Membuat Pengunjung Betah Di Website Anda Dengan Teknologi AMP

Untuk para pengembang situs dan website di Indonesia sangat penting untuk mengetahui informasi terbaru mengenai informasi terkini mengenai teknologi yang ada. Pengetahuan mengenai berkembangnya sistem web browser atau pun teknologi pendukung lainnya sangatlah dibutuhkan. Dengan informasi yang up-to-date Anda jadi tidak tertinggal zaman dan kalah oleh kompetitor lainnya dalam urusan pemasaran web, ataupun dalam website monetization.

Beberapa waktu terakhir muncul beberapa kendala yang dikemukakan oleh para pemilik website ataupun halaman situs seperti wordpress, blog, dan lainnya. Permasalahan mengacu kepada lamanya waktu loading on page karena akses menuju konten website memakan waktu. Hal tersebut berujung pada pengunjung atau pelanggan yang gerah dan tidak sabar. Bila hal tersebut terus terjadi, jangan heran bahwa suatu hari situs Anda akan sepi atau kehilangan pengunjung sama sekali.

Kehilangan pengunjung sama saja seperti kehilangan calon pelanggan tetap. Dalam perumpamaan, tentu Anda (sebagai pemilik toko) tidak ingin kehilangan calon pelanggan Anda. Padahal tujuan utama saat Anda membangun website sudah jelas, yaitu ramainya pengunjung, menciptakan pelanggan setia, nama website semakim populer, dan Anda mendapatkan uang dari karya dan passion Anda tersebut.

Google sebagai salah satu perusahaan teknologi internet dan mesin pencarian terbaik ternyata sudah mengusahakan suatu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Bersama dengan tim yang dibentuk khusus, mereka membuat suatu teknologi baru bernama AMP atau Accelerated Mobile Pages. AMP merupakan teknik yang dibuat dalam pembacaan mesin pencarian, sehingga pengunjung dapat langsung menemui konten yang dicarinya.

Fokus Terhadap Konten yang Dicari

Untuk bagian ini, sekarang coba Anda bayangkan ketika Anda ingin mengunjungi suatu website makanan. Tujuan Anda sebenarnya hanya ingin melihat makanan berjenis korean food atau japanese food. Seringkali ketika Anda mencari konten tersebut, Anda diminta untuk masuk menuju website tanpa langsung mendapatkan konten dan hal tersebut sangatlah memakan waktu maupun kuota internet Anda.

Menjawab masalah tersebut AMP menciptakan syntax atau bahasa program yang memungkinkan mesin pencarian memberikan konten yang sesuai dengan keinginan Anda. Bila tadinya Anda harus memasuki website lalu mencari konten terlebih dahulu, dengan menggunakan AMP, pada halaman google search konten spesifik yang Anda inginkan dapat langsung Anda akses dan baca.

Kompleksitas yang Sama & Mudah Dimengerti

Muncul keresahan pada beberapa pengembang website mengenai AMP. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang merupakan pemula pada bidang program. Pertanyaan seperti, apakah AMP menggunakan bahasa program yang berbeda? Apakah membangun website harus dari awal lagi? Apakah konten website akan berubah bentuk dan tampilannya? Hampir semua pertanyaan mengacu pada perhatian kualitas dan posibilitas penggunaan AMP.

Kenyataannya penggunaan AMP sangatlah mudah. Bahasa program AMP sendiri dinyatakan menggunakan struktur yang sama, seperti bahasa program yang normal digunakan pada HTML. Penggunaan opening dan closing tags masih serupa, dengan beberapa tambahan bahasa (kata ‘amp’ yang harus disematkan). Dalam membangun AMP, pihak Google tentunya tidak ingin menciptakan kerumitan untuk para pemilik/pengembang website.

Melanjutkan keseriusan pihak Google dalam membantu para pemilik/pengembang website, mereka merilis beberapa website yang dapat membantu dalam mengoperasikan AMP. Website pertama adalah AMPproject.org yang memberikan pengenalan dan informasi lengkap mengenai AMP untuk mereka yang baru pertama kali menggunakannya. Melalui situs ini, Anda bisa mempelajari mengenai AMP secara lengkap.

Website kedua dan ketiga adalah AMPbyexample.com dan AMPstart.com. Kedua website ini ditujukan untuk mereka yang ingin langsung melakukan coding dengan melihat contoh yang sudah diberikan. Khusus untuk AMPstart.com, Anda semua yang tidak memiliki keinginan atau kemampuan bahasa program dapat menciptakan website sendiri dengan template AMP yang sudah disediakan oleh Google, dan tentunya siap untuk langsung dipakai.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar

1 komentar

  • Bagaimana dengan plugin AMP? Apakah itu belum cukup untuk membuat blog bisa diakses melalui Hp tanpa ada perubahan apa pun, termasuk iklan yang ada? Terima kasih.

%d blogger menyukai ini: