Teknologi

Modem Wifi Portable Terbaik dan Cara Pemakaiannya

Sekarang ini, adanya internet dinilai menjadi salah satu hal yang paling penting dalam lancarnya sebuah aktivitas harian. Hal ini bukan tak beralasan, semakin majunya zaman rentetan perubahan banyak ada termasuk juga penggunaan internet dalam berkegiatan. Salah satu penyedia koneksi internet selain paket data ialah wifi portable, yang mudah dibawa ke mana saja karena bentuknya praktis.

Wifi yang satu ini sama seperti wifi pada umumnya, perbedaan yang ada yaitu ukurannya yang kecil dan tidak perlu kabel. Selain itu, ia juga tidak memerlukan instalasi ulang dan harga yang dibandrol wifi jenis ini lebih miring dibanding kabel. Walau bentuknya kecil, ia tetap mendukung pemakaian bersama banyak user bahkan mencapai 32 perangkat banyaknya.

Seperti yang telah diketahui, penyedia jasa koneksi nternet terbagi ke dalam dua jenis yaitu gsm dan cdma. Hal ini juga berlaku pada wifi yang dipasarkan, salah satu contoh modem wifi portable 4g dengan kartu gsm yaitu Huawei. Di bawah ini, akan dijelaskan beberapa cara menggunakan wifi portable dengan contoh beberapa merek yang diharap dapat membantu Kamu.

Cara Pemakaian Wifi Portable

1. Merk Andromax

Merk Andromax

Modem satu merupakan hasil produksi dari pabrik Smartfren, dikenal sebagai provider kartu CDMA ia kini telah berubah jadi GSM. Tak puas dengan produk CDMAnya, belum lama ini ia merilis suatu modem berjenis GSM dengan jaringan super cepat. Cara pemakaian modem wifi Andromax terbilang paling mudah seperti di bawah ini:

  • Lakukan pembelian kartu perdana Smartfren lalu selesaikan proses registrasi.
  • Beli paket data internet jenis tertentu sesuai kemampuan dan keinginan.
  • Masukkan kartu ke dalam modem wifi.
  • Nyalakan modem dengan menekan tombol power dan tunggu hingga muncul lampu indikator berwarna putih.
  • Setelah itu, hubungkan smartphone atau pc dengan wifi.

Sebagai tambahan, Kamu dapat melakukan pengaturan terkait kata sandi dan nama pengguna di aplikasi My Smartfren.

2. Merk Bolt

merk bolt

Modem wifi yang satu ini punya desain tampilan cukup menarik dengan memakai warna kuning oranye dan putih yang mencolok. Bila dibandingkan dengan merek pada nomor satu, Bolt punya ukuran yang sedikit lebih besar, namun tetap praktis. Cara pemakaiannya yang pertama pastikan baterai modem terisi penuh lalu masukkan kartu perdana, langkah selanjutnya, yaitu:

  • Hubungkan ke perangkat lalu masukkan password. Password atau kata sandi dapat Kamu temukan di bagian belakang modem.
  • Setelah terhubung, masuk ke laman Bolt.
  • Lakukan registrasi yang diperintahkan seperti mengisi beberapa data diantaranya alamat email dan nomor telepon.
  • Buka email dan lakukan konfirmasi.
  • Wifi dapat langsung digunakan setelahnya.

Dengan cara penggunaan yang mudah, modem wifi merek Bolt dapat dikatakan termasuk adalah satu modem wifi 4g portable terbaik.

3. Merk XL

merk xl

Tak hanya puas dengan pemasaran kartu dan paket datanya saja, XL akhirnya mengeluarkan suatu modem wifi dengan nama XL GO. Walau memakai mesin bawaan Huawei, produk yang satu ini tetap laku di pasaran khususnya bagi pengguna XL sendiri. Cara memakai modem wifi besutan XL akan dijelaskan selengkapnya berikut ini, yaitu:

  • Lakukan pengisian daya baterai.
  • Masukkan kartu SIM ke dalam modem.
  • Nyalakan modem dengan menekan tombol power di bawah layar.
  • Tunggu hingga layar hidup dan muncul beberapa ikon.
  • Sambungkan perangkat dengan wifi lalu masukkan password. Kata sandi dapat dilihat di bungkus modem itu sendiri.
  • Lakukan registrasi setelah muncul perintah di layar.
  • Modem siap dipakai.

Sebelum melakukan beberapa runtutan cara di atas, jangan lupakan pembelian paket data XL terlebih dahulu. XL menawarkan banyak pilihan kuota dan jam sehingga Kamu bebas memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan sehari hari. Berdampingan dengan modem yang dirilis oleh Telkomsel, XL GO dinilai menjadi salah satu modem wifi portable gsm terbaik.

4. Merk Huawei

merk huawei

Huawei menjadi pabrik yang telah melakukan beberapa kerja sama dengan provider ternama seperti XL dan juga Telkomsel. Bila Kamu tertarik membeli produk asli rilisan Huawei, cara pakai modemnya akan dibahas di bawah ini, simaklah pembahasan berikut:

  • Hubungkan modem wifi dengan laptop atau PC dengan memakai kabel USB.
  • Tunggu hingga muncul kotak perintah di layar.
  • Setelah muncul, pilih gambar ikon wifi.
  • Isikan nama pengguna wifi dan kata sandi yang diinginkan.
  • Pilih “Start” atau “Mulai”
  • Sambungkan perangkat dengan wifi.
  • Wifi siap digunakan.

Beberapa modem yang telah disebutkan di atas dapat dibilang merupakan modem wifi portable terbaik, akan tetapi itu kembali ke Kamu. Sesuatu akan Kamu rasa paling baik dan terbaik apabila memenuhi kebutuhan yang harus Kamu penuhi seperti terkait kuota. Bila termasuk orang yang butuh kuota dalam jumlah besar, Kamu dapat memilih modem dengan kuota unlimited seperti Andromax atau Bolt.

Modem Portable Terbaik

Menurut beberapa sumber yang ada, di bawah ini akan dibahas terkait modem wifi portable terbaik di Indonesia. Modem modem tersebut ialah sebagai berikut:

a. Huawei E5577

Huawei E5577

Seperti yang telah dipaparkan bahwa Huawei kerap melakukan kerja sama dengan beberapa provider dan untuk modem E5577 merupakan bundling Bolt. Akan tetapi, apabila ingin memakai provider yang lain tetap bisa dijalankan dengan melakukan unlock lalu masukkan kartu lain. Modem ini juga dapat dipakai berbagai jaringan yaitu jaringan 3g dan 4g.

b. Movimax MV003

Movimax MV003

Modem wifi jenis ini merupakan bundling dari provider XL dan hadir dengan desain minimalis, namun tetap elegan. Dengan daya baterai mencapai 2300 mAh, ia mampu bertahan selama 10 jam dan dapat diakses 30 perangkat sekaligus secara bersamaan. Keunggulan lain yang dimiliki yaitu ia tetap mampu diakses dengan jarak 50 meter jauhnya.

c. Smartfren Andromax M3S

Smartfren Andromax M3S

Pada versi sebelumnya, Andromax hadir dengan tipe M2S dan M3S hadir untuk melengkapi serta menyempurnakan versi sebelumnya. Perangkat modem wifi yang dibuat oleh perusahaan ternama LG ini sejak awal kemunculannya sudah menaik perhatian publik. Modem yang hadir tahun 2017 ini punya daya baterai 3000 mAh, ia bisa dipakai sampai 32 perangkat banyaknya.

d. Bolt Aquila Max

wifi portable terbaik

Merek Bolt hadir dengan tipe yang beraneka ragam, salah satunya Aquila Max yang punya bodi mirip dengan tipe Aquila Slim. Modem wifinya dibekali daya baterai sebesar 3000 mAh dengan layar 1,44 inci dan kecepatan mencapai 110 Mbps. Modem wifi Aquila Max mampu dipakai secara bersamaan dengan 8 perangkat yang berbeda.

Sebagai tambahan mengenai harga modem wifi portable terbaik bervariasi, tergantung merek dan spesifikasi yang ia punya. Akan tetapi, harga standar yang menjadi patokan yaitu berkisar di atas 200 ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~