Android

Cara Merubah Jaringan 3G Menjadi 4G LTE Semua Tipe Android

Teknologi smartphone berkembang dengan sangat pesat. Dahulu smartphone dengan menggunakan jaringan 3G sudah dianggap cepat dan canggih oleh masyarakat. Akan tetapi, setelah adanya jaringan 4G LTE, jaringan 3G dinilai lambat, sehingga banyak orang yang beralih dari jaringan 3G menjadi 4G. Maka tak heran banyak orang yang mencari langkah atau cara merubah 3G ke 4G.

Smartphone dengan jaringan 3G saat ini memang sudah semakin ditinggalkan. Smartphone dengan jaringan 4G pun harganya sudah menurun drastis tidak mahal seperti dahulu. Maka dari itu, banyak orang yang menjual smartphone 3G mereka dan menggantinya dengan yang baru, yaitu 4G. Meskipun sudah menggunakan jaringan 4G, smartphone tersebut dapat pula menggunakan jaringan 3G ataupun menggunakan jaringan 4G.

Syarat untuk Merubah Jaringan 3G ke 4G

1. Smartphone sudah support 4G

Syarat yang pertama untuk mengubah jaringan 3G menjadi 4G adalah smartphone Kamu sudah support jaringan 4G. Apabila smartphone Kamu belum support 4G maka Kamu tidak bisa merubah jaringan 3G menjadi 4G.

2. Gunakan SIM 4G

Untuk mengubah jaringan 3G menjadi 4G pada smartphone pastikan pula kartu SIM Kamu telah support jaringan 4G. Apabila belum support jangan mengganti nomor SIM Kamu. Kamu dapat menghubungi gerai provider terdekat di kota Kamu. Di gerai provider kartu SIM Kamu yang belum support 4G akan diganti dengan SIM yang support 4G tanpa perlu mengganti nomor handphone Kamu.

3. Jaringan 4G di Daerah Kamu

Apabila smartphone dan kartu SIM Kamu sudah support 4G, namun tetap tidak bisa menggunakan jaringan 4G, maka bisa jadi yang bermasalah adalah daerah Kamu. Jaringan 4G dapat digunakan hanya di daerah yang telah terjangkau oleh jaringan 4G. Apabila daerah Kamu masih terpencil dan belum terjangkau oleh jaringan 4G, maka Kamu juga tidak bisa menggunakan jaringan 4G meskipun smartphone dan kartu SIM Kamu telah support 4G.

4. Paket Data 4G

Ketika Kamu membeli paket data internet, pastikan Kamu membeli paket internet yang support jaringan 4G. Karena tidak semua paket data internet telah support 4G. Masih terdapat pula paket data yang hanya support 3G.

Tips Mudah Cara Merubah 3G ke 4G

1. Cara Merubah 3G ke 4G Melalui Pengaturan Smartphone

  • Langkah yang pertama adalah masuk ke dalam menu pengaturan di smartphone Kamu.
  • Kemudian apabila terdapat opsi mobile network, maka klik opsi tersebut. Apabila tidak terdapat opsi mobile network, Kamu dapat mengklik opsi more atau lainnya. Setelah itu akan ditampilkan opsi mobile network dan pilih opsi tersebut.
  • Setelah itu pilih opsi preferred nerwork type.
  • Kemudian Kamu akan dihadapkan pada beberapa opsi, yaitu LTE, WCDMA, dan GSM. Pilihlah opsi LTE untuk mengakses jaringan 4G.
  • Apabila Kamu telah memenuhi syarat-syarat di atas, maka sinyal smartphone Kamu akan berubah menjadi 4G.

2. Cara Merubah 3G ke 4G Melalui Dial Pad

 

  • Langkah yang pertama adalah dengan menekan tombol dial *#*#4636#*#*. Yang perlu diingat adalah Kamu tak perlu menekan tombol call, karena secara otomatis akan muncul halaman yang menampilkan beberapa opsi.
  • Setelah itu akan muncul beberapa opsi, yaitu phone information, battery information, usage statistics, dan Wifi information. Pilihlah opsi phone information.
  • Kemudian setelah memilih opsi tersebut, akan muncul pilihan opsi GPRS, jenis jaringan, PPP, dan lain sebagainya. pilihlah opsi jenis jaringan.
  • Lalu jangan langsung menutup dial pad Kamu. Pastikan Kamu harus mengklik tombol back untuk mengunci jaringan 4G LTE di smartphone Kamu.
  • Setelah itu, akan muncul sinyal 4G LTE di smartphone Kamu, apabila telah memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan di atas.

3. Cara Merubah 3G ke 4G Melalui Outlet

Apabila Kamu telah memenuhi syarat-syarat di atas dan juga telah menerapkan langkah-langkah di atas, namun tetap gagal, maka Kamu dapat membawa kartu SIM Kamu ke outlet terdekat. Pastikan Kamu pergi ke outlet yang sesuai dengan kartu SIM Kamu. Apabila Kamu menggunakan Indosat maka Kamu harus pergi ke outlet Indosat, dan apabila Kamu menggunakan telkomsel maka Kamu harus pergi ke outlet telkomsel.

Di setiap kota biasanya terdapat outlet-outlet resmi setiap kartu SIM. Apabila di kota Kamu tidak terdapat outlet yang sesuai dengan kartu yang Kamu gunakan, Kamu dapat menghubungi official kartu yang Kamu gunakan.

4. Cara Merubah 3G ke 4G di Service Center

Apabila Kamu telah menerapkan cara merubah 3G ke 4G di atas dan pergi ke outlet resmi terdekat, maka yang menjadi masalah adalah smartphone Kamu. Smartphone yang memiliki kerusakan pada jaringan biasanya tidak bisa digunakan untuk mengakses jaringan, sehingga Kamu perlu memperbaikinya. Demi keamanan smartphone Kamu, bawa smartphone Kamu ke service center terdekat di kota Kamu. Apabila di kota Kamu tidak terdapat service center, maka bawa ke tempat Kamu membeli smartphone.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~