Android

Cara Paling Mudah Unlock Bootloader Xiaomi

Xiaomi menghadirkan sistem lock bootloader bagi Kamu yang ingin memasang TWRP, Root, Xposed melakukan tweek di ponsel Xiaomi Kamu. Sistem lock bootloader sendiri mulai diluncurkan pada tahun 2016 demi keamanan ponsel Xiaomi sekaligus untuk mempermudah mengetahui Xiaomi asli dan palsu. Berikut ini adalah cara paling mudah unlock bootloader Xiaomi.

Bagi Kamu yang ingin mengetahui cara membuka lock bootloader ponsel Xiaomi alat yang digunakan adalah situs yang telah disediakan oleh Xiaomi resmi. Dengan mendapatkan izin resmi dari situs Xiaomi maka Kamu akan menjadi lebih mudah dan h nyaman untuk membuka kunci.

Cara Membuka Unlock Bootloader Xiaomi

Cara untuk bisa melakukan proses unlock bootloader pada ponsel Xiaomi sendiri sangatlah mudah, yang Kamu perlu siapkan adalah akun Xiaomi, izin unlock, koneksi internet dan PC. Berikut adalah caranya :

  1. Masukkan izin membuka situs unlock Xiaomi di link http://en.miui.com/unlock/. Aplikasi bisa melakukan unlock jika sudah mendapatkan persetujuan. Kamu hanya perlu menunggu persetujuan dari situs Xiaomi, pada umumnya izin diberikan dalam waktu tiga hari.
  2. Perhatikan spesifikasi ponsel Kamu, jika ada masalah keamanan hardware, maka Kamu perlu menunggu izin dari Xiamoi selama lima hari. Jika Kamu sudah memiliki izin, halaman akan secara otomatis menuju ke unduh alat buka kunci.
  3. Setelah akun Kamu berhasil meminta izin pembukaan, Kamu dapat membuka kunci perangkat yang sudah terverifikasi segera. Waktu antara membuka kunci dua perangkat dalam akun yang sama adalah lebih dari 30 hari.
  4. Instal ADB dan MiFlash unlock di PC Kamu kemudian extract file tersebut.
  5. Buka MiFlash Unlock yang sudah Kamu ekstrak, klik dua kali MiFlashUnlock.exe operasi, dan klik setuju untuk mengisi disclaimer yang diaudit oleh unlocking account.
  6. Login menggunakan akun Xiaomi yang sudah mendapat izin unlock bootloader. Jika belum, Kamu bisa mendaftar dengan mengisi nama, nomor ponsel, alasan aplikasi, dan periksa “Perjanjian Pengaktifan Ponsel di Mi Account lalu isi kode verifikasi yang diterima oleh ponsel.
  7. Setelah itu Kamu perlu mengaktifkan USB Debugging dan OEM unlock
  8. Klik “Options” di menu Mi Unlock Status Xiomi Kamu dan klik Add Account and device.
  9. Masukah ke situs ke i.mi.com dan klik Find Device.
  10. Masuk ke menu pengaturan yang ada di Mi Account lalu klik find devices. Untuk mengklik “find devices” ini Kamu harus mengaktifkan fitur Find Devices pada smartphone Kamu dan Kamu harus memastikan smartphone Kamu terdaftar dengan nomor ponsel yang sama di smartphone Kamu. Kamu juga harus mengaktifkan lokasi Kamu agar terdeteksi.
  11. Matikan smartphone Kamu dan masuk ke mode fastboot yakni dengan menekan tombol volume down dan power bersamaan sampai muncul mode fastboot.
  12. Hubungkan smartphone Kamu ke PC menggunakan kabel USB.
  13. Tekanlah unlock pada pada MiFlash Unlock dan tunggulah hingga beberapa menit lamanya hingga berhasil.

Faktor yang menyebabkan Unlock Bootloader Xiaomi Sering Gagal

Ada beberapa hal yang menyebabkan ponsel Xiaomi Kamu gagal atau error untuk dibuka kunci bootloadernya. Beberapa penyebabnya aadalah sebagai berikut :

  1. Ponsel Xiaomi Kamu tidak bisa terdeteksi. Jika perangkat Kamu tidak bisa terdeteksi kemungkinan ponsel yang Kamu miliki tidak asli sehingga sulit untuk terdeteksi.
  2. Kamu harus memastikan bahwa ponsel Kamu sudah terdeteksi oleh sistem. Jika Kamu tidak ingin gagal melakukan unlock bootloarder xiaomi, Kamu bisa menggunakan ADB Devices untuk mengikuti perintah melakukan proses unlock bootloader Xiaomi Kamu.
  3. Kegagalan proses unlock bootloader juga bisa dikarenakan Kamu belum meminta atau merequest unlock bootloader kepada situs http://en.miui.com/unlock/. Kamu harus meminta perijinan membuka.
  4. Jangan terlalu tergesa-gesa untuk melakukan unlock bootloader jika Kamu belum mendapatkan izin dari Xiomi. Kamu bisa melakukan proses unlock bootloader setelah diberikan izin oleh Xiaomi.
  5. Kegagalan selanjutnya yakni Kamu tidak dapat memperoleh informasi ponsel. Faktor ini biasa terjadi pada driver perangkat yang tidak diinstal pada komputer. Kamu mungkin bisa mencoba untuk kembali memasang kabel USB atau port USB atau bisa transduser USB kabel. Coba pasang dengan perlahan-lahan untuk menunggu komputer bisa menginstal driver.
  6. Jika Kamu menggunakan ROM yang versi global, maka bisa jadi ROM tersebut yang menyebabkan Kamu gagal melakukan proses unlock booatloader di ponsel Kamu. ada beberapa orang yang menggunakan ponsel Xiaomi dengan sistem ROM Global akan mengalami kegagalan.
  7. Koneksi internet yang buruk juga bisa menyebabkan gagalnya proses unlock booatloader di ponsel Kamu. Proses unlock bootloader xiaomi sangatlah bergantung pada jaringan internet yang lancar.
  8. Faktor terakhir yang membuat Kamu gagal adalah Kamu sudah pernah melakukan unlock bootloader di ponsel Kamu sebelumnya. Xiaomi begitu membatasi para penggunanya untuk melakukan proses unlock bootloader pada satu perangkat saja. jadi jika Kamu memiliki satu akun, maka Kamu hanya bisa melakukan unlock bootloader pada satu device saja di setiap bulannya.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~