Tips Berjualan di facebook Gratis dan Laris Manis

Sudah bukan merupakan sebuah rahasia umum lagi jika Facebook adalah senjata marketing yang sangat ampuh untuk melaksanakan proses jual beli. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Facebook bisa dikatakan sangat tinggi, situs populer ini memang digunakan oleh sebagian besar masyarakat dari berbagai kalangan dan usia.

Besarnya peluang yang ditawarkan oleh Facebook sudah seharusnya dimanfaatkan secara maksimal, terutama bagi para pedagang yang tidak memiliki good luck dalam membuka lapak offline. Karena Facebook memang memiliki mangsa pasar yang sangat luas, sehingga sayang sekali apabila diabaikan begitu saja.

Melihat perkembangan sosial media yang satu ini di Indonesia, bisa dilihat bahwa Facebook mulai diramaikan oleh para penjual. Namun sayangnya, banyak yang masih belum paham bagaimana cara menggunakannya sehingga bisa memanen untung maksimal. Apabila Anda termasuk salah satu orang yang sedang mencari tips berjualan di Facebook, maka disini akan dikupas tuntas mengenai triknya.

1. Menentukan Produk Yang Akan Dijual

Yang namanya berjualan, tentunya produk menjadi salah satu syarat yang paling utama harus dipenuhi. Oleh karenanya, pastikan bahwa Anda memilih barang dagangan secara tepat sehingga mudah untuk dijual. Memiliki kemampuan dalam memprediksi pasar sangat dituntut kepada pedagang online, karena ini bisa menentukan keberhasilan dalam berjualan.

Tips memilih produk untuk dijual di Facebook yang sangat direkomendasikan adalah menyediakan barang unik. Dengan kata lain, berbeda dengan lainnya. Sebab kalau Anda menjual barang biasa saja, maka bisa membuat tingkat pembeli menjadi menurun. Kenapa? Karena sudah tentu produk tersebut juga banyak dijual oleh pedagang online lainnya.

2. Membuat Gambar Produk Yang Menarik

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa gambar atau foto produk memainkan peranan sangat penting dalam strategi penjualan di sosial media, khususnya Facebook. Karena percuma Anda membuat caption super panjang, apabila gambar yang ditampilkan tidak menarik. Sebab bagaimanapun, tampilan visual memang menjadi nilai plus tersendiri dalam mempromosikan barang dagangan.

Tips membuat foto produk yang menarik bisa dilakukan dengan bantuan desain grafis profesional. Tapi apabila budget terbatas, maka bisa menanggulanginya dengan cara mengambil foto menggunakan smartphone (dengan catatan memiliki kualitas kamera bagus). Selain itu, bisa juga memakai aplikasi foto editor sebagai alternatif membuat gambar terlihat lebih unik.

3. Menggunakan Facebook Ads

Penggunaan Facebook advertising memang terbukti ampuh untuk meningkatkan jumlah pembeli supaya melihat barang dagangan Anda. Namun sayangnya, ini adalah fitur berbayar yang bisa dikatakan membutuhkan budget cukup besar. Oleh karenanya, sebaiknya menyesuaikan dengan kemampuan finansial dan kebutuhan saja. Apabila yakin bahwa ini tidak merugikan, maka tidak ada salahnya dicoba.

4. Rajin Update di Facebook

Rajin upload foto produk juga merupakan cara ampuh meningkatkan penjualan di Facebook. Bagaimanapun juga, kegiatan upload menjadi salah satu tolak ukur terjadinya aktivitas pada sebuah akun. Semakin sering Anda update produk jualan, maka semakin tinggi pula jumlah orang yang akan melihatnya.

5. Bergabung di Grup Jual-Beli

Bergabung di grup jual beli bisa menjadi salah satu strategi berjualan di Facebook supaya barang dagangan laris manis. Kenapa? Karena grup jual beli adalah salah satu lapak yang memiiki begitu banyak anggota, yang terdiri atas penjual dan pembeli. Oleh sebab itu, dengan mempromosikan produk Anda di grup Facebook, maka akan menarik lebih banyak mata lagi.

6. Mencari Lebih Banyak Teman

Jika Anda memang bertekad untuk bisa sukses menguasai pasar Facebook, maka harus berusaha labih keras lagi. Salah satunya adalah dengan cara mencari lebih banyak teman, kegiatan ini bisa dilakukan di waktu luang Anda. Memiliki banyak teman di Facebook membuat jangkauan pembeli potensial bertambah. Karena bagaimanapun, teman adalah orang yang akan melihat postingan Anda.

7. Membuat Halaman Khusus untuk Berjualan

Meskipun tidak wajib, namun membuat halaman khusus untuk berjualan bisa menjadi salah satu cara sukses berjualan di Facebook. Selain itu, dengan adanya halaman maka akan lebih memudahkan calon customer untuk bisa mendapatkan akses melihat produk yang dijual lebih mudah lagi, karena di laman page ini hanya akan berisi jualan Anda tanpa terganggu postingan lainnya.

8. Membangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan konsumen menjadi salah satu tips ampuh berjualan di Facebook yang harus dilakukan oleh para seller. Salah satu langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah terus berkomunikasi denga para buyer secara berkesinambungan, pengiriman barang tepat waktu dan juga tidak anti terhadap komplain. Sehingga konsumen selalu percaya terhadap Anda.

9. Upload Testimoni Customer

Memposting testimoni dari customer dalam bentuk percakapan atau dapat menjadi sebuah langkah besar untuk meramaikan lapak Anda. Pasalnya, testimoni ini bisa menjadi salah satu bukti untuk meyakinkan customer yang tertarik dengan produk jualan Anda. Karena seperti yang telah diketahui, bahwa saat ini ada banyak sekali oknum nakal atau penjual abal-abal yang tidak bertanggung jawab.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

1 komentar