3 Trik Mudah Melihat Ukuran Foto 4×6 Dalam Pixel

Pernahkah anda penasaran bagaimana cara melihat ukuran foto 4×6 dalam pixel? Ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melihatnya. Tapi sebelumnya pasti anda tahu bahwa kemajuan teknologi yang begitu pesat dewasa ini memberikan dampak yang luar biasa terhadap berbagai bidang. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak positif adalah dunia fotografi.

Saat ini kebutuhan foto menjadi salah satu kebutuhan primer karena foto ini digunakan untuk berbagai macam kepentingan yang tidak bisa disepelekan seperti misalnya dokumen berharga, kartu pengenal, dan lain sebagainya.

Salah satu jenis foto yang seringkali diminta untuk kelengkapan dokumen adalah pas foto ukuran 4×6. Jika dibandingkan dengan pas foto ukuran lainnya, pas foto ukuran 4×6 ini terbilang sangat sering diminta karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Memahami Pixel Dan Resolusi

Jika anda pernah melihat seorang editor foto bekerja, pasti anda pernah melihat atau setidaknya mendengar istilah pixel bukan? Sudahkah anda memahami apa pengertian pixel ini serta seberapa pentingnya pixel dalam sebuah proses editing foto? Sebagai salah satu satuan gambar, pemahaman mengenai pixel ini merupakan suatu keharusan bagi seorang editor. Apalagi jika anda berencana untuk melakukan printing dokumen tersebut dalam ukuran besar.

Apabila dikonversi, ukuran Foto 4×6 dalam pixel adalah 472 x 708. Satuan ini muncul jika foto yang anda ambil memiliki resolusi 300 px/inc. Akan tetapi jika resolusi foto yang anda gunakan adalah 600 atau kelipatan lainnya, ukuran pixel yang muncul juga akan berbeda.

Angka pixel ini ternyata berbanding lurus dengan ukuran resolusi pada foto atau gambar anda. Semakin besar resolusi dari sebuah gambar, semakin besar pula ukuran pixel dari gambar tersebut.

Dalam resolusi 300 px/in,

1 cm ukuran gambar setara dengan 118 pixel berlaku kelipatan. Angka 472 pada paragraf diatas muncul dari 4×6 = (4×118) x (6×118) = 472 x 708.

Tapi seperti yang sudah kita bahas pada paragraf sebelumnya, jika resolusinya dinaikkan menjadi 600 px/in, maka ukuran pixel dari gambar tersebut akan berlipat menyesuaikan dengan resolusi dari gambar atau foto tersebut.

Bila diartikan, pixel ini adalah intensitas kedalaman dan ketajaman dari sebuah gambar, seberapa tahan gambar tersebut jika dilakukan pembesaran dalam skala tertentu. Semakin besar, setiap gambar sudah pasti akan semakin pecah. Tapi gambar dengan resolusi dan ukuran pixel yang tinggi tidak akan mengalami hal seperti ini.

Cara mengecek pixel dari foto 4×6

Setelah memahami pengertian dari pixel dan resolusi di atas, pasti anda bisa menghitung nilai pixel dari sebuah foto atau gambar dengan melihat resolusinya. Akan tetapi, ada juga cara lain yang bisa anda gunakan untuk melihat ukuran foto 4×6 dalam pixel ini. Ada beberapa cara yang bisa anda pilih, tentunya cara ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan software yang ada di komputer anda.

1. Menggunakan Fitur properties

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengecek ukuran pixel dari foto 4×6 yang anda miliki adalah dengan menggunakan fitur properties yang dimiliki semua komputer. Caranya tidak terlalu sulit, pertama tama anda hanya perlu menuju ke folder dimana foto atau gambar tersebut disimpan. Setelahnya anda hanya tinggal mengklik kanan gambar tersebut dan memilih menu properties.

Setelah anda mengklik menu properties, selanjutnya anda bisa melihat di tab general, ada ukuran file dalam byte disana. Jika anda ingin melihat resolusi dan ukuran pixel dari gambar tersebut, hanya tinggal mengklik menu details kemudian scroll tab-nya dan pilih opsi dimensi.

Disana ada semua informasi yang anda butuhkan tentang ukuran foto 4×6 dalam pixel lengkap dengan resolusinya.

2. Menggunakan Aplikasi Paint

Selanjutnya anda bisa menggunakan aplikasi bawaan windows paint untuk mengecek ukuran pixel dari foto 4×6 yang anda miliki. Jika anda kebingungan menemukan aplikasi satu ini, biasanya aplikasi paint ada di dalam menu accesories yang bisa anda temukan di menu start. Karena sudah ketinggalan, aplikasi satu ini jarang sekali ditampilkan dalam start menu atau desktop.

Cara melakukan pengecekan dengan aplikasi paint ini juga sangat mudah. Pertama tama anda harus membuka foto atau gambar yang anda miliki dengan aplikasi ini. Klik kanan pada gambar dan pilih open with, klik paint. Informasi mengenai ukuran fotonya langsung ada di bagian bawah interface paint.

3. Menggunakan Adobe Photoshop

Cara ketiga yang bisa anda lakukan untuk melihat ukuran foto 4×6 dalam pixel adalah dengan menggunakan aplikasi adobe photoshop. Aplikasi keluaran adobe ini memang sebuah aplikasi yang sengaja di buat untuk pekerjaan desain dan editing gambar. Karenanya jangan heran jika fitur fitur dalam aplikasi satu ini begitu lengkap dan sangat memudahkan proses editing jika anda sudah memahaminya.

Untuk melihat ukuran pixel sebuah foto atau gambar dalam adobe photoshop tidaklah sulit.

  • Pertama anda harus membuka file foto atau gambar tersebut dengan menggunakan aplikasi satu ini. Kemudian anda hanya tinggal mengklik tab menu Image.
  • Kemudian pilih image size. Secara otomatis akan keluar ukuran piksel dan resolusi dari gambar atau foto yang anda pilih.

Tidak hanya melihat ukuran foto 4×6 dalam pixel saja, dengan menggunakan aplikasi satu ini anda juga akan bisa merubah dimensi, resolusi dan ukuran baku dari sebuah foto dengan menggunakan fitur fitur yang ada di dalamnya. Akan tetapi memahami adobe photoshop ini memang akan jauh lebih sulit dibanding anda mempelajari software lainnya. Fiturnya yang begitu lengkap terkadang malah membingungkan bagi orang yang baru belajar.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar