Pengalaman Membuat Visa Inggris dan Langsung Jadi

Ini adalah salah satu pengalaman saya dalam membuat dokumen yang diperlukan untuk bepergian ke luar negri. Yaitu membuat visa untuk ke negara Inggris, yang jika dihitung waktu pembuatannya hanya 18 hari saja sampai selesai. Pembuatan visa ini saya lakukan sendiri tanpa bantuan agent, karena ternyata prosesnya sama saja.

Apalagi jika kita menangani sendiri proses pembuatan visa ini, maka ongkos dan biayanya akan lebih hemat dibanding jika kita membayar jasa. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam pembuatan visa tersebut, salah satunya adalah dengan menyiapkan beberapa dokumen penting yang diperlukan.

Ada beberapa dokumen yang harus saya siapkan yaitu sebagai berikut paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan terakhir, foto diri ukuran 3,5×4,5 dengan latar belakang warna putih, fotocopy KTP, akte kelahiran, dan KK, slip gaji dari kantor minimal 6 bulan terakhir, surat keterangan bahasa inggris dari bos di kantor yang menyebutkan bahwa bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu tuliskan juga di sana bahwa bos mengizinkan saya berlibur ke negara yang saya tuju, dari tanggal sekian sampai tanggal sekian. Surat keterangan tersebut harus dibuat dalam bahasa inggris, lalu saya juga meminta surat referensi dari Bank yang di mana saya memiliki rekening Bank tersebut. isi surat referensi tersebut menyebutkan bahwa saya memiliki saldo sekian di rekening Bank itu.

Saldo minimal yang harus kita punya (kalau tidak salah) sekitar 60 juta sekian, tetapi jumlah tersebut tetap tergantung berapa lama kita tinggal di sana. Karena jika kita tinggal di sana selama berbulan-bulan maka jumlah tabungan atau saldo yang kita miliki, tentu harus lebih besar dari angka 60 juta. Maka surat referensi tersebut sangat penting sebagai pemberitahuan.

Saya juga meminta tiket PP yang telah di print out, tiket perjalanan tersebut bisa kita minta di agen travel perjalanan terkait yang di mana di sana disebutkan tanggal pergi dan pulang. namanya flight itinery yaitu bukan tiket perjalanan yang sebenarnya. Hanya menegaskan bahwa saya akan pulang dan pergi di tanggal sekian, dan flight itinery tersebut juga gratis.

Karena saya pikir jika harus membeli tiket perjalanan terlebih dahulu saya takut pembuatan visa ditolak, atau prosesnya lebih dari tanggal keberangkatan. Maka dari itu saya meminta flight itynery terlebih dahulu, untuk memudahkan proses pembuatan visa tersebut. jika kamu berminat, kamu juga bisa meminta tiket pp sementara dari travel perjalanan.

Asuransi perjalanan jangan dilupakan, karena ini juga penting. Masa berlaku asuransi tersebut sebaiknya dilebihkan dari rencana perjalanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya pesawat yang delay sehingga harus menetap lebih lama dari perkiraan di negara tujuan.

Surat pernyataan pribadi yang saya tulis sendiri juga ikut dilampirkan, tentunya dalam bahasa inggris. Isi dari surat pernyataan tersebut adalah tujuan saya dalam mengunjungi negara yang saya tuju. Misalnya ingin mengunjungi salah satu keajaiban dunia di negara tersebut, atau ingin berkeliling Benua Eropa.

Persyaratan selanjutnya adalah fotocopy KTP orang tua, yang artinya orang tua mengizinkan saya dalam perjalanan ke negara tersebut. karena jangan sampai mereka berpikir bahwa saya imigran gelap yang ingin melarikan diri ke suatu negara tertentu. Maka dari itu persyaratan yang satu ini juga cukup penting.

Bukan hanya fotocopy KTP orang tua, tetapi surat pernyataan dari orang tua juga harus dilampirkan. Yang isinya orang tua meyakinkan bahwa anaknya akan pergi dari Indonesia tanggal sekian dan akan kembali lagi ke tanah air Indonesia. surat pernyataan tersebut harus dibubuhi dengan tanda tangan orang tua juga.

Persyaratan berikutnya adalah melampirkan tanda booking hotel di negara yang dituju yang sudah diprint out. Tetapi karena saat itu saya tinggal dengan saudara sepupu saya yang tinggal di sana, maka sala lampirkan alamat lengkap saudara sepupu tersebut di surat pernyataan pribadi saya. Itulah beberapa persyaratan yang saya lampirkan untuk pembuatan visa ke Inggris.

Masih ada beberapa langkah lagi yang harus saya lakukan untuk mendapatkan visa tersebut. tetapi yang penting adalah persyaratan serta dokumen pendukung harus lengkap.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar