Panduan Lengkap Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel di Daerah Lain

Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi papan atas di Indonesia, provider Telkomsel memang tidak henti melakukan upgrade dalam hal pelayanan sehingga pelanggan setianya merasa terpuaskan. Wajar saja, hingga saat ini, Telkomsel memang memiliki jumlah pengguna terbanyak di tanah air karena jangkauan layanannya sangat luas hingga ke berbagai pelosok daerah.

Namun seiring perkembangan zaman, popularitas tersebut juga harus mati-matian dipertahankan seiring dengan gesitnya aksi dari provider lain untuk menyedot perhatian pengguna smartphone.

Salah satunya adalah dengan memberikan penawaran promo berupa paket kuoa internet murah. Karena seperti yang diketahui, masyarakat saat ini memang sangat kecanduan internet.

Baca juga :

  1. Cara Menggunakan Kuota Videomax dan Youthmax Telkomsel Terbaru 2018
  2. Cara Mudah Menukar Poin Telkomsel Terbaru 2018
  3. √ 4 CARA TERCEPAT : Cek Kuota 3 ( SMS, Dial, Aplikasi dan Website )
  4. Kumpulan Kode Kuota Gratis Axis yang Populer Tahun 2018
  5. Cara Menggunakan Kuota Regional Axis
  6. Kuota Lokal Indosat

Oleh sebab itu, Telkomsel juga terus berusaha bisa tetap sejajar dengan provider lainnya. Yaitu dengan memberikan bonus internet murah, namun tetap menguntungkan perusahaan. Cara yang ditempuh adalah dengan membagi kuota internet tersebut ke dalam beberapa jenis, yang kadang memang menimbulkan tanya tersendiri di benak para penggunanya.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis kuota internet andalan dari Telkomsel yang harus diketahui oleh para calon penggunanya :

• Kuota Lokal

Disini, Telkomsel akan membagi paket menjadi kuota lokal salah satunya. Kuota lokal Telkomsel merupakan kuota data internet yang cuma bisa diakses dan digunakan di suatu lokasi tertentu saja. Jadi, meskipun kuota ini bisa dipakai oleh jaringan 2G/ 3G/ 4G/ LTE, namun penggunaannya hanya bisa dilakukan di lokasi kota dimana Anda mendaftar.

Contoh sederhana ketika megaplikasikan cara menggunakan internet lokal Telkomsel adalah, jika Anda melakukan aktivasi paket kuota lokal ini di Palembang, maka Anda hanya bisa menggunakannya saat berada di Palembang. Jika kemudian Anda pindah ke Jakarta, maka kuota tersebut tidak akan bisa digunakan lagi. Sehingga aktivitas browsing akan diambil dari kuota nasional (kalau ada) atau biaya normal (pulsa.)

• Kuota Nasional

Telkomsel juga memiliki jenis kuota nasional, yaitu kuota yang bisa digunakan dimana dan kapan saja selama Anda masih berada di dalam kawasan Negara Indonesia. Jadi kuota ini lebih fleksibel dalam penggunaannya. Tidak peduli ke pelosok atau kota besar manapun Anda pindah, kuota ini masih akan tetap bisa digunakan selama belum habis.

Bagaimana Cara Menggunakan Kuota Data Lokal Telkomsel?

Setelah pertanyaan mengenai jenis-jenis kuota internet Telkomsel terjawab secara singkat, padat, dan jelas. Mungkin sekarang Anda bertanya-tanya, tentang bagaimana cara menggunakan kuota lokal Telkomsel? Meskipun sebenarnya langkah-langkah yang harus dilakukan cukup sederhana. Namun hal tersebut dapat menjadi misteri maha sulit bagi pengguna pemula.

Apabila Anda hendak menggunaka kuota lokal di kota tempat melakukan aktivasi, maka sebenarnya tinggal mengaktifkan internet connection di smartphone saja. Karena saat membeli paket kuota, maka secara otomatis paket internet lokal akan langsung aktif dan dapat digunakan.

Kuota tersebut dapat digunakan pada semua jaringan dan mengakses internet secara full (chatting, download, upload, browsing, streaming, Youtube, gaming, dan sebagainya.) Jadi bagaimana, sebenarnya sangat mudah bukan cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel?

Cara Aktivasi Kuota Lokal dan Nasional Telkomsel

Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, bahwa kuota lokal pada awalnya merupakan paket flash, jadi sebelum mengetahui cara mengubah kuota lokal menjadi flash, maka disarankan untuk belajar cara melakukan aktivasi terlebih dahulu. Karena untuk bisa mendapatkan kuota baik lokal dan nasional sangatlah gampang. Pelanggan hanya perlu menekan kode dial, sebagai berikut :

• Tekan *363*9#, atau
• *100*20#

Zona Kuota Internet Lokal Telkomsel

Kepada seluruh pelanggan kuota lokal Telkomsel, ada satu hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftar di paket tersebut, baik pengguna sim card Simpati maupun AS. Anda disarankan untuk mengecek terlebih dahulu apakah berada di zona wilayah yang termasuk dalam daftar paket Telkomsel. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan supaya tidak merasa tertipu nantinya.

Karena ada cukup banyak keluhan yang datang dari pelanggan internet Telkomsel, dimana mereka merasa ditipu oleh provider ini dikarenakan kebijakan harga di setiap zona bagian wilayah Telkomsel berbeda-beda. Misalnya di iklan banner dikatakan bahwa harga paket internet adalah sebesar Rp. 35.000 per bulan, tapi ternyata harga yang dibebankan kepada Anda adalah Rp. 50.000 perbulan.

Untuk informasi lebih jelasnya, maka di bawah ini adalah pembagian zona kuota lokal Telkomsel :

• Zona 1

Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat

• Zona 2

Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat

• Zona 3

Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat

• Zona 4

Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat

• Zona 5

Jambi, Bengkulu, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan

• Zona 6

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Sulawesi Selatan

• Zona 7

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Gorontalo

• Zona 8

Aceh, Sumatera Utara, dan Sulawesi Utara

• Zona 9

Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Gorontalo

• Zona 10

Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara

• Zona 11

Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan seluruh kabupaten yang ada di provinsi Papua.

• Zona 12

Papua Barat (Raja Ampat)

Panduan Menggunakan Internet Lokal Provider Telkomsel di Kota Lain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kuota internet lokal adalah jenis kuota yang hanya bisa digunakan pada daerah tertentu saja. Meskipun begitu, ternyata masih ada cara untuk mendapatkan kuota tersebut walaupun Anda berada di daerah lain. Tapi sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui hal ini sehingga akhirnya harus merelakan kuota hangus tanpa sempat digunakan.

Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijelaskan secara detail mengenai bagaimana cara memakai kuota lokal di kota lain sehingga Anda tetap bisa menggunakannya. Jadi misalnya Anda aktivasi paket di Medan dan kemudian sekarang pindah ke Surabaya, maka langkah-langkah di bawah ini bisa dilakukan supaya kuota tetap bisa dipakai :

• Buka Google Play Store
• Find and Download Aplikasi “Fake GPS Location Spoofer Free”
• Izinkan smartphone untuk menggunakan akses lokasi palsu “Allow mock laocation.” Caranya adalah :
– Setting/ Pengaturan
– Opsi Pengembang/ Pilihan Pengembang
– Debugging > Mendebug > aktifkan aplikasi fake location
• Buka aplikasi yang telah diunduh sebelumnya
• Arahkan GPS ke lokasi di wilayan mana kartu ingin diaktivasi
• Klik 2x pada tombol/ tulisan penunjuk Gps
• Tekan tombol “Play” yang ada di sisi kanan bawah
• Tekan Home

Setelah semua langkah-langkah tersebut diikuti, mungkin Anda masih akan bertanya-tanya kenapa cara hack kuota local data Telkomsel gagal. Wajar saja, karena untuk bisa menggunakannya, pelanggan membutuhkan aplikasi AnonyTun ke sambungan internet. Hal tersebut wajib dilakukan supaya nantinya kuota lokal tersebut bisa langsung dipakai di daerah/ kota lain di Indonesia.

Berikut di bawah ini adalah panduan pengaturan AnonyTun pada kuota internet lokal :

• Download dan Install AnonyTun di Google Play Store, jika menginginkan versi yang mood tanpa jeda iklan maka bisa mengundung Anonytun Pro
• Buka AnonyTun
• Klik Stealth Setting yang ada pada panel kanan atas, berikut panduannya :
– Stealth Tunnel > ON
– Connection Protocol > SSL
– Connection Port > 443
– Advanced SSL Settings : ON
– Klik “Edit SSL Settings”
• Setelah muncul tombol “small setting,” langsung konfigurasikan seperti berikut ini :
– Centang kolom “True SSL (Anti DPI)”
– Centang “Spoof Host Port”
– Spoof Host > www.telkomsel,com
– Spoof Port > 443
– Klik OK
– Save
• Klik Connect untuk mengkonfigurasikan Anonytun

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar

20 Komentar

  • Mau nanya saya aktifin paket di daerah Sumedang saat saya nyalain data kuota internet abis sedangkan local tidak bisa dipakai padahal saya masih didaerah sumedang kenapa ya?

  • setelah membeli kuota internet di my telkomsel selesai dan sukses, kuota internet bertambah tapi tidak bisa digunakan kuota trsbt. gmn caranya bos

  • bang mau nanya ya , saya beli kartu dan registrasi di daerah subang . saya kerja di bekasi dan isi kouta lokal di cikarang pas nyampe bekasi kok tidak bisa d pakai ya kouta lokalnya? mohon jawab🙏🙏

  • Bang mau tanya kalau saya beli perdana jabodetabek saya registrasinya pas di luar kota bisa kan bang? Jadi hanya dapet kuota nasionalnya saja ya

  • Maaf bang mau bertanya.
    Saya pengaktifan simcard nya di kota temanggung.
    Nah kemaren saya ke magelang, kebetulan habis kuotanya.
    Saya beli pulsa dan melakukan aktifasi paket.
    Saya pulang ke temanggung lagi sorenya.
    Kuota internet lokal saya kok tidak bisa dipake ya??
    Sebenarnya pembagian zona lokal itu per kabupaten atau provinsi.
    Trima kasih.

    • kalau seperti itu tidak bisa memang mas
      mas bisa baca kembali artikelnya
      “jika Anda melakukan aktivasi paket kuota lokal ini di Palembang, maka Anda hanya bisa menggunakannya saat berada di Palembang. Jika kemudian Anda pindah ke Jakarta, maka kuota tersebut tidak akan bisa digunakan lagi. ”
      agar bisa menggunakannya bisa ikuti langkah dibawah ini mas
      tp dari identitas zona kota temanggung dan magelang satu zona yaitu zona 2
      jika ada yang kejadian yang ganjil seperti ini silahkan kofirmasi ke call center telkomsel lebih jelasnya

  • Permisi bg, saya mau nnyak, beberapa hari yg lalu saya beli pake telkomsel dengan harga 90 rbu dengan isi pake 14 gb lokal 2 gb medsos dan 2 maxtream dan 1 gb kuota biasa, sya membeli paket ini ini dimedan, naah setelah paket medsos sama kuota biasanya habis, kuota lokalnya gak bisa digunain, padahal saya masih tetap stay dimedan, mohon bntuannya?

    • coba cek mas apakah ada kuota lainnya yang kesedot, waktu cek tidak bisa dibuat itu seperti apa mas
      apa internet tidak bisa digunakan atau bagaimana ?

    • Lokal data hanya bisa dijaringan 4G, mungkin hp belum 4G atau diluar jangkauan 4G. kalau tidak juga, berarti kartu belum diaktivasi local datanya, silahkan bawa ke grapari terdekat.

  • Permisi bang Andre, sy mau tanya, sy baru aktivasi kartu simpati di Jakarta, trs mendapatkan quota internet lokal yg lumayan msh banyak. 2 hari kemudian sy ada di Sukabumi Jawa Barat dan quota lokalnya tdk bisa digunakan. Pertanyaan sy, kalo sy beli quota lg di Sukabumi apakah internet lokalnya ikut Jakarta sesuai aktivasi kartu perdana atau ikut internet lokalnya Sukabumi ya, terimakasih jawabannya dan salam sukses..🙏🙏

    • bisa pak,
      “Contoh sederhana ketika megaplikasikan cara menggunakan internet lokal Telkomsel adalah, jika Anda melakukan aktivasi paket kuota lokal ini di Palembang, maka Anda hanya bisa menggunakannya saat berada di Palembang.”
      intinya saat aktivasi paket internetnya
      sama sama pak semoga membantu

  • Selamat siang bang, saya mau nanya ini kn saya memakai hp xiomi redmi 3s pro, nah di hp saya gk ada opsi pengembang jd kira”, bisa pakek cara lain gk bang biar bs dihp saya,? terimakasih bang