Komputer

3 Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

Kamera adalah salah satu kebutuhan penting bagi Kamu yang menggunakan Laptop saat ini. Apalagi jika Kamu senang menggunakan fitur video call pada berbagai jenis media sosial yang ada di era modern ini. Skype, Facebook, Gvid, dan banyak jenis media sosial lain yang akan sangat bermanfaat bagi Kamu. Untuk mengakses semua itu Kamu harus tahu cara mengaktifkan kamera laptop Kamu.

Memang ada sebagian aplikasi yang tetap menyenangkan pada saat Kamu tidak bisa membukanya. Tapi tentunya kesenangan akan lebih maksimal jika Kamu bisa melakukan chat sambil melakukan video call bukan? Lagipula cara mengaktifkan kamera pada laptop ini juga tidak terlalu sulit untuk Kamu praktikkan. Ada 3 cara efektif yang bisa Kamu lakukan supaya kamera pada laptop Kamu bisa kembali jalan.

Update Driver Pada Device Manager

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengaktifkan kamera pada laptop Kamu adalah dengan melakukan update pada device manager di komputer atau laptop Kamu. Setiap hardware yang ada pada komputer pasti bisa Kamu temukan di device manager. Kalau ada tanda seru berwarna kuning pada aplikasi tersebut, bisa kami pastikan kalau device mengalami kendala.

Cara mengaktifkan kamera laptop dengan kendala seperti ini juga tidak terlalu sulit. Klik kanan device kamera pada device manager dan kemudian pilih update driver. Kalau Kamu belum memiliki driver terbaru dari device tersebut, Kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu. Ada banyak situs yang menyediakan driver aplikasi seperti ini. Tapi pastikan kalau Kamu memilih driver yang paling update dan sesuai dengan device yang Kamu miliki.

Jika kamera tidak ada pada device manager ini, kami pastikan kalau harware kamera pada laptop atau komputer Kamu sudah rusak atau memang sudah dicopot. Penanganan hardware seperti ini sudah tentu tidak bisa diselesaikan dengan metode pembaruan software. Kamu harus membongkarnya dan melakukan instalasi ulang.

Membuka Software Kamera dan Konfigurasi Ulang

cara mengaktifkan kamera laptop selanjutnya yang adalah dengan melakukan konfigurasi ulang pada software komputer atau laptop Kamu. Caranya tidak terlalu sulit, tapi kami tidak bisa menjelaskan metodenya satu persatu karena terkadang setiap software memiliki cara setting yang berbeda beda. Tapi pada intinya membuka software kamera pada komputer atau laptop Kamu dan melakukan konfigurasi ulang merupakan salah satu cara terbaik yang bisa Kamu lakukan.

Seringkali orang berpikir terlalu jauh akan cara membetulkan kamera laptop ini. Padahal sebenarnya masalah berasal dari settingan software yang tidak tepat. Jika Kamu melakukan konfigurasi dengan baik dan sesuai dengan petunjuk yang berlaku, kami pastikan kalau kamera laptop Kamu akan kembali berjalan dan Kamu akan bisa menggunakan kamera laptop Kamu kembali.

Menggunakan Kamera Eksternal

Jika memang harware komputer Kamu sedang rusak, cara terbaik untuk mengaktifkan kamera pada laptop atau komputer Kamu adalah dengan menggunakan kamera eksternal yang bisa Kamu miliki dengan mudah saat ini. Jangankan pada saat kamera komputer atau laptop Kamu rusak, pada saat kamera laptop Kamu berjalan semestinya pun Kamu bisa menginstalkan kamera eksternal ini. Jadi Kamu memiliki dua kamera sekaligus pada komputer Kamu.

Bisa dibilang ini merupakan salah satu cara mengaktifkan kamera laptop terbaik yang patut untuk Kamu coba. Selain mudah, harga kamera laptop eksternal ini juga tidak terlalu mahal sebenarnya. Kamu bisa memilikinya dengan harga yang terjangkau saja. Untuk melakukan cara ini Kamu hanya perlu menginstalkan driver kamera pada laptop Kamu kemudian menjalankannya.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~