Pendidikan

Apa Itu CMIIW? Millennials Harus Tahu!

Seiring dengan semakin menjamurnya penggunaan sosial media, menjadikan banyak orang kini menerapkan gaya berbahasa yang tidak biasa. Meskipun bukan hal yang terlarang, namun terkadang penggunaan bahasa yang tidak ada dalam ketentuan berbahasa Indonesia ini sering membuat bingung beberapa orang.

Kadang juga kebiasaan ini membuat sebagian orang yang tidak tahu menjadi minder karena takut dianggap kurang gaul dan sebagainya. Itulah mengapa penting bagi kita untuk mengetahui istilah asing yang sering digunakan dalam pergaulan. Ada beragam istilah asing yang sering lalu lalang di dunia sosial media. Salah satu yang paling umum digunakan adalah cmiiw. Lalu apa sebenarnya kata-kata itu ?

Pengertian CMIIW

Pengertian CMIIW

Pengertian CMIIW

Cmiiw adalah singkatan untuk correct me if I’m wrong. Kalimat ini berarti tolong benarkan jika apa yang saya katakan salah. Jika sudah mengetahui artinya, pasti Kamu akan dapat menebak penggunaannya kapan dan dimana. Cmiiw dapat Kamu gunakan ketika Kamu merasa tidak yakin dengan pernyataan yang Kamu buat. Selain itu, ada beragam kegunaan cmiiw dalam beragam situasi dan kondisi lainnya seperti berikut ini

Kegunaan CMIIW

Apa Itu CMIIW

Apa Itu CMIIW

jika Kamu sering berkomunikasi dengan banyak orang lewat sosial media, Kamu pasti tak merasa asing ketika harus berkomentar mengenai pendapat orang lain, atau Kamu ingin berdiskusi dengan pengguna sosial media lainnya. Bahkan, Kamu dapat bertukar pengalaman lewat sosial media.

Kini hal tersebut merupakan hal yang wajar dilakukan apalagi bagi generasi milenial. Dan untuk memudahkan dalam hal itu semua, terkadang banyak yang menggunakan singkatan atau istilah asing dalam percakapan mereka termasuk menggunakan cmiiw. Beberapa kegunaan penggunaan istilah cmiiw adalah sebagai berikut :

1. Ketika tidak yakin

Ketika Kamu merasa tidak yakin dengan apa yang Kamu ungkapkan, misal Kamu merasa pernah mendengar pernyataan dari seorang tokoh besar mengenai suatu kutipan kata-kata mutiara, namun Kamu tidak yakin apakah tokoh yang yang memberikan kata-kata itu adalah seorang pahlawan atau negarawan. Maka Kamu dapat memberikan informasi yang Kamu tahu dengan menggunakan cmiiw di akhir kalimat.

Cmiiw akan sangat berguna dalam situasi tersebut karena Kamu dapat memberikan informasi kepada banyak orang tanpa takut jika Kamu salah, karena dengan menggunakan cmiiw memungkinkan orang lain untuk membenarkan dan menambahkan informasi yang Kamu tidak yakin sebelumnya. Jalan ini tentu dapat menjadi win win solution.

2. Ketika ingin berdiskusi

Jika Kamu ingin berdiskusi, atau ingin memberi peluang bagi orang lain untuk mengoreksi atau memberikan tambahan informasi yang sudah Kamu jabarkan, Kamu dapat menggunakan cmiiw sebagai pelengkap argumen Kamu. Dengan begitu, orang tidak akan segan dan sungkan jika ingin menambahkan informasi dan berbagi informasi lainnya dengan Kamu. Sehingga proses diskusi berjalan menyenangkan.

Dengan menambahkan kata cmiiw itu artinya Kamu membuka diskusi kepada siapa saja yang membaca argumen Kamu di sosial media.

3. Ketika ingin berargumen

Jika Kamu membaca pendapat seseorang mengenai suatu hal, kemudian Kamu merasa ingin mengeluarkan pendapat Kamu yang menguatkan atau menyanggah pernyataan pertama, ada baiknya Kamu menggunakan istilah cmiiw agar orang yang pertama tidak merasa Kamu asal nimbrung dan dengan seperti itu Kamu tidak menutup proses percakapan sehingga dapat berlanjut dengan lebih hangat.

Apalagi jika Kamu hendak berpendapat dengan tujuan menguatkan pernyataan orang pertama, Kamu wajib menggunakan cmiiw karena secara tidak langsung itu sama artinya dengan Kamu berkata bahwa sejauh yang Kamu tahu, sehingga jika Kamu salah ada yang akan membenarkan pernyataan Kamu nantinya terutama orang pertama yang memiliki argumen lebih dulu.

4. Ketika lupa mengenai suatu hal

Bukan hanya ketika merasa ragu, namun saat Kamu merasa sangat lupa akan sesuatu, Kamu dapat tetap menuliskan argumen atau ingatan Kamu ketika berpendapat di sosial media, asal Kamu menggunakan cmiiw di belakang pernyataan Kamu, pasti Kamu tidak akan merasa disudutkan saat nantinya ternyata Kamu salah.

Jika Kamu lupa mengenai no pasal dan ayat, namun Kamu ingat dengan pasti isi dari kutipan pasal serta ayat tersebut, jika Kamu menggunakan cmiiw Kamu justru membuka peluang kemungkinan ada orang yang akan menambah argumen Kamu dan menjadikannya benar serta Kamu juga dapat diingatkan dari beberapa hal yang Kamu lupa.

Manfaat Menggunakan Istilah Cmiiw

Manfaat Menggunakan Istilah Cmiiw

Manfaat Menggunakan Istilah Cmiiw

Banyak orang beranggapan, dengan adanya berbagai istilah yang berkembang saat ini semacam singkatan seperti cmiiw, fyi, brb, aka, btw, membuat komunikasi menjadi rumit dan susah dipahami. Padahal, jika sudah terbiasa menggunakannya, komunikasi justru akan terasa praktis dan menyenangkan. Apalagi karena sifatnya yang kekinian, Kamu akan merasa menjadi orang yang keren setelah menggunakan istilah semacam itu.

1. Terbuka diskusi yang sehat

Cmiiw adalah singkatan untuk correct me if I’m wrong, ini merupakan signal yang digunakan bagi orang yang ingin membuka diskusi dengan orang lain. Sehingga diskusi yang sehat akan lebih mudah terjadi jika Kamu menggunakan istilah cmiiw pada argumen yang telah Kamu buat di sosial media. Tentu, dengan seperti ini diskusi tidak harus diwarnai dengan debat kusir dan saling jatuh menjatuhkan.

2. Menjadi ingat akan suatu hal

Karena penggunaan cmiiw pada mulanya digunakan ketika ingin mengemukakan sesuatu yang ia sendiri tidak yakin karena lupa atau ragu, sehingga penulisan kata cmiiw ini menjadi solusinya. Kamu bisa saja mengemukakan sesuatu yang Kamu lupa apakah yang benar adalah A atau B, kemudian dengan menggunakan cmiiw akan ada orang lain yang ingat dan mengerti yang dapat membenarkan argumen Kamu.

Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi kedua belah pihak. Kamu bisa menjadi ingat, dan orang yang mengingatkan akan merasa telah membantu Kamu.

3. Tidak memancing keributan di sosial media

Belakangan ini di sosial media banyak terjadi perdebatan yang tidak ada ujungnya. Hal ini menjadikan suasana bersosial media menjadi jauh lebih sensitif dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Bersosial media dengan cara seperti ini tentu membuat banyak orang tidak nyaman, karena itu perlu bagi kita para pengguna sosial media, berpendapat dengan cara yang bijak sehingga diskusi yang terjadi lebih tenang.

Penggunaan istilah cmiiw memberikan kesan bahwa Kamu tidak ingin menggurui atau Kamu bukan yang paling benar, sehingga Kamu terbuka untuk mengajak diskusi banyak orang. Hal ini bagus dan positif untuk diterapkan ketika berpendapat di sosial media.

Penggunaan Cmiiw Yang Tidak Tepat

Penggunaan Cmiiw Yang Tidak Tepat

Penggunaan Cmiiw Yang Tidak Tepat

Meski sekarang sudah banyak yang mengenal istilah cmiiw, namun banyak juga yang menggunakan istilah ini dengan cara yang salah. Penggunaan cmiiw yang tidak tepat biasanya terjadi karena banyak user yang hanya ikut-ikutan dengan tren yang ada saat ini.

Kasus penggunaan cmiiw yang salah di sosial media misalnya, ketika Kamu dengan sinis menjelaskan opini Kamu dan bernada memojokkan argumen lain yang Kamu komentari, maka tidak tepat jika Kamu menggunakan cmiiw, apalagi jika Kamu sudah merasa bahwa argumen Kamulah yang paling benar. Penggunaan cmiiw tidak sejalan dengan arah argumen Kamu dan akan melemahkan argumen yang sudah Kamu yakini benar.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~