Android

Cara Mudah Flash Xiaomi dengan MiFlash Terbaru

Xiaomi Mi Flash tool adalah alat yang dikembangkan oleh Xiaomi yang Kamu untuk melakukan Flash Firmware pada perangkat Xiaomi. Kamu dapat meng-Upgrade atau menurunkan firmware perangkat Kamu dengan menggunakan miflash terbaru. Jika Kamu juga sering mengalami boot loop, Kamu dapat mem-flash stock ROM secara langsung menggunakan aplikasi ini.

Mi Flash adalah alat yang dikembangkan oleh pengembang Xiaomi untuk mem-flash Stock Firmware / ROM pada perangkat Xiaomi. Firmware stok ini terdiri dari File Fastboot yang dapat di-flash melalui alat ini dalam mode fastboot atau hanya Mode EDL. Nah, bagi Kamu yang ingin melakukan flashing, berikut adalah cara melakukan flash dengan alat MiFlash.

Cara Mudah Flash Xiaomi Dengan MiFlash Terbaru

Mi flash tool terbaru datang dengan driver built-in yang diperlukan untuk tujuan flashing. Driver Built-in terdiri dari Driver ADB, Driver Qualcomm dan Driver RNDIS. Kamu juga dapat menginstalnya kembali melalui Panel Opsi Aplikasi.

Mi Flash tool menyediakan Kamu dengan tiga opsi untuk mem-flash ROM Fastboot. Jadi, Kamu dapat menggunakan perintah dengan pilihan yang disesuaikan dengan keinginan Kamu. Sebelum melakukan flashing, maka Kamu harus melakukan langkah ini terlebih dahulu.

1. Bersihkan semua berkas

Kamu dapat melakukan instalasi bersih ROM MIUI. Lakukan perintah ini dengan menghapus semua data dan penyimpanan internal.

2. Simpan Data Pengguna

Ketika Kamu akan menginstal MIUI Firmware alat ini akan menghapus semua penyimpanan internal data Kamu. Jika Kamu sebelumnya dapat menyimpan data internal Kamu maka Kamu tidak akan kehilangan data internal Kamu.

3. Clean All and Lock

Tindakan ini akan membersihkan semua datadan juga akan mengunci bootloader Kamu yang tidak terkunci menggunakan perintah clean all and lock.

Setelah Kamu melakukan semua langkah di atas, maka lakukan langkah-langkah sederhana yang akan dijelaskan di bawah ini. Langkah-langkah melakukan flashing dengan miflash terbaru di bawah ini merupakan panduan paling sederhana.

Dengan menggunakan alat Flash Xiaomi Mi yang terbaru ini maka Kamu bisa mem-flash ROM Fastboot pada Perangkat MIUI Kamu.

  1. Install miflash terbaru pada PC Windows Kamu. Aplikasi ini sekarang mendukung di semua Windows OS 32 Bit dan 64 Bit Version.
  2. Unduh alat Mi Flash dan buka foldernya di PC Kamu/
  3. Sekarang, ekstrak file zip yang diunduh di PC Windows Kamu. Pastikan Kamu telah mencopot pemasangan versi Mi Flash Tool sebelumnya.
  4. Jalankan file MiFlashSetup.msi dari folder yang telah Kamu ekstraks, langkah ini akan memulai instalasi pada windows Kamu.
  5. Untuk langkah yang kelima ini, semua mungkin tergantung pada pengaturan windows Kamu, jika windows Kamu menerima aplikasi Miflash maka, Kamu tidak akan mendapatkan “Peringatan Keamanan”. Namun, jangan khawatir jika Kamu mendapatkan peringatan keamanan di PC Kamu. Meski sebenarnya PC Kamu sudah memiliki kapasitas yang cukup untuk menginstall miflash terbaru, pesan tersebut juga kadang bisa muncul. Jika di PC Kamu muncul pesan tersebut, cukup tekan tombol “next” untuk tetap melanjutkan proses.
  6. Pada layar berikutnya, alat akan secara otomatis memilih folder instalasi. Kamu hanya cukup menekan tombol “next” lagi untuk melanjutkan proses instalasi.
  7.  Setelah itu pilih “berikutnya” untuk mengonfirmasi instalasi.
  8. Kamu bisa menunggu proses instalasi alat ini di OS Windows Kamu selama 3 hingga 5 menit lamanya. Tunggu sampai Kamu akan melihat instalasi selesai dengan sukses.
  9. Setelah proses instalasi selesai maka tekan tombol close untuk keluar.
  10. Setelah berhasil menginstal alat Xiaomi Mi Flash pada PC Windows Kamu. Sekarang, Kamu siap untuk mem-flash Xiaomi Stock Firmware / ROM di ponsel Kamu.
  11. Unduh Stock Firmware (Fastboot ROM) dari perangkat Xiaomi Kamu.
  12. Ekstrak firmware yang diunduh di komputer Kamu.
  13. Pastikan Kamu telah menginstal Driver USB Xiaomi pada PC Kamu.
  14. Sekarang, boot perangkat Kamu ke mode fastboot. Untuk melakukan mode fastboot ini, Kamu perlu mematikan ponsel Xiaomi Kamu dengan cara menekan tombol power On + tombol volume turun selama beberapa detik hingga ponsel masuk ke dalam mode fastboot.
  15. Setelah ponsel masuk ke mode fastboot, maka Kamu akan melihat layar dengan tulisanMi Bunny.
  16. Hubungkan perangkat Kamu ke komputer menggunakan kabel USB Mikro dan windows secara otomatis akan menginstal Driver USB yang diperlukan.
  17. Tekan tombol “Refresh” untuk memeriksa apakah perangkat Kamu terhubung atau tidak. Jika perangkat Kamu sudah terhubung, maka Kamu siap untuk melakukan langkah selanjutnya.
  18. Sekarang, buka alat flash Xiaomi Mi dari desktop PC Kamu atau start menu.
  19. Dari layar pilih folder ROM Fastboot yang tidak di-zip. Gunakan tombol “Pilih” untuk menemukan folder Firmware Stock perangkat Kamu.
  20. Pilih Flash All untuk hasil terbaik karena akan membersihkan menginstal ROM.
  21. Sekarang, tekan tombol Flash dan tunggu prosedur selesai. Setelah perangkat berhasil dinyalakan dan akan reboot
  22. Perangkat ini akan menampilkan layar Mi Logo dan itu akan memakan waktu untuk menginstal MIUI di seluruh perangkat Kamu. Jadi Kamu perlu menunggu dengan sabar dan biarkan proses berakhir.
  23. Setelah proses selesai, logo MIUI terbaru Kamu akan mendapat notifikasi untuk melakukan pengaturan perangkat – seperti perangkat baru yang Kamu dapatkan dari kotak. Selesaikan semua persiapan dan perangkat Kamu siap digunakan.
  24. Ketika proses flashing selesai Kamu akan mendapatkan pesan sukses di layar alat flash

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

2 Komentar