Aplikasi

Membuat Ukuran Foto 3×4 Dalam Pixel Dengan Adobe Photoshop

Sebelum kita langsung membahas cara membuat ukuran foto 3×4 dalam pixel, ada baiknya jika Kamu tahu bahwa pas foto adalah salah satu dokumen yang begitu penting saat ini.

Selain digunakan sebagai salah satu persyaratan pembuatan dokumen, pas foto juga digunakan untuk berbagai kepentingan lain seperti misalnya persyaratan lamaran pekerjaan, registrasi, dan lain sebagainya. Ukuran pas foto ini sendiri sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Kamu.

Beberapa Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Ukuran Foto

Diantara banyaknya ukuran pas foto yang bisa Kamu pilih, ukuran yang paling banyak digunakan untuk dokumen adalah ukuran 3×4. Tapi ada juga beberapa persyaratan yang mengharuskan Kamu memberikan foto dalam ukuran yang berbeda seperti misalnya 4×6 atau 2×3.

Semua itu tidak menjadi masalah selama Kamu tahu betul bagaimana cara membuat ukuran foto dengan tepat pada aplikasi editor foto yang Kamu gunakan.

Ada banyak aplikasi yang bisa Kamu gunakan untuk mengedit ukuran foto 3×4 dalam pixel seperti misalnya

  • Corel draw
  • Adobe photoshop
  • Microsoft Picture Manager
  • dan aplikasi lainnya.

Akan tetapi kami sangat merekomendasikan aplikasi adobe photoshop untuk Kamu pilih karena selain memiliki banyak fitur yang mumpuni, aplikasi satu ini memang diciptakan untuk melakukan editing foto seperti ini. Tentunya dengan menggunakan aplikasi satu ini pekerjaan Kamu akan menjadi lebih cepat.

Selain edit foto di Photoshop Kamu bisa juga menggunakan aplikasi edit foto di android

Memahami Pixel dalam dunia editing

Kembali pada pokok pembahasan, ukuran foto 3×4 dalam pixel bisa kita ukur dengan mudah jika kita memahami apa pengertian dari pixel itu sendiri.Bagi Kamu yang sudah mahir, secara garis besar pasti Kamu memahami apa fungsi dan pengertian dari pixel. Tapi bagi Kamu yang masih awam, pemahaman mengenai pixel ini akan sangat bermanfaat bagi kelancaran pekerjaan Kamu.

Pixel adalah salah satu jenis satuan pengukuran dalam dunia editing. Akan tetapi ukuran pixel ini sendiri tidaklah tetap. Maksud tidak tetap disini adalah ketergantungan pixel pada satu ukuran lain yang disebut resolusi.

Sederhananya seperti ini, Perbandingan standar pixel terhadap cm dalam resolusi 300 px/inch adalah 118. Jadi 1 cm itu sama dengan 118 pixel jika Kamu menggunakan resolusi 300.

Tetapi jika Kamu menaikkan resolusi menjadi 600, maka 1 cm itu akan setara dengan 236 pixel. Semakin tinggi pixel dari sebuah gambar, semakin bagus juga kualitas dari gambar tersebut.

Maka bisa diartikan pixel ini sebagai kedalaman kualitas dari sebuah gambar. Bahkan kapasitas sebuah kamera menggunakan satuan ini. Pastinya Kamu sering mendengar kapasitas kamera dengan ukuran sekian dan sekian pixel bukan?

Membuat ukuran foto 3×4 dalam pixel dengan Adobe Photoshop

Jika Kamu menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan. Tentunya cara ini tergantung situasi dan bisa disesuaikan dengan berapa banyak jumlah foto yang hendak Kamu buat.

1. Cara pertama (untuk 1 foto)

Cara paling mudah yang bisa Kamu lakukan untuk membuat ukuran foto 3×4 dalam pixel di photoshop adalah dengan menggunakan menu file baru. Klik

  • File >> New
  • Pada ukuran kertas pilih custom
  • Pada paper size, ganti satuannya dengan pixel. width isi dengan angka 354 dan height isi dengan angka 472
  • Klik OK
  • Untuk melihat ukuran dalam cm (centimeter) tekan Ctrl+Alt+i disini akan terlihat jelas ukuran gambar dalam pixel. Jika Kamu menggunakan resolusi 300, biasanya pada satuan pixel akan muncul angka 3×4.

2. Cara Kedua (Untuk Banyak Foto)

Jika Kamu berencana untuk membuat banyak foto dalam ukuran 3×4, Kamu harus menggunakan cara yang berbeda dan lebih efektif pastinya. Tidak perlu memikirkan ukuran foto 3×4 dalam pixel terlebih dahulu. Kamu harus lebih fokus pada jumlah foto yang bisa Kamu hasilkan dalam satu halaman kertas. Ikuti cara di bawah ini.

  • Klik new
  • Pada paper size pilih “international paper” kemudian pilih A4
  • Klik OK
  • Setelah kertas muncul selanjutnya Kamu klik Ctrl + R untuk mengeluarkan ruler di pinggiran kertas. Coba cek satuan ukuran pada penggaris tersebut dengan klik kanan. Jika masih pada satuan Cm atau Inch. Klik kanan kemudian pilih pixel.
  • Klik pada ruler dan tarik ke tengah kertas hingga mencapai 354 untuk lebarnya dan untuk tingginya lakukan hal yang sama hingga mencapai 472. Lakukan berulang hingga kertas Kamu dipenuhi garis kotak kotak yang berukuran sama.
  • Setelahnya Kamu hanya tinggal menempatkan foto yang hendak Kamu edit di kotak yang disediakan.

Hal hal yang harus diperhatikan

Jika Kamu sudah memahami cara membuat ukuran foto 3×4 dalam pixel di atas, selanjutnya Kamu hanya tinggal memilih foto terbaik yang hendak Kamu edit di Adobe Photoshop. Akan tetapi, akan sangat pas jika Kamu mempersiapkan kualitas foto yang akan Kamu cetak tersebut lebih dahulu. Foto dengan kualitas yang baik biasanya akan lebih mudah untuk di edit.

Jika Kamu menggunakan foto yang kualitasnya kurang bagus, biasanya gambar akan menjadi blur dan tidak jelas. Pastikan Kamu menggunakan foto yang memiliki resolusi lebih besar dari resolusi dokumen yang Kamu buat. Atau minimal memiliki resolusi yang sama dengan kualitas gambar yang baik. Jika resolusi gambar berada di bawah dokumen, dikhawatirkan gambar hasil editing akan menjadi pecah.

Hasil foto yang pecah sudah tentu akan membuat hasil printing menjadi tidak maksimal. Hal ini sudah tentu akan mempengarungi kualitas dokumen yang Kamu miliki. Pahami cara membuat ukuran foto 3×4 dalam pixel beserta tambahannya ini dengan baik supaya Kamu bisa menghasilkan kualitas foto yang jempolan dan membuat dokumen Kamu menjadi semakin bagus.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~