Social Media

Menjadikan Facebook Sebagai Alat Penghasil Uang

Facebook merupakan media sosial yang paling besar dibanding media lainnya. Pada awalnya, facebook hanya dijadikan sebagai ajang reuni dunia maya oleh para penggunanya. Hal ini karena dengan canggihnya bisa memunculkan orang-orang yang ingin Kamu cari hanya dengan mengandalkan kata kunci. Bahkan sekarang ini, ada beberapa cara mendapatkan uang di facebook.

Pengguna Facebook ini terdiri dari beragam usia, mulai dari anak sekolah sampai lanjut usia. Dengan latar belakang profesi yang beraneka ragam, mulai dari asisten rumah tangga sampai golongan eksekutif. Selain sebagai ajang reuni, Facebook juga dulunya hanya dipakai untuk mengunggah hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga dan sosial, baik berupa photo maupun tulisan.

Tetapi semakin berkembangnya media sosial, beberapa kalangan sudah mulai meningkatkan fungsi dari Facebook tersebut. Mereka tidak lagi menjadikan Facebook hanya sebagai ajang visualisasi diri, tetapi juga sudah mulai mencari tahu cara mendapatkan uang di Facebook. Mereka berusaha memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Facebook tersebut untuk hal-hal positif lainnya terutama untuk mendapatkan uang.

Berjualan Online di Facebook

Mayoritas pengguna Facebook sudah mengetahui fungsi ini. Sudah banyak para pemilik toko atau bisnis yang menjual produk/jasa lewat Facebook. Menjual produk atau jasa di Facebook, bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu :

1. Berjualan hanya dengan mengandalkan akun pribadi

Dengan cara ini, Kamu hanya bisa menguasai pasar atau mendapatkan pelanggan hanya dari teman-teman di Facebook. Jadi jika Kamu memiliki misalnya 200 orang teman di Facebook, maka yang akan membaca iklan Kamu adalah maksimal 200 orang tersebut. Tetapi ada juga kemungkinan lebih, dimana teman-teman di Facebook akan merekomendasikan iklan ke orang lain yang tidak dikenal. Cara ini memiliki kelebihan dan kelemahan, yaitu:

Kelebihan

Kelebihannya adalah teman-teman Kamu di Facebook yang tentunya mengenal Kamu, lebih merasa nyaman dan percaya untuk membeli produk yang dijual. Hal ini disebabkan mayoritas pembeli hanya mau membeli produk online di media pada orang yang dipercaya. Mengingat selama ini banyak korban penipuan dalam kasus berjualan online dan kebanyakan adalah transaksi dengan orang asing.

Kelemahan

Kelemahan cara mendapatkan uang di facebook yang satu ini adalah keterbatasan pangsa pasar yang akan Kamu dapatkan. Seperti disebutkan diatas, orang yang akan melihat iklan Kamu adalah teman-teman di Facebook saja. Kalaupun ada yang merekomendasikan ke orang lain, mungkin hal itu tidak terlalu banyak. Kalaupun mau membantu, biasanya ada imbalan yang mereka harapkan yang tentunya akan menurunkan profit Kamu.

2. Membuat halaman Facebook untuk bisnis dan mengiklankannya ke Facebook Ads

Halaman Facebook yang dimaksud disini bukanlah dinding pribadi Kamu, melainkan halaman (Facebook Page) yang biasanya dipakai untuk komersial. Di halaman Facebook ini, Kamu bisa membuat data produk secara lengkap, dan membuat judul yang menarik. Kemudian Kamu bisa memasukkannya ke Facebook Ads, dimana Facebook akan mengiklankannya ke dinding Facebook orang lain sesuai kriteria yang Kamu ajukan.

Misalnya Kamu menginginkan kriteria usia 20-40 tahun, berlokasi di wilayah tertentu, orang-orang yang berminat di bidang tertentu, dan sebagainya. Itu semua bisa dibuat pengaturannya di Facebook Ads, sehingga iklan Kamu tidak terbuang sia-sia ke dinding pengguna lain. Iklan Kamu akan sampai dengan efektif hanya kepada orang-orang dengan kriteria yang Kamu terapkan.

Keuntungan Facebook ads

Untuk beriklan di Facebook Ads ini memang tidaklah gratis, tetapi keuntungannya adalah, orang yang akan melihat iklan Kamu bisa berlipat-lipat kali ganda jumlahnya dibanding teman Facebook Kamu sendiri. Semakin banyak yang melihat iklan Kamu, tentunya kemungkinan untuk menghasilkan profit akan lebih besar. Selain itu produk tersebut akan dilihat oleh orang-orang yang memiliki kriteria yang pas.

Misalnya, Kamu mengiklankan produk sepatu kerja wanita. Jika diantara 200 orang teman Facebook Kamu hanya 100 orang yang wanita, tentunya iklan yang dibaca oleh teman Kamu akan hanya menarik sekitar 100 orang wanita saja. Tetapi jika Kamu memasukkan ke Facebook Ads dengan kriteria wanita berusia 20-40 tahun dan status bekerja, maka iklan itu akan masuk ke dinding Facebook mereka. Jumlahnya tidak terhingga, tergantung Kamu memasang iklan dengan anggaran berapa. Semakin tinggi anggaran iklan yang Kamu pasang, maka semakin banyak juga orang-orang yang akan melihatnya.

Selain itu, Facebook Ads ini juga bisa memberitahu Kamu apakah iklan Kamu dibaca atau tidak. Secara berkala Kamu akan menerima laporan dari Manajemen Facebook Ads, berapa banyak orang yang membaca iklan tersebut. Dan Kamu bisa melihat sendiri jumlah Like dan Komentar yang ada dalam iklan tersebut juga bisa membalasnya.

Kekurangan Facebook Ads

Tetapi tentu saja cara seperti ini juga memiliki kekurangan, yaitu orang-orang yang membaca iklan Kamu belum tentu mau membeli. Mungkin karena tidak mengenal dan tidak mudah percaya, takut kasus penipuan dan sebagainya. Untuk meminimalisasi kekurangan ini, Kamu bisa menawarkan solusi misalnya transaksi menggunakan sistem “bertemu langsung” atau terkenal dengan istilah COD.

Intinya, jika metode pemasaran Kamu sudah bagus, dan banyak orang melihat dan tertarik, selebihnya hanyalah masalah teknis. Tidak harus terpaku dengan konsep berjualan online dimana pembeli dan penjual tidak bisa bertemu. Cara berjualan yang menggunakan media sosial itu sudah merupakan Berjualan Online. Hanya metode transaksi saja yang tidak online.

Nama yang diberikan untuk halaman Facebook ini sebaiknya adalah nama toko atau perusahaan bisnis Kamu, bukan nama pribadi, karena tujuannya adalah komersial. Misalnya Kamu bernama Budi, lalu Kamu membuat halaman Facebook, Kamu tidak harus membuat halaman tersebut dengan nama Budi. Mungkin Kamu akan menamakannya dengan nama bisnis misalnya Toko Cantik, yang menjual produk kecantikan.

Menjual Halaman Facebook

Cara mendapatkan uang di Facebook dengan sistem ini memang belum diketahui oleh orang banyak. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa halaman Facebook bukanlah dinding Facebook pribadi, melainkan halaman yang dibuat umumnya untuk tujuan komersial. Dan supaya diketahui oleh banyak orang, halaman Facebook (Page) ini sebaiknya diiklankan melalui Facebook Ads.

Dalam proses iklan Facebook Ads, biasanya produk atau toko yang diiklankan akan mendapat sejumlah Pengikut (Follower). Semakin banyak Pengikut yang ada di halaman Facebook Kamu, maka semakin bagus nilai halaman tersebut. Dan halaman tersebut bisa kita jual ke pengguna lain, dengan harga yang sesuai dengan jumlah pengikutnya dan kualitas para pengikutnya, apakah aktif atau tidak.

Siapa yang mau membeli halaman Facebook tersebut? Banyak orang yang membutuhkan terutama orang-orang yang baru membangun bisnisnya. Dalam membangun bisnis, mencari pelanggan adalah pekerjaan yang cukup sulit, sehingga halaman Facebook yang sudah memiliki pelanggan banyak adalah cara yang efektif untuk mengenalkan produk atau usaha baru dari para pembeli halaman Facebook tersebut.

Hal yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah, jangan sampai Kamu berbuat curang, misalnya Kamu membuat pengikut pasif, dimana para pengikut (follower) tersebut adalah fiktif, tidak ada aktifitas dalam Facebook mereka. Karena dengan adanya pengikut pasif ini, tentu saja akan menurunkan harga jual dari halaman Facebook tersebut. Biasanya orang-orang yang mau membeli halaman Facebook adalah orang-orang yang sudah paham akan hal tersebut.

Semakin banyak orang yang mengetahui cara mendapatkan uang di Facebook, sehingga Facebook yang sekarang sudah banyak yang berubah fungsi menjadi sarana komersial menjual produk barang dan jasa. Tentunya ini akan menghemat anggaran, tenaga dan waktu dalam mencari pelanggan, dengan hasil yang tidak kalah jika dibandingkan dengan sistem tradisional. Dan hal ini menjadikan media sosial khususnya Facebook menjadi media yang produktif.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar

1 komentar