Cara Mudah: Aktifkan Jaringan 4G Anda

Smartphone dengan jaringan 3G sudah semakin ditinggalkan. Banyak orang yang lebih memilih untuk beralih ke jaringan 4G. Hal itu dikarenakan jaringan 4G memiliki koneksi internet yang lebih cepat daripada jaringan 3G. Dengan semakin banyaknya pengguna jaringan 4G, banyak orang yang masih belum memahami cara mengaktifkan 4G di smartphone yang dimilikinya.

Perkembangan jaringan internet memang berkembang sangat pesat, mulai dari 2G atau edge, 3G atau HSPA, hingga 4G LTE. Akan tetapi, saat ini yang paling banyak digunakan adalah jaringan 4G LTE. Ketika menggunakan jaringan 4G seringkali jaringan 4G tidak muncul, yang muncul masih jaringan 3G atau HSPA. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor dan dapat diatasi dengan beberapa cara.

Syarat untuk Mengaktifkan Jaringan 4G

1. Smartphone

Syarat yang utama dalam mengaktifkan jaringan 4G adalah pastikan smartphone Anda sudah support jaringan 4G. Karena apabila smartphone Anda hanya support 2G atau 3G, maka Anda tidak bisa mengaktifkan jaringan 4G di smartphone Anda. Anda dapat mengganti smartphone Anda dengan smartphone yang telah support jaringan 4G.

2. Paket Data

Paket data yang Anda gunakan juga sangat mempengaruhi ketika Anda akan mengaktifkan jaringan 4G. Apabila paket data yang Anda gunakan hanya khusus digunakan untuk 2G ataupun 3G, maka Anda tidak bisa mengakses jaringan 4G di smartphone Anda. Maka dari itu, ketika Anda akan membeli paket data, pastikan paket data yang Anda beli sudah support 4G. Anda juga bisa menggunakan Wifi untuk mengaktifkan jaringan 4G di smartphone Anda.

3. SIM Card yang Digunakan

Ketika akan mengaktifkan jaringan 4G, maka Anda perlu memperhatikan SIM Card yang Anda gunakan. Anda dapat mengakses jaringan 4G apabila SIM Card Anda sudah support jaringan 4G. Akan tetapi, apabila SIM Card Anda belum support jaringan 4G, jangan terburu-buru untuk membuangnya, Anda dapat membawa SIM Card Anda ke gerai layanan operator terdekat.

4. Daerah yang Terjangkau 4G

Sebelum mengaktifkan jaringan 4G, pastikan pula di daerah Anda sudah terjangkau oleh jaringan 4G. Meskipun smartphone, paket data, dan SIM Card Anda sudah support 4G, Anda tetap tidak akan bisa menggunakan jaringan 4G apabila daerah Anda belum terjangkau oleh jaringan 4G. Untuk mensiasatinya Anda dapat memasang Wifi di rumah Anda. Pastikan Wifi Anda memiliki sinyal yang full akan jaringan akan terus berada pada jaringan 4G.

Cara Mengaktifkan 4G

1. Melalui Pengaturan Smartphone

  • Langkah cara mengaktifkan 4G yang pertama, Anda dapat membuka setting atau pengaturan di smartphone Anda.
  • Setelah itu, akan ditampilkan halaman yang berisi beberapa opsi, salah satunya adalah cellular data atau data seluler. Pilih opsi tersebut.
  • Selanjutnya akan ditampilkan halaman atau dapat juga ditampilkan pop up yang berisi beberapa opsi jaringan di smartphone Anda. Anda dapat memilih GSM/WCDMA/LTE. Kemudian, jaringan di smartphone Anda secara otomatis akan beralih menjadi jaringan 4G.

2. Melalui Dial Pad

  • Langkah cara mengaktifkan 4G yang pertama adalah melakukan dial dengan nomor *#*#4636#*#* atau *#36446337#.
  • Setelah itu, akan muncul halaman atau bisa juga pop up yang berisi beberapa opsi, seperti phone information, battery information, usage statistics, dan Wifi information. Anda dapat memilih opsi Phone information.
  • Kemudian, akan muncul halaman di smartphone Anda. Seret halaman tersebut ke bawah hingga Anda menemukan set preferred network type.
  • Lalu, Anda akan kembali dihadapkan pada beberapa opsi, seperti GSM/WCDMA/LTE Auto, turn off radio, CellInfoListRate 2147483647, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih opsi GSM/WCDMA/LTE Auto.
  • Setelah itu, akan kembali ditampilkan beberapa opsi, Anda dapat memilih LTE only.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat dan sinyal 4G akan muncul di smartphone milik Anda.
  • Pada beberapa smartphone biasanya tidak bisa mengaktifkan 4G dengan menggunakan nomor dial *#*#4636#*#*. Apabila terjadi hal yang demikian, Anda dapat kembali melakukan dial dengan nomor lain, yaitu *#6736443#.
  • Kemudian, lakukan dengan langkah yang sama dan jaringan di smartphone Anda akan berubah menjadi 4G.

3. Melalui Aplikasi

  • Langkah yang pertama adalah dengan mengaktifkan paket data Anda. Pastikan smartphone Anda telah terisi paket kuota internet. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Wifi.
  • Kemudian, buka playstore di smartphone Anda.
  • Setelah itu ketikkan aplikasi MTK Engineering Mode di kolom pencarian.
  • Lalu, install aplikasi tersebut.
  • Tunggu proses penginstallan hingga selesai.
  • Setelah proses penginstallan sudah selesai, buka aplikasi MTK Engineering Mode di smartphone Anda.
  • Setelah itu, pilih opsi android setting.
  • Kemudian akan muncul beberapa opsi dan pilih opsi phone information.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar