Pengalaman Pribadi

Pengalaman Menjadi Terfavorit Dalam Lomba Puisi Bertema “Emansipasi Wanita”

Sejak awal tahun 2018 saya baru mengenal tentang dunia kepenulisan yang sesungguhnya. Perlahan saya pelajari dunia kepenulisan lewat sebuah event – event lomba yang saya ikuti. Berbagai macam lomba puisi hingga cerpen, novel semua saya ikuti. Yah, kalau boleh jujur saya sangat senang menggeluti bidang puisi.

Jika dibandingkan dengan novel dan cerpen, puisi menjadi favorit saya. Hal ini dikarenakan tak butuh waktu yang lama untuk menghasilkan sebuah puisi yang sangat bagus. Di sinilah permainan kata mulai diberlakukan.

Apa sih yang terbesit di benak kalian saat mendengar kata puisi? Satu hal yang terbesit di benak saya adalah sekumpulan kata yang disusun dalam sebuah bait, yang mana setiap bait terdiri atas empat baris. Itulah definisi singkat dari sebuah puisi.

Dari hasil saya mengikuti event lomba menulis baik puisi maupun cerpen, kini saya telah mengantongi e-sertifikat sebanyak 34. Sebagian besar sertifikat itu merupakan hasil saya mengikuti lomba menulis puisi. Selain itu, dalam sertifikat tersebut saya banyak menjadi kontributor terpilih yang naskah saya akan turut dibukukan bersama dengan peserta lain yang juga menjadi kontributor.

Sertifikat Penghargaan

Beberapa penghargaan dan apresiasi berupa e-sertifikat yang pernah saya peroleh antara lain adalah sebagai berikut:
1. Kontributor event puisi nasional yang diselenggarakan oleh penerbit Uwais Inspirasi Indonesia dengan tema “first love”
2. Terfavorit dalam event weekly puisi bertema “Emansipasi Wanita” di fanpage CIPRATAN PENA.
3. Kontributor Puisi tema “Bangkit” yang diselenggarakan oleh Penerbit Tiga
4. Kontributor Cerpen Tema “Bangkit” yang diselenggarakan oleh Penerbit Tiga
5. Penulis Terpilih dengan karya berjudul “Harapan itu Masih Ada” yang telah diterbitkan secara indie oleh Penerbit Aria Mandiri dengan judul “I Can”
6. Penulis Terpilih dalam event cipta cerpen tema “Maaf” yang diselenggarakan oleh WA Publisher pada 1 – 30 Maret 2018.
7. Penulis buku berjudul “Bahagia itu Sederhana”
8. Penulis buku berjudul “Dengan Cinta, Hidup Lebih Berwarna”
9. Penulis Buku berjudul “Melangkah dalam Kesederhanaan”

Itulah beberapa prestasi dan sertifikat penghargaan yang saya peroleh selama saya mengikuti berbagai event lomba baik puisi maupun cerpen. Diantara banyak sertifikat tersebut memang saya belum pernah menjadi juara, hanya menjadi kontributor yang karyanya akan dibukukan. Meski demikian, saya sangat senang saat saya mendapat sertifikat “Terfavorit” dalam event weekly puisi bertema “Emansipasi Wanita” di fanpage CIPRATAN PENA.

Sebelumnya saya tidak pernah berpikir akan mendapatkan sertifikat terfavorit. Awalnya saya sangat terkejut, dan saya sangat senang karena itulah satu – satunya karya saya yang mendapatkan sertifikat terfavorit.

Sertifikat itu memberikan banyak pelajaran bagi saya. Satu hal yang perlu kalian ketahui bahwa di dalam hidup ini manusia telah diberi akal untuk berpikir dan berusaha untuk mewujudkan impiannya. Jangan pernah sedikit pun berpikir untuk menyerah sebelum kalian mencoba menjalaninya. Seperti halnya saya.

Awal mulanya saya merasa tidak bisa karena saya belum memiliki banyak pengalaman di bidang tulis menulis. Namun, saya bertekad untuk menekuni bidang tersebut karena saya ingin mewujudkan impian saya menjadi seorang penulis yang profesional. Perlahan saya mencoba untuk terus mengikuti event – event lomba.

Berawal dari event – event tersebut akhirnya saat ini saya bukan lagi menjadi peserta namun saya juga berkesempatan menjadi PJ atau penanggung jawab event. Berikut adalah beberapa event yang pernah saya pegang dan hingga kini beberapa dari event tersebut masih berjalan dan belum selesai. Event tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. PJ Event Puisi Tema “Melangkah dalam Kesederhanaan” yang diselenggarakan oleh Penerbit Hamdalah yang bekerja sama dengan Lingkar Pena Indonesia
2. PJ Event Puisi Tema “Masa Lalu” yang diselenggarakan oleh Seniman Publisher
3. PJ Event Puisi Tema “Idul Adha” yang diselenggarakan oleh Rosiebook Publisher
4. PJ Event Cerpen Tema “Kemerdekaanku” yang diselenggarakan oleh LG Group.

Itulah beberapa event yang saya pegang di mana saya menjadi PJ dalam event tersebut diatas. Saya sangat senang mendapatkan kesempatan untuk menjadi PJ karena dengannya saya memiliki banyak teman baru yang sangat menyenangkan dan sama – sama mencintai dunia sastra dan kepenulisan. Ini kisahku, mana kisahmu kawan?

Tentang penulis

Nur Hanifah

Nur Hanifah

Nama saya Nur Hanifah. Lahir di Magelang, 23 Mei 1993. Saya tinggal di Bugangaan, Sriwedari, Muntilan, Magelang. Hobi saya adalah membaca dan menulis. Saya sangat senang menggeluti bidang sastra.

Tulis komentar