Kuota Lokal Indosat

Sebagai salah satu provider sim card terbesar di Indonesia, pengguna Indosat memang bisa dikatakan sangat tinggi. Bukan hanya memiliki jangkauan luas hingga ke pelosok daerah, namun juga karena banyaknya promo dan tawaran bonus, serta tarif setiap kuota yang sangat terjangkau. Sehingga wajar saja, apabila kemudian banyak orang yang jatuh hati dengan Indosat.

Namun sayangnya, banyak yang tidak tahu mengenai apa itu kuota lokal Indosat. Dan minimnya informasi malah menimbulkan anggapan yang salah kaprah. Secara umum, pengertian dari kuota lokal ini adalah jenis kuota yang bisa diakses oleh semua jaringan. Baik 2G, 3G, hingga 4G hingga non stop 24 jam. Namun sayangnya, hanya berlaku di provinsi tempat mengisi data.

Mengapa Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Dipakai?

Pelanggan setia Indosat pasti sudah sangat familiar dengan berbagai paket 4G combo, yang belakangan ini menjadi andalan dari Indosat. Misalnya saja M, XL, serta XXL yang memiliki banyak penggemar karena bonus kuota dalam jumlah berlimpah. Tidak tanggung-tanggung, Bonus yang disediakan oleh Indosat bahkan hingga 15 GB setiap kali registrasi.

Tapi ternyata, jalan untuk bisa menggunakan semua kuota tersebut seringkali tidak berjalan mulus. Ada saja hambatan yang membuat sebagian hingga seluruh kuota tidak bisa digunakan, hingga masa aktif kartu habis. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan, apalagi bagi para pengguna Indosat pemula yang kemudian merasa sudah tertipu promo menggiurkan.

Oleh sebab banyaknya keluhan dari para pelanggan Indosat, maka disini akan dikupas tuntas alasan dari kenapa kuota lokal indosat tidak bisa digunakan. Salah satu kasus yang banyak terjadi adalah ketika membeli paket jenis combo M seharga Rp. 59.000, yang mana kemudian pembeli mendapat kuota utama (jaringan 2G/ 3G/ 4G) sebanyak 2G.

Pada paket M, biasanya pembeli akan mendapatkan bonus kuota 10 GB (khusus untuk jaringan 4G) dan 1 GB (kuota lokal). Namun di tengah pemakaian, terutama setelah kuota utama habis maka timbulah problema, yaitu bonus kuota yang tidak bisa dipakai dan bikin keki. Apalagi kalau ternyata kuota utama tersebut dihabiskan hanya untuk live streaming dan Youtube saja.

Jadi, sebenarnya apa yang terjadi pada sisa kuota yang mendadak tidak bisa diambil dan apakah ini penipuan promosi dari pihak Indosat? Ternyata tidak! Bonus tersebut real adanya, namun masalahnya muncul karena lokasi tempat Anda berada. Karena kuota lokal tidak bisa dipakai di woilayah yang sudah tercover jaringan 4G. Sekarang sudah jelas bukan masalahnya?

Panduan Untuk Registrasi Kuota Lokal Indosat

Karena banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan perusahaan telekomunikasi ternama Indonesia, yakni Indosat mengenai cara registrasi kuota lokal Indosat. Maka disini akan coba dijelaskan secara rinci. Supaya pembaca sekalian bisa memahami dan kemudian mengaplikasikannya di kehidupan real tanpa menemukan banyak hambatan berarti.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kuota lokal tidak bisa dipakai pada tempat yang sudah tercover dengan jaringan 4G. Hal tersebut mungkin akan menimbulkan pertanyaan ngawur seperti, apakah saya harus pindah ke pelosok atau pedalaman supaya bisa menggunakan kuota tersebut, atau apakah tower 4G di daerah saya harus dicabut terlebih dahulu?

Jika pertanyaan tersebut ada di dalam benak Anda, maka segera saja singkirkan. Karena bagaimanapun, kuota lokal ini jumlahnya hanyalah 1 GB. Tentu tidak ada apa-apanya dibandingkan bonus senilai total 12 GB yang sudah didapatkan. Jadi tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan hal-hal konyol demi bisa menggunakan kuota hanya tersebut, readers.

Sedangkan cara untuk melakukan registrasi juga sangat mudah. Karena Anda tidak perlu melakukan pendaftaran apapun. Sebab kuota tersebut akan diaktifkan secara otomatis ketika Anda membeli paket seperti freedom combo, atau paket internet lainnya. Namun untuk menggunakannya, maka tergantung pada wilayah dimana berada pada saat ini. Karena kuota jenis lokal hanya bisa diakses di tempat tertentu.

Tips Mengaktifkan Bonus Kuota Lokal Indosat Ooredoo

Sebelum sibuk dengan pertanyaan, bagaimana cara mengaktifkan kuota lokal Indosat Ooredoo? Maka sangat disarankan Anda mengetahui bagaimana cara mendapatkan sekaligus mengaktifkan kuota tersebut? Jika penasaran, maka berikut di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda aplikasikan :

1. Silahkan cek melalui *336# atau myIm3, untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan bonus berupa kuota lokal dari jenis paket combo Indosat Ooredoo atau tidak.
2. Setelah itu, isi nama kota tempat Anda berada pada kolom tersebut.
3. Kemudian klik tulisan “Temukan/ find” untuk melihat semua daftar paket combo yang availbale lengkap dengan harganya.
4. Bacalah paket freedom combo yang ditawarkan dengan teliti, supaya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget. Selain itu, freedom combo tebagi atas 3 kota antara lain : kuota utama, kuota khusus 4G, dan yang terakhir adalah kuota lokal.

> Contoh pendafataran yang dilakukan di Provinsi Aceh :

Pembelian paket jenis Freedom Combo XL, dimana total kuota yang didapatkan adalah 26.5 GB. Dan terbagi atas; 8 GB adalah kuota utama (jaringan 2G/ 3G/ 4G) kapan dan dimana saja, 15 GB (khusus 4G) bisa digunakan dimana saja di Indonesia asalkan tercover jaringan 4G, 3.5 GB (kuota lokal indosat), dapat dipakai semua jaringan namun hanya di tempat tertentu saja.

5. Pilih jenis paket Freedom Combo yang mana mau dibeli, atau lakukan cara seperti ini :
– Tekan *123#
– Pilih Freedom Combo/ Kuota Internet
– Selesai

Panduan Untuk Menggunakan Bonus Kuota Indosat

Bingung karena sudah mendapatkan kuota lokal namun tidak tahu cara menggunakannya? Pastinya hal tersebut bikin bad mood, bukan? Untuk mengobat kegalauan hati, maka di bawah ini adalah panduan cara menggunakan kuota bonus Indosat paling ampuh yang dapat dipahami dengan mudah oleh pemula sekalipun.

1. Klik menu setting/ pengaturan di smartphone
2. Pilih bacaan “Network/ jaringan”
3. Pilih options VPN
4. Tap kolom “add new/ buat baru” kemudian buat data seperti ini :
* APN – indosatgprs
* Dial – *99#
* User/ Password – Kosong
5. Cek ulang data VPN yang sudah diisi tadi, lalu klik save/ simpan
6. Kembali ke menu setting network, dan aktifkan data seluler
7. Kuota lokal sudah bisa digunakan

Apakah Kuota Utama Indosat?

Berbicara mengenai paket internet yang ditawarkan oleh Indosat, mungkin masih ada sebagian yang bertanya-tanya tentang apa itu kuota utama Indosat? Dan kenapa jumlahnya sedikit sekali tidak seperti kuota bonus? Untuk mencari tahu jawaban dari teka-teki tersebut, maka disini akan dijelaskan secara detail mengenai hal tersebut untuk bahan menambah wawasan Anda semua.

Kuota utama indosat adalah jenis kuota yang bisa digunakan pada semua jaringan, baik 2G/ 3G/ 4G/ LTE. Di samping itu, Anda bisa menggunakannya selama non stop 24 jam tanpa batasan tertentu (unlimited). Jadi, kuota ini merupakan jenis yang paling fleksibel diantara dua lainnya, yakni kuota 4G dan lokal.

Mengatasi Masalah Dalam Penggunakan Kuota Lokal Indosat Ooredoo

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya di atas, bahwa faktor mengapa kuota lokal indosat ooredoo tidak bisa digunakan adalah dikarenakan wilayah tempat Anda berada. Karena perlu diketahui, bahwa kuota ini hanya bisa diakses di tempat tertentu.

Hal tersebut merujuk pada kata “lokal” yang berarti menunjuk satu wilayah saja. Jadi jika Anda sudah berpindah tempat, disini secara spesifik diartikan sebagai provinsi. Maka artinya sudah tidak lokal lagi. Sehingga kuota tidak bisa dipakai dan harus direlakan hilang.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar

16 Komentar