Cara Mudah : Hard Reset Advan S3D Yang Terkena Virus

Sebelum kita langsung melakukan pembahasan mengenai cara hard reset Advan S3D yang terkena virus, pasti anda tahu bahwa smartphone adalah salah satu kebutuhan pokok di era modern ini. Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan dengan lebih mudah pada saat anda memiliki smartphone. Dari mulai pekerjaan hingga kebutuhan pribadi bisa anda lakukan dalam waktu yang lebih efisien dan cara yang lebih efektif.

Karenanya tak perlu jika produsen smartphone di era modern ini semakin banyak saja seperti salah satunya adalah advan. Advan sebagai salah satu pionir smartphone di Indonesia terbukti berperan besar dalam mendukung kemajuan teknologi smartphone di Indonesia. Salah satu produknya adalah Advan S3D yang merupakan salah satu produk terlaris dari brand satu ini.

Pengertian Hard Reset dalam Dunia Smartphone ( Advan S3D )

Pengertian Hard Reset dalam Dunia Smartphone ( Advan S3D )

Pengertian Hard Reset dalam Dunia Smartphone ( Advan S3D )

Apabila anda seorang teknisi handphone atau pekerja di counter smartphone, tentu anda sudah memahami hard reset dengan baik. Tapi jika anda seorang awam dalam dunia smartphone pasti anda penasaran apa pengertian dari hard reset ini bukan? Hard reset bisa diartikan sebuah cara atau teknik pengembalian smartphone menjadi seperti sedia kala dengan setting pabrikan.

BACA JUGA:  Cara Melihat History WhatsApp di Komputer Walau Sudah di Hapus

Hard reset menghilangkan semua data data yang anda miliki di smartphone tersebut. Dari mulai data akun, dokumen dan gambar serta file lainnya, hingga aplikasi dan settingan smartphone yang sudah anda terapkan. Hanya saja proses hard reset ini berbeda dengan proses setting ke setelan pabrik yang bisa anda temukan di menu pengaturan smartphone anda.

Proses hard reset Advan S3D yang akan kita bahas ini membuat anda masuk ke sistem dasar smartphone yang belum terisi OS, kemudian dengan menggunakan command khusus, anda melakukan renstalling OS dari memori smartphone yang anda miliki. Proses ini akan membuat performa smartphone anda meningkat tajam karena setelah smartphone kembali seperti semula.

Mengapa smartphone Advan S3d perlu di hard reset?

Ada banyak alasan yang mendasari kenapa sebuah smartphone Advan S3D harus di hard reset. Penyebab pertama biasanya disebabkan oleh terlalu banyaknya aplikasi yang meninggalkan cache. Hal ini sudah pasti akan membuat kinerja dari smartphone anda menjadi lambat dan tidak bisa diandalkan. Sdah pasti kinerja smartphone yang lambat akan sangat berpengaruh terhadap pekerjaan dan aktivitas anda sehari hari.

Hanya saja jika memang kondisi smartphone anda menjadi berat karena terlalu banyak cache, anda bisa juga menggunakan metode kembalikan ke setelan pabrik pada menu pengaturan smartphone anda. Jadi tidak perlu melakukan hard reset yang memang lebih sulit untuk dipraktikkan dibanding proses reset dengan menu smartphone Advan S3d tersebut.

BACA JUGA:  Cara Cek Bonus SMS, Nelpon dan Internet Indosat Ooredo Terbaru

Proses hard reset Advan S3D mutlak harus dilakukan apabila smartphone anda terkena virus dan mengalami hang yang lama sehingga tidak bisa digunakan. Ciri ciri smartphone yang terkena virus seperti ini biasanya adalah proses kerja smartphone yang lama serta banyak file yang tiba tiba hilang atau rusak. Jika anda mengalami kondisi seperti ini, maka anda harus segera bertindak dan melakukan hard reset sesuai metode yang ada.

Cara Hard Reset Smartphone Advan S3d

Untuk melakukan proses hard reset smartphone advan S3d anda, ada beberapa langkah penting yang harus anda lakukan. Ikuti dengan sistematis dan jangan sampai terlewat satu langkahpun karena akan menyebabkan proses hard reset menjadi tidak sempurna atau bahkan gagal. Proses hard reset Advan S3d yang gagal akan memaksa anda untuk melakukan Flash Hp yang pasti memakan biaya.

Berikut Ini Langkah – Langkah Cara Hard Reset Smartphone Advan S3d :

  1. Pertama tama, anda harus memastikan kalau smartphone anda memiliki baterai yang memadai (diatas 50%). Jika baterai belum memadai, lebih baik cas dulu. Jangan sampai smartphone advan anda mati pada saat progres hard reset sedang berlangsung.
  2. Jika kapasitas baterai sudah memadai, selanjutnya anda hanya tinggal mematikan smartphone anda.
  3. Setelah handphone benar benar mati tekan tombol volume bawah (-), Tombol tengah (home), dan tombol power secara bersamaan. Tekan dalam beberapa detik. Lepaskan semua tombol pada saat muncul gambar android.

    hard reset advan s3d spreadtrum

    hard reset advan s3d spreadtrum

  4. Untuk membuka recovery mode, tekan tombol volume atas beberapa saat hingga muncul beberapa opsi pilihan yang hendak anda lakukan.
  5. Pilihlah menu “Wipe Data / Factory Reset”. Gunakanlah tombol volume atas bawah untuk memilih menu dan tombol power untuk menentukan.

    cara hard reset advan s3d

    cara hard reset advan s3d

  6. Setelah progres tersebut selesai, selanjutnya anda hanya tinggal memilih yes dan tunggu hingga proses wiping data selesai.
  7. Setelah progres selesai akan muncul beberapa opsi tambahan. Pilihlah menu “reboot system now”

    Proses hard reset Advan S3d selesai

  8. Proses hard reset Advan S3d selesai, tunggu hingga smartphone anda menyala kembali. Lakukan proses registrasi akun anda dari awal. Anda bisa juga memasukka akun android yang sudah ada sebelumnya.

Kesimpulan Proses Hard Reset Advan s3d

Proses hard reset di atas tidak selalu terjadi dengan mulus, pada beberapa orang terjadi kegagalan hard reset dan smartphone advan s3d reboot dengan sendirinya. Jika terjadi kegagalan atau sistem reboot dengan sendirinya pada saat proses hard reset ini dilakukan, anda hanya tinggal melakukan proses hard reset ini dari awal lagi. Tentunya dengan memastikan kalau kapasitas baterai yang digunakan masihlah cukup.

Sejauh yang diketahui hard reset Advan S3d ini tidak memberikan dampak negatif apapun terhadap smartphone anda selama dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan apa yang kami paparkan di atas. Akan tetapi akan sangat baik jika anda menghindari situs terlarang atau download sembarang tempat untuk menghindari masuknya virus ke smartphone anda.

BACA JUGA:  Harga dan Paket Mifi Telkomsel

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar