[Ungkap] Trik Meraup Keuntungan Hanya Dengan Berbagi Konten Facebook

 

Kebanyakan orang di jaman ini hanya menggunakan teknologi untuk dikonsumsi saja. Hasilnya, mereka hanya mengeluarkan uang dan menghamburkannya untuk tujuan yang tidak diperlukan. Secara Kamu tidak sadari, berbagai media sosial seperti Facebook sudah mengambil kebebasan dalam mengakses teknologi mereka.

Informasi pribadi Kamu, dengan siapa Kamu berbicara, siapa yang Kamu ikuti, apa yang Kamu tonton, dan lainnya. Semua hal tersebut digunakan oleh Facebook sebagai aset ‘jualan’ mereka dengan para partner bisnis. Bila dipikir kembali, sangat tidak mungkin bahwa Facebook tidak meraup keuntungan yang sangat besar dengan ‘menjual’ informasi pribadi kita.

Kalau begitu, bagaimana caranya agar kita bisa comeback dari kerugian tersebut?

Sebenarnya sudah ditemukan cara yang bisa dilakukan para pengguna, tetapi bukan untuk membalas dendam terhadap Facebook. Simpan dulu semangat Kamu, karena sebenarnya hal yang dilakukan Facebook tersebut merupakan bentuk timbal balik atas akses terhadap jasa yang mereka sediakan. Namun, tidak ada salahnya bila kita sebagai pengguna setia Facebook menggunakannya bukan hanya sebagai produk untuk dikonsumsi tetapi juga sebagai alat untuk bisa menghasilkan uang.

Ternyata bisa begitu ya, lalu apa yang harus saya lakukan selanjutnya?

Sebelum kita mengungkap ‘TRIK’ yang dijanjikan diatas bersama-sama, Kamu semua harus siap untuk terjun secara serius menggunakan metode (yang sangat mudah) ini. Kalau belum siap berkomitmen, sebaiknya Kamu mencobanya nanti saja.

1. Membuat Fan Page Facebook

Selama ini Kamu mungkin hanya mengetahui pembuatan akun Facebook hanya bisa ditujukan untuk kebutuhan personal yang mendasar, yaitu berteman, menambah teman, dan lainnya. Kali ini sebagai langkah yang pertama, Kamu perlu melakukan hal yang berbeda, yaitu membuat FP (Fan Page) Facebook, melalui pembuatan akun personal khusus.

2. Menentukan Tujuan dan Minat

Jika Kamu sudah membuat FP, sekarang tentukan tujuan atau minat utama dari FP Kamu (fokus minat dapat dikategorikan kedalam travelling, ekonomi, sastra, sejarah, teknologi), apapun jenisnya yang penting Kamu fokus.

3. Manfaatkan Konten Viral

Selanjutnya, Kamu mungkin mengalami kebingungan karena belum memiliki postingan apapun sama sekali. Pada tahap ini Kamu dapat langsung mencari beberapa konten viral yang serupa dengan minat FP. Hal ini bisa dilakukan secara manual melalui mesin pencarian profil di dalam Facebook, atau bisa menggunakan alat pencarian khusus seperti The Graph (buatan orang Indonesia khusus untuk digunakan dalam platform Facebook). Ingat ya, harus konten yang viral.

4. Share

Bila Kamu sudah mendapatkan konten viral, berikutnya Kamu bisa langsung share postingan konten tersebut.

5. Mulai Menambahkan Teman

Melalui beberapa postingan yang di share tersebut, Kamu pasti akan melihat juga pihak-pihak yang melakukan posting konten tersebut. Sekarang Kamu bisa menambahkan pihak tersebut sebagai teman Facebook. Perlu diingat bahwa sangat disarankan dalam sehari Kamu TIDAK menambah teman dengan jumlah lebih dari 50.

6. Selipkan Produk Kamu

Sekarang Kamu sudah memiliki sumber konten video atau postingan lainnya (yang sesuai dengan fokus FP) untuk dibagikan sehari-hari. Kamu tinggal menunggu orang lain untuk bergabung dengan FP Kamu, dan jualan (kemampuan pribadi, barang, dan lainnya) bisa disematkan atau dilakukan. Kamu punya pasar yang berminat pada suatu topik sekarang.

Jangan lupa bahwa TRIK diatas bisa dilakukan untuk platform media sosial lainnya, seperti Instagram, Twitter, dan lainnya. Perlu diingat juga bahwa dalam memilih konten harus yang VIRAL, yang banyak view atau jumlah share nya.

Dengan mempunyai FP, Kamu punya pasar yang terfokus sekarang. Tetapi jika hanya berbagi konten orang lain untuk diberikan, maka para pengikut FP Kamu bisa merasa bosan. Sesekali buatlah konten original yang dibuat Kamu atau ”tim” yang dimiliki/yang dibayar.

Kamu tahu fitur Facebook yang memberikan penggunannya untuk memberikan komentar (muncul seperti tulisan diatas posting). Fitur tersebut bisa dijadikan sebagai headline yang menarik orang untuk melakukan klik atas postingan yang Kamu buat atau share. Masalahnya, bagaimana cara membuat headline yang menarik? Tidak perlu repot, Kamu bisa mengadaptasi beberapa kreasi headline dari beberapa portal berita ternama.

1. Buka website portal berita terkenal seperti Brilio, Tribunnews, Keepo, Kapanlagi, Merdeka, dan lainnya.


2. Sekarang cari kolom berita milik mereka yang sesuai dengan minat FP Kamu, contoh seperti kolom Makro, Energi, Finansial, Selebritis, Kesehatan, dan lainnya.


3. Jika sudah, Kamu akan melihat sejumlah headline berita, contohnya seperti, “Harga Pangan Stabil, Jokowi Puas.” Atau misalnya “VIDEO: Cara Syahrini Mengatasi Lemak yang Dimilikinya.”


4. Kedua headline tersebut merupakan beberapa contoh yang dibuat protal berita, Kamu bisa mengikutinya dan mengadaptasinya ke dalam kata-kata yang Kamu buat untuk headline postingan berikutnya.
5. Selamat Mencoba, Salam Sukses.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

5 Komentar