTube, terdapat kebijakan untuk menonaktifkan sebuah channel secara otomatis (mengikuti aturan baru). Oleh karena itu, jika sebelumnya channel Anda sudah di monetasasi secara namun belum memenuhi kriteria (4000 jam waktu tonton dan 1000 subscriber) maka akan dinonaktifkan. Sedangkan yang sudah memenuhi syarat maka akan ditinjau ulang.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar

%d blogger menyukai ini: